• Our Partners:

Android 13, Fitur dan Kemampuan Baru Yang Diumumkan di Google IO 2022

Android 13, Fitur dan Kemampuan Baru Yang Diumumkan di Google I/O 2022

NESABAMEDIA.COMAndroid 13 dikabarkan akan meluncur musim gugur tahun ini, dan ada beberapa peningkatan yang menarik untuk disimak. Dalam event Google I/O 2022, perusahaan mengungkap beberapa detail baru mengenai Android 13 dan berikut ini beberapa di antaranya.

Enkripsi Ujung ke Ujung Untuk RCS Group Chat

Google bekerja dengan operator seluler dan pabrikan smartphone selama beberapa tahun terakhir, untuk meluncurkan Rich Communication Services sebagai fitur alternatif untuk SMS dan MMS. Ini menyediakan dukungan untuk foto kualitas tinggi, perpesanan melalui Wi-Fi dan pengalaman obrolan grup yang lebih baik. 

Aplikasi ini sudah mendukung enkripsi ujung ke ujung secara otomatis untuk percakapan dua orang, dan dukungan untuk obrolan grup akan hadir pada akhir tahun. 

Google Wallet

Google Wallet, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011, mendapatkan banyak sekali pembaruan dan fungsionalitas baru. Google Wallet bisa menyimpan versi digital dari dokumen penting anda, termasuk kartu pembayaran, lencana kantor, sertifikat vaksin, boarding pass dan lainnya. Idenya adalah untuk menyediakan alternatif kartu fisik yang lebih cepat dan aman. 

Google Wallet mendukung banyak sekali fasilitas, seperti NFC atau kode QR serta integrasi dengan aplikasi lain. Misalnya, apabila anda memiliki kartu transit di Google Wallet, maka saldo kartu akan otomatis muncul di Google Maps ketika anda mencari arah tujuan. 

Pada musim gugur nanti, lebih dari 40 negara yang menggunakan Google Pay akan ditingkatkan ke Google Wallet. Semua perangkat yang menjalankan Android 5 atau Wear OS akan bisa mendukung penggunaannya.

Android 12L dan Masa Depan Perangkat Tablet dan Lipat

Google mengatakan bahwa saat ini ada 275 juta pengguna aktif di perangkat layar besar seperti tablet dan smartphone lipat. Pada bulan Maret, Android 12L diluncurkan untuk membantu pengembang mendesain aplikasi untuk perangkat dengan layar besar ini.

Android 13 melanjutkan apa yang ditinggalkan Android 12L dan memperkenalkan multitasking yang lebih baik dari toolbar ke aplikasi layar terpisah, termasuk dukungan dan optimasi untuk lebih dari 20 aplikasi Google.

Material You

Material You menjadi perubahan paling besar dari Android 12. Untuk Android 13, Google memperkenalkan setelan warna premade untuk mereka yang menginginkan hal yang berbeda.

Anda bisa memilih skema warna dan itu akan diterapkan ke seluruh sistem operasi. Warna bertema ini tidak akan lagi dibatasi ke aplikasi sistem. Kini ada sebuah tombol di Settings yang memungkinkan anda untuk mengaktifkan ikon tema untuk semua aplikasi. 

Pengendali media juga mendapatkan peningkatan dari Material You. Ketika anda mendengarkan lagu, jendela pemutar akan mengadopsi kolor dari desain album. Kemudian juga terdapat bilah gelombang yang akan bergerak mengikuti suara. 

Privasi dan Keamanan

App Language Settings kini memungkinkan anda untuk mengatur bahasa default yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda. Misalnya, aplikasi perbankan anda akan bisa diatur ke bahasa Inggris, sementara aplikasi perpesanan ke bahasa Indonesia. Ini menjadi bukti bahwa Google semakin inklusif dan menyetarakan antara software mereka dengan desain. 

Android Photo Picker juga menambahkan fitur privasi yang lebih baik, mengadopsi seperti yang ada di iOS. Anda bisa membatasi aplikasi foto dan video mana yang memiliki akses, alih-alih memberikan izin ke aplikasi ke seluruh foto yang ada di galeri. 

Akhir tahun ini, Google juga akan menambahkan halaman pengaturan privasi dan keamanan terpadu, yang akan menempatkan semua data pribadi dan keamanan pengguna dalam satu tempat. Akan ada indikator berbasis warna yang menunjukkan tingkat keamanan perangkat, dan menawarkan petunjuk untuk menjadikan perangkat lebih aman lagi.

Integrasi Dengan Perangkat Lain

Android 13 akan mendukung pengaturan penghubungan cepat dengan perangkat baru, peralihan audio secara otomatis antar perangkat seperti headphone dan juga fungsionalitas penyalinan dan penempelan. Ini juga memungkinkan anda untuk streaming pesan dan aplikasi lain dari perangkat smartphone ke komputer. 

Chromecast akan mendukung lebih banyak brand, mulai dari Bose, TCL, Sony sampai dengan LG. Selain itu juga akan menambahkan kemampuan casting ke produk baru, seperti Chromebook dan bahkan kendaraan anda. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend