Hal-Hal Yang Dulu Tidak Bisa Dilakukan, Kini Hadir di Windows 11

Hal-Hal Yang Dulu Tidak Bisa Dilakukan, Kini Hadir di Windows 11

Setiap kehadiran sistem operas baru, ada beberapa peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Begitu pula dengan Windows 11. Ada berbagai fitur keren baru yang telah dimasukkan Microsoft ke dalam OS baru tersebut. Di sini, nesabamedia.com akan membahas sejumlah fitur dan kemampuan baru Windows 11, yang sebelumnya tidak anda temukan di Windows 10 atau Windows yang lebih lama.

Akses Snap Layouts Bawaan

Salah satu fitur baru yang menonjol di Windows 11 adalah fitur Snap Layout. Fitur ini memungkinkan anda mengakses empat tata letak snap Windows yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengatur beberapa jendela sekaligus. Ini pada dasarnya membawa fungsi pengalihan tugas yang mulus di OS baru.

Sebelumnya, di Windows 10, anda harus menyeret jendela yang terbuka ke samping atau sudut layar anda untuk melakukan pengaturan. Dengan fitur Snap Layouts, anda cukup mengarahkan mouse ke opsi maksimalkan atau perkecil yang ada di sudut kanan atas jendela aplikasi dan pilih tata letak untuk mengatur beberapa jendela. Anda juga dapat menekan tombol pintas Windows + Z untuk mengakses Snap Layouts.

Kelola Banyak Desktop Lebih Cepat

Beberapa desktop virtual sudah didukung di Windows 10. Namun, anda dapat mengakses beberapa desktop jauh lebih cepat dan lebih mudah di Windows 11. Saat anda memasang Windows 11, anda dapat mengakses dan mengelola beberapa desktop langsung dari Taskbar. Cukup klik tombol Task View di Taskbar, lalu buat, akses, dan kelola beberapa desktop virtual langsung dari Taskbar. Ini adalah tambahan yang bagus untuk Windows 11.

Namun, Microsoft memberi anda fleksibilitas untuk menonaktifkan opsi Task View dari Taskbar jika anda tidak ingin menggunakannya. Untuk itu, klik kanan pada taskbar dan pilih opsi pengaturan Taskbar. Dari sini, anda dapat menghapus opsi Task View dari Taskbar.

Buka File langsung dari Start Menu

Microsoft telah mendesain ulang Start Menu di Windows 11. Anda dapat dengan cepat mencari dan membuka file dari sana. Plus, anda sekarang dapat langsung mengakses file yang baru saja diakses langsung dari Start Menu. File ada di bawah bagian Direkomendasikan di Start Menu. Untuk mengkonfigurasi fitur sesuai preferensi, anda dapat membuka Windows Settings dan pergi ke bagian Personalization → Start.

Dukungan Aplikasi Android

Nantinya anda juga bisa langsung menjalankan aplikasi android di Windows 11. Microsoft Store yang baru dan lebih baik hadir dengan dukungan untuk aplikasi android dengan Amazon Appstore terintegrasi. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Android sama seperti aplikasi Windows lainnya dan kemudian mulai menggunakannya. Juga, hampir semua aplikasi populer sekarang tersedia di Windows Store termasuk pemutar media VLC, Zoom, TikTok, Adobe Creative Cloud, Discord, dan banyak lagi.

Detail Statistik Penggunaan Baterai

Di Windows 11, anda mendapatkan beberapa statistik tambahan dengan grafik tentang penggunaan baterai. Anda dapat membuka aplikasi Settings menggunakan hotkey Windows + I dan kemudian pergi ke tab Sistem. Setelah itu, klik opsi Power & Battery dari panel kanan. Kemudian, gulir ke bawah hingga akhir dan temukan opsi Battery Usage, dan perluas opsi ini.

Terhubung Dengan Cepat ke Microsoft Teams

Microsoft Teams sekarang dapat diakses langsung dari Taskbar di Windows 11. Saat anda memasang OS baru ini, ada ikon Chat di Taskbar. Anda dapat mengklik opsi ini dan mengakses chat Microsoft Teams. Ini juga menyediakan opsi untuk langsung membuka aplikasi Microsoft Teams. Anda cukup masuk ke akun Teams anda, lalu mulai mengobrol dengan kolega, teman, dan keluarga. Jadi, bagi mereka yang kerap menggunakan Microsoft Teams, ini adalah add-on yang bagus.

Akses & Kelola Widget dari Taskbar

Microsoft telah menambahkan opsi langsung pada Taskbar untuk meluncurkan widget di Windows 11. Cukup ketuk ikon Widget dan kemudian akses berbagai alat dan fungsi seperti berita, cuaca, janji temu kalender yang akan datang, keamanan keluarga, hiburan, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakan opsi tambahkan widget untuk meluncurkan dan menyesuaikan widget baru. Jadi, ini adalah fitur bagus lainnya untuk pecinta widget.

Tampilan dan Nuansa Yang Lebih Baik Serta Modern

Tampilan baru dan lebih baik dari Windows 11 yang baru benar-benar cocok untuk pengguna modern. Anda dapat menikmati tampilan desktop, Taskbar, aplikasi Settings, File Explorer, dan lainnya yang diperbarui di Windows 11. Ini benar-benar menyegarkan dengan kombinasi warna, font, dan ikon yang bagus. Tampilan keseluruhan Windows 11 lebih menarik daripada Windows 10 dan versi sebelumnya lainnya.

Membantu Fokus

Aplikasi Jam bawaan di Windows 11 sekarang semuanya ditingkatkan dengan fitur Focus Sessions. Fitur baru ini pada dasarnya membantu anda untuk bisa lebih fokus pada pekerjaan untuk waktu yang lama dan memungkinkan anda untuk meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Anda dapat mengatur timer dan memeriksa progress harian dan meninjau daftar tugas yang harus dikerjakan. Untuk lebih meningkatkan pengalaman, Anda juga dapat menautkan akun Spotify dan mendengarkan musik serta podcast favorit sambil fokus pada pekerjaan Anda.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend