• Our Partners:

iPhone 14 Dirumorkan Usung Always-On Display, Yang Bertahun-Tahun Ada di Android

iPhone 14 Dirumorkan Usung Always-On Display, Yang Bertahun-Tahun Ada di Android

NESABAMEDIA.COMDi saat pengguna Android mencoba meredakan hype setelah banyaknya pengumuman di event Google I/O, penggemar Apple sedang bersiap untuk menyambut konferensi pengembang WWDC 2022.

Jadwalnya digelar pada minggu depan, menjanjikan kilasan awal mengenai iOS 16 sebelum diluncurkan pada akhir tahun ini, dan sejumlah rumor pun mulai merebak dan juga iPhone 14.

Untuk kesekian kali, para analis berharap akan kehadiran fitur Always-on Display ke iPhone, dimulai dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max yang akan datang. Sayangnya, rumor ini di sisi lain juga menunjukkan betapa tertinggalnya Apple, akan sebuah fitur yang selama ini diinginkan para penggunanya. 

Isu soal dukungan Always-On Display yang hadir ke iOS ini seakan sudah begitu familiar di telinga, hal tersebut karena terjadi hal yang sama pada tahun lalu. Apple bermaksud untuk menghadirkan dukungan fitur layar yang selalu aktif, sesuatu yang karena adanya keterbatasan hardware, akan menjadi sesuatu yang eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max. 

Apple ingin memanfaatkan teknologi panel LTPO yang saat ini banyak digunakan pada produk jam tangan pintar mereka, untuk menurunkan frame rate hingga 1Hz.

Ketika dikombinasikan dengan OLED, penerapan ini akan memungkinkan pengguna iPhone melihat tanggal, waktu dan notifikasi yang masuk, tanpa mempengaruhi masa pakai baterai. Akan tetapi karena masalah persyaratan perangkat keras ini, hanya model Pro terbaru yang akan mendukungnya.

Tentu saja, kombinasi teknologi ini sudah bukan hal yang baru lagi, utamanya di dunia Android. Mengesampingkan bahwa ini adalah tahun kedua berturut-turut di mana rumor penggunaan teknologi ini akan hadir ke perangkat iPhone, ini bisa menjadi sebuah contoh yang pas, bagaimana ketinggalan zamannya Apple dengan peningkatan produktivitas yang sudah lama ada di Android. 

Samsung pertama kali memperkenalkan Always-On Display di smartphone Galaxy S7 mereka sejak tahun 2016 silam, dan meskipun Samsung juga bukan yang pertama mengadopsinya, mereka begitu konsisten menerapkan fitur ini di smartphone-smartphone mereka berikutnya. 

Tidak ada keraguan juga bahwa Apple akan menjual Always-On Display mereka sebagai sebuah revolusi dalam komputasi seluler modern, dengan asumsi bahwa mereka akhirnya mengirimkannya ke produk iPhone 14 tahun ini. 

Di sisi lain, Apple memang tidak memiliki ambisi untuk menjadi yang pertama untuk sebuah teknologi, namun mereka ingin memastikan bahwa teknologi yang mereka gunakan adalah yang terbaik.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend