• Our Partners:

Apple A16 Bionic dan M2 Sedang Dalam Tahap Pengembangan

Apple A16 Bionic dan M2 Sedang Dalam Tahap Pengembangan

NESABAMEDIA.COMBerdasarkan sejumlah laporan yang diterima nesabamedia.com, chipset A16 Bionic yang akan dibawa Apple pada iPhone tahun ini, bakal diproses menggunakan proses fabrikasi 5nm, seperti pada A15 Bionic di iPhone 13. Selain itu, ada juga laporan mengenai chipset M2 untuk generasi Mac berikutnya. 

Untuk saat ini, masih belum bisa dipastikan nama resmi dari chipset M2. Namun, setidaknya itu akan menawarkan lompatan besar dalam hal kinerja. Menurut bocoran dari akun Twitter @ShrimpApplePro, Apple saat ini sedang mengerjakan tahap final dari varian chipset M1, yang akan menggunakan inti lebih kuat di chipset A15, kemungkinan itu adalah M1 Ultra yang akan menjadi seri terakhir dari M1.

Akun Twitter tersebut juga mengklaim bahwa informasi tersebut berasal dari sumber yang sangat terpercaya. Cuitan itu juga mengungkap mengenai rencana Apple akan chipset A16 Bionic dan M2 berikutnya. 

Chipset A16 Bionic akan dibangun dengan proses 5nm oleh TSMC, yang sama dengan chipset A14, A15 dan M1. Jika merujuk pada laporan sebelumnya, chipset A16 Bionic mungkin akan menggunakan proses fabrikasi 4nm TSMC. Lebih lanjut sumber lain juga mengatakan bahwa Apple berencana menggunakan proses 4nm N4p TSCM.

Klaim bahwa chipset A16 Bionic bakal menggunakan proses TSCM N5, tampaknya mengindikasikan bahwa peningkatan ke chipset baru itu tidak sebesar seperti yang dibayangkan. Chipset ini dilaporkan akan mendapatkan sedikit peningkatan pada CPU, GPU dan memori. 

Laporan dari analis Ming-Chi Kuo menyebut bahwa chipset A16 Bionic akan hadir dengan memori LPDDR5. Jika dibandingkan dengan memori LPDDR4, versi memori ini lebih cepat 1,5 kali. Kemudian juga memiliki peningkatan tingkat efisiensi sampai dengan 30%.

Apple juga dikatakan sedang mengerjakan versi final dari chipset M1, yang akan mendapatkan peningkatan kernel. M1, M1 Pro dan M1 Max serta M1 Ultra menggunakan inti Icestorm yang hemat daya, dan inti Firestorm yang berkinerja tinggi. Disebutkan bahwa varian Apple M1 itu akan berbasis pada chipset A15 Bionic, yang memiliki inti Blizzard hemat daya dan inti Avalanche berkinerja tinggi. 

Laporan lain mengatakan bahwa chipset A16 hanya akan menjalani debut di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Model vanilla akan menggunakan chipset A15 Bionic seperti yang ada di iPhone 13. 

Sementara chipset M2 tampaknya akan menjalani debut di perangkat MacBook Air yang didesain ulang, sebelum akhirnya dihadirkan ke perangkat Mac yang baru, dan kemungkinan juga ke iPad Pro pada akhir tahun ini.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend