• Our Partners:

Google ARCore siap saingi Lidar di iPhone 12 dan iPad Pro Apple?

iPhone 12 Pro Punya LiDAR, Kapan Google Punya di Android?

NESABAMEDIA.COM – Apple telah menunjukkan kepada dunia iPhone 12, dan seperti iPad Pro baru, ia hadir dengan fitur baru: laser dan pemindai LiDAR.

Meskipun teknologi ini dapat digunakan untuk banyak hal, Apple menggunakannya karena beberapa alasan, tetapi sebagian besar untuk mendukung kemampuan Augmented Reality (AR) iOS dan sebagai cara untuk membantu kamera iPhone 12 fokus dalam cahaya rendah.

Google juga tidak asing dengan AR, dan Anda mungkin ingat pernah mendengar tentang Tango – metode Google untuk membangun pembangkit tenaga AR untuk seluler. Tango menggunakan sensor khusus untuk menciptakan pengalaman AR yang cukup bagus, tetapi proyek ditutup setelah ARCore membantu kami mendapatkan AR sebanyak yang kami inginkan hanya dengan kamera biasa.

Apple sukses membawa peralatan penginderaan khusus kembali ke sisi perangkat keras miliknya. Haruskah Google melakukan hal yang sama?

Apa itu LiDAR?

LiDAR adalah singkatan dari Light Detection and Ranging dan merupakan cara untuk membuat peta tiga dimensi dari apa pun yang menjadi fokusnya.

Sistem LiDAR terdiri dari laser dan penerima; laser memancarkan cahaya berdenyut, dan penerima mengukur waktu yang dibutuhkan agar cahaya memantul kembali. Ini bukan teknologi baru – mesin penyedot debu robot sudah lama menggunakannya. Meskipun Apple tidak melakukan hal-hal yang begitu megah dengan fitur ini.

Di iPad Pro 2020, LiDAR digunakan untuk membuat “gambar” dari apa yang dilihat kamera, sehingga aplikasi yang memiliki komponen AR dapat menggunakannya untuk menambahkan animasi dan gambar statis ke layar di tempat yang tepat.

Project Tango dan ARCore Google siap saingi LiDAR di iPhone 12 Pro?

Google memperkenalkan Project Tango pada tahun 2014 sebagai proyek sampingan dari tim ATAP, dan itu sama kerennya. Itu datang ke perangkat konsumen dari ASUS dan Lenovo, dan bekerja sebaik yang dilakukannya di lab: perangkat Tango seperti Lenovo Phab 2 Pro dapat memetakan lingkungannya dan menyimpan data sehingga tambahan dapat ditambahkan oleh pengembang AR.

Pada 2017, Google menutup Project Tango demi ARCore. Memulai debutnya di Pixel 2, itu didemonstrasikan dengan stiker dan animasi baru di aplikasi kamera Google, tetapi ada banyak aplikasi di Google Play yang menggunakan ARCore.

Mengapa Google melakukan kebalikan dari Apple – dimulai dengan perangkat keras tambahan, kemudian berupaya menghilangkan kebutuhannya – tak pernah ada yang tahu.

Google mungkin telah menemukan cara untuk memangkas biaya namun masih cukup baik, atau mungkin adopsi tersebut tidak cukup kuat untuk terus membangun perangkat dengan sensor mahal. Bagaimanapun, Tango sudah tidak ada, ARCore adalah penggantinya, dan ini bekerja dengan cukup baik.

Leave a Reply

Send this to a friend