Ini Yang Terjadi Ketika Dukungan Resmi Windows 10 Berakhir

Ini Yang Terjadi Ketika Dukungan Resmi Windows 10 Berakhir

NESABAMEDIA.COMSeperti halnya versi-versi Windows sebelumnya, Microsoft pada akhirnya juga akan menghentikan dukungan mereka untuk Windows 10. Jadwal resmi penghentian dukungan untuk Windows 10 sudah dikeluarkan, dan itu adalah pada tanggal 14 Oktober 2025. Itu artinya ada waktu sekitar empat tahunan lagi yang tersisa untuk para pengguna. 

Empat tahun memang waktu yang cukup lama, namun perlu dicatat adalah bahwa ada jutaan pengguna dari Windows 10. Microsoft juga telah meluncurkan Windows 11 dua bulan yang lalu, dan selama empat tahun itu mereka akan terus mencoba membujuk pengguna untuk beralih ke sistem operasi yang lebih baru dan meninggalkan Windows 10. Salah satunya adalah dengan menawarkan secara gratis Windows 11, seperti ketika Windows 10 ditawarkan untuk para pengguna Windows 7. 

Meski demikian, tidak semua orang bisa meningkatkan sistem operasi mereka ke Windows 11, mengingat persyaratan minimal yang cukup ketat. Ini utamanya adalah untuk perusahaan atau organisasi, yang tentunya membutuhkan biaya lagi untuk menyediakan perangkat yang mampu mendukung sistem operasi baru itu. 

Hal itu pun kemudian memunculkan banyak pertanyaan, mengenai apa yang akan terjadi ketika dukungan Windows 10 telah dihentikan nantinya. Untuk menjawab hal ini, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui.

Tidak Akan Ada Pembaruan Keamanan

Microsoft akan menghentikan pengiriman pembaruan keamanan ke Windows 10 ketika dukungannya berakhir. Ini akan membuat perangkat menjadi rentan akan ancaman virus, malware dan serangan peretas. Memang bisa memanfaatkan software pihak ketiga, namun tidak bisa dipastikan akan memberikan keamanan 100%, karena yang lebih memahami OS tersebut adalah Microsoft itu sendiri. 

Tidak Ada Pembaruan Kinerja

Biasanya Microsoft secara rutin akan mengirimkan pembaruan untuk meningkatkan kinerja. Bugs juga akan diperbaiki, dan pembaruan semacam ini tidak akan ada setelah dukungan dihentikan. Tanpa adanya pembaruan kinerja, perangkat anda akan menjadi lambat, atau menimbulkan masalah yang tidak akan mendapatkan perbaikan dari Microsoft.

Tidak Ada Fitur Baru

Anda tidak akan mendapatkan fitur baru apapun, yang akan menghambat produktivitas anda. Khususnya ketika bekerja dengan aplikasi baru atau software yang membutuhkan spesifikasi sistem generasi berikutnya.

Tidak Ada Dukungan Hardware Terkini

Adalah hal yang sudah umum bahwa teknologi berkembang dengan pesat. Perangkat dan hardware baru diluncurkan hampir setiap tahun. Setelah dukungan resmi berakhir untuk Windows 10, perangkat anda mungkin tidak akan lagi bisa mendukung perangkat baru tersebut. Tidak ada solusi lain, selain harus meningkatkan ke Windows 11

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments