Microsoft Umumkan Video Encode API untuk DirectX 12 di Windows 11

Microsoft Umumkan Video Encode API untuk DirectX 12 di Windows 11

NESABAMEDIA.COMDirectX 12 memiliki beragam jenis aplikasi multimedia, khususnya sangat dibutuhkan dalam gaming dan video. Versi terakhirnya, telah menyediakan dukungan API untuk decovid dan pemrosesan video yang dipercepat GPU, serta estimasi gerakan. Microsoft sekarang memperkenalkan API baru untuk encoding atau penyandian video ke DirectX 12 juga, dan ini adalah dukungan asli di Windows 11

Pada dasarnya Video Encode API memungkinkan mesin video menggunakan GPU untuk melakukan encoding video sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh DirectX 12. Ini berarti bahwa pengembang pihak ketiga juga dapat memanfaatkan kemampuan ini dalam aplikasi mereka. Penting untuk dicatat bahwa Vulkan sudah menyertakan API untuk encoding dan decoding video pada codec H264 dan H265. 

Seperti namanya, codec yang saat ini didukung oleh API ini adalah H264 dan HEVC. Microsoft telah merekomendasikan bahwa pengembang harus menanyakan ketersediaan dukungan untuk setiap codec dan alat penyandian masing-masing terlebih dahulu karena mereka memiliki persyaratan driver tersendiri. 

Video Encode API telah dimasukkan dalam Windows 11 secara default, dan bisa juga dipergunakan melalui DirectX 12 Agility SDK versi 1.700.10-preview atau yang lebih baru. Minimal persyaratan platform hardware dan versi driver untuk setiap vendor adalah sebagai berikut:

  • Radeon RX 5000 series atau yang lebih tinggi dan Ryzen 2xxxx series atau yang lebih tinggi : versi minimal driver video masih dalam tahap pengembangan, estimasi pada kuartal kedua 2022.
  • Tiger Lake, Ice Lake dan Alder Lake : versi minimal video driver adalah v30.0.100.9955.
  • GeForce GTX 10xx dan yang lebih tinggi, RTX 20xx dan yang lebih tinggi, Quadro RTX dan NVIDIA RTX : versi minimal video driver adalah v471.41.

Microsoft dalam postingan blognya menjelaskan mengenai bagaimana proses alur kerja dari penyandian video tersebut termasuk metode yang bisa digunakan oleh para pengembang. Jadi apabila anda salah satu yang tertarik mengenai Video Encode API untuk DirectX 12 yang baru ini, anda bisa menuju ke halaman terkait di tautan berikut ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend