• Our Partners:

Generasi Baru Chip 7nm

Intel Tunda Perilisan Generasi Baru Chip 7nm Sampai 2022

NESABAMEDIA.COM – Intel akhirnya resmi merilis chip 10nm ke pasaran setelah tertunda selama beberapa tahun. Sayangnya perusahaan tersebut mengumumkan adanya masalah dengan proses chip 7nm. Memastikan perilisan chip generasi terbaru ini akan juga ditunda.

Berdasarkan dari rilisan penghasilan atau earning release Q2 2020, Intel mencatat, “Waktu produk CPU berbasis 7nm perusahaan bergeser sekitar enam bulan relatif terhadap ekspektasi sebelumnya.” Penundaan dari yang awalnya akan dirilis pada akhir tahun 2021 depan.

Penundaan enam bulan akan mendorong tanggal itu ke setidaknya 2022, jika tidak lebih jauh. Penyebab penundaan ini karena apa yang disebut CEO Intel Bob Swan sebagai “mode cacat” dalam proses 7nm, menurut Tom’s Hardware.

Penjelasan Intel mengenai permasalahan produksi pada chip 7nm saat ini berarti proses tersebut sendiri sudah mundur satu tahun dari roadmap internal seharusnya. Meski memang anehnya, perusahaan menekan bahwa penundaan hanya 6 bulan, walau mengalami keterlambatan produksi selama 1 tahun.

Sebagai perbandingkan, AMD sudah lebih dulu mengeluarkan chip Ryzen 4000, yang berbasis dari arsitektut 7nm.

Tertundanya perilisan chip 7nm sebenarnya menjadi masalah pelik untuk Intel. Berdasarkan dari catatan Intel sebelumnya untuk memperpanjang arsitektur 14nm untuk perbaikan dari generasi ke generasi secara bertahap. Bukan tidak mungkin saat ini akan lebih banyak produk dari chip 10nm yang dirilis dalam beberapa waktu kedepan.

Hanya ada begitu banyak lapisan yang bahkan dapat dilakukan Intel dengan jajaran produknya. Keterlambatan chip 10nm membantu sebagian besar industri laptop, yang bergantung pada roadmap Intel. Serta untuk peningkatan efisiensi daya dan kinerja pada mengembangkan produk baru yang lebih baik. Berdasarkan pedoman saat ini dari perusahaan, mungkin saja dunia PC akan mengalami hambatan serupa dengan chip Intel 7nm di tahun-tahun mendatang.

Di sisi lain, Intel bukan hanya membawa kabar buruk mengenai penundaan rilis 7nm. Perusahaan ini juga akan segera meluncurkan chip 11th Gen Tiger Lake, yang berbasis dari prosesor 10nm++. Chip ini digadang-gadang akan melanjutkan sukses 10th Gen Ice Lake untuk laptop di tahun ini. Menghadirkan grafik Intel Xe yang sudah ditunggu.

Intel juga menantikan rilisan produk pertama dari 12th Gen Alder Lake, yang merupakan penerus Tiger Lake, pada akhir tahun nanti. Termasuk juga desktop CPU dengan 10nm pertama dari Intel.

Leave a Reply

Send this to a friend