• Our Partners:

Icon Network di Windows 11 Tampilkan UI Baru untuk Akses VPN

Icon Network di Windows 11 Tampilkan UI Baru untuk Akses VPN

Microsoft baru-baru ini memberikan pembaruan untuk mereka yang menggunakan Insider Dev Channel, ada banyak perubahan yang mendapatkan dukungan terbaru termasuk UI dari Network yang ada di Windows 11, Selasa (22/11).

Kabar terbaru baru saja diunggah oleh salah satu pengguna Twitter yang memang mengamati sistem Windows 11 sejak lama, Phantom of Earth yang mana kembali lagi memberikan cuitannya mengenai fitur dan perubahan apa saja yang diusung oleh Microsoft.

Dalam cuitannya, dia menjelaskan bahwa Microsoft kemungkinan akan merilis fitur ini untuk semua pengguna Windows 11, di mana Icon dari Network nantinya akan berbuah ketika pengguna mengakses layanan VPN.

Windows 11 Network New Icon

Icon VPN di Network Windows 11

Seperti yang terlihat melalui gambar di atas, pengguna yang mengakses layanan jaringan aman VPN nantinya akan berubah UI-nya. Icon dari Network akan berubah dengan menambahkan sebuah logo kecil berupa kunci dan gambar sistem keamanan lengkap dengan proteksinya.

Sedangkan, ketika pengguna sudah tidak terhubung lagi dengan jaringan VPN maka tampilannya akan kembali ke versi awal seperti di bawah ini:

Win 11 Network Icon

Icon Network Ketika tidka Terhubung di VPN

Perubahan ini tentu akan muncul pada bagian System Tray di Windows 11 22H2, pastikan untuk memindahkan Network pada bagian Taskbar untuk dapat melihatnya. Fitur ini sendiri masih berupa fitur uji coba, kemungkinan untuk dirilis Microsoft sendiri memang tidak bisa diduga.

Karena fitur ini hanya berupa fitur uji coba, maka pengguna harus mengaktifkannya dengan menggunakan aplikasi ViveTool, di mana harus memasukkan beberapa perintah untuk kemudian UI baru ini bisa tampil.

Untuk Anda yang penasaran, Anda bisa langsung membuka aplikasi ViveTool kemudian masukkan perintah berikut ini:

vivetool /enable /id:38113452.

Setelah selesai, tutup aplikasi dan Anda tidak perlu melakukan Restart agar perintah dapat berjalan. Menariknya, fitur ini akan mempermudah Anda untuk dapat memeriksa apakah Anda sedang menjelajahi internet dengan menggunakan jaringan aman atau tidak.

Sebelumnya, kita memang tidak mengetahui jika mengakses jaringan VPN, pengguna harus melakukan pemeriksaan secara manual untuk dapat mengetahui apakah perangkat mereka terhubung ke jaringan aman atau tidak. Jadi, adanya fitur ini tentu akan mempermudah pengguna untuk mengetahui langsung koneksi jaringan mereka.

Bagaimana menurut Anda? Menarik bukan? Tuliskan pengalaman Anda selama menggunakan Windows 11 22H2 di kolom komentar ya!

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend