Harmony OS Akan Digunakan Oleh Setidaknya 3 Brand Smartphone

Harmony OS Akan Digunakan Oleh Setidaknya 3 Brand Smartphone

NESABAMEDIA.COMTidak bisa dipungkiri bahwa Harmony OS buatan Huawei menjadi salah satu sistem operasi yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Harmony OS akan menjadi penantang baru tidak hanya untuk Android tetapi juga iOS.

Baru-baru ini, perusahaan menggelar sebuah event bertajuk Huawei Harmony OS Connect Partner Summit. Dalam event itu, Huawei mengumumkan mengenai dari perkembangan sistem operasi tersebut, khususnya dalam hal kerjasama dengan pabrikan smartphone lain.

Huawei juga mengumumkan mengenai rencana besar terhadap Harmony OS yang akan ditingkatkan menjadi dua brand utama yakni Huawei HiLink dan HarmonyOS Connect yang merupakan peningkatan dari Powered by HarmonyOS. 

Dalam event itu, Wakil Presiden dari Departemen Bisnis dan AI Huawei Yang Haisong mengatakan bahwa Harmony OS adalah sebuah sistem operasi yang secara penuh akan menjadi sumber terbuka (open source). Lebih lanjut, sistem operasi ini akan bisa digunakan di perangkat yang memiliki minimal memori 128MB.

Dengan kata lain, sistem operasi tersebut akan tersedia di produk dengan layar besar, jam tangan pintar, aksesoris mobil dan perlengkapan elektronik lainnya. Di saat yang sama, Yang Haisong juga mengatakan bahwa tiga pabrikan smartphone akan menggunakan Harmony OS.

Sementara itu di lain kesempatan, petinggi Huawei lainnya yakni Xu Zhijun mengatakan bahwa pada akhir tahun ini, setidaknya 300 juta perangkat akan menggunakan Harmony OS, di mana 200 juta di antaranya merupakan produk dari Huawei. 

Salah satu tantangan terbesar sistem operasi ini adalah jarak antara waktu dan ukuran. Mereka mengatakan hanya memiliki satu hingga dua tahun untuk bisa terintegrasi dengan perangkat lunak Internet of Things (IoT) atau kemampuan dalam membangun ekosistemnya. 

“Pengembangan dari sistem operasi ini hanya satu tetes dari air yang ada dalam sebuah ember, dan tingkat penyelesaiannya hanya 1 persen saja. 99 Persen sisanya adalah berapa banyak mitra industri yang bersedia untuk mengadopsi platform tersebut. Dalam hal ini, kami di Huawei hanya membutuhkan waktu satu atau dua tahun untuk menyelesaikan sebuah target yang kebanyakan membutuhkan waktu 5 sampai 7 tahun jika dilakukan oleh perusahaan lain,” kata Yang Haisong.

Leave a Reply

Send this to a friend