iPhone Kuasai Pasar Sepanjang Tahun 2021

iPhone Kuasai Pasar Sepanjang Tahun 2021

NESABAMEDIA.COMData baru telah diterbitkan oleh Counterpoint Research yang menyediakan analisa mereka atas pasar smartphone di tahun 2021 ini, khususnya untuk pasar Amerika Serikat. Data tersebut menunjukkan pangsa pasar brand smartphone ternama seperti Apple, Samsung, Motorola, OnePlus dan lainnya. Menariknya, iPhone mampu mengalahkan brand lain di setiap kuartal sepanjang tahun 2021. 

iPhone memulai tahun 2021 dengan kuat, dengan mendominasi 55% pangsa pasar di kuartal pertama. Samsung yang menjadi pesaing paling dekat Apple selama ini, hanya mampu meraih 27% pangsa pasar di kuartal pertama, itu pun berkat diluncurkannya Galaxy S21. 

Masalah rantai pasokan sejak kuartal keempat tahun 2020, mendorong meningkatnya permintaan di kuartal pertama 2021, yang kemudian menyebabkan penjualan perangkat smartphone secara keseluruhan mengalami kenaikan hingga 14%.

LG mengumumkan mereka keluar dari bisnis smartphone pada kuartal kedua tahun 2020, yang kemudian membantu Motorola dan OnePlus mendapatkan momentum. iPhone masih berada di berada di tempat teratas, meskipun kelangkaan iPhone SE 2020, yang menahan pertumbuhan mereka di pasar prabayar. 

Apple mengalami masa peluncuran iPhone 13 yang sangat kuat di bulan September. Dibandingkan dengan peluncuran iPhone 12, pasar mereka meningkat dari 40% di kuartal ketiga tahun 2020, menjadi 47% di kuartal ketiga tahun 2021. Masalah rantai pasokan tidak menghentikan langkah Apple yang mengalami kenaikan kinerja sebesar 19% secara tahunan.

Laporan Counterpoint Research Sepanjang 2021

Laporan Counterpoint Research Sepanjang 2021

Pada penutupan periode tahunan di kuartal keempat, iPhone berada di posisi sangat kuat, yakni dengan pangsa pasar 56%, sementara Samsung dan lainnya berada jauh di bawahnya.

Meskipun mayoritas peningkatan kinerja Apple terjadi di pasar Amerika Serikat, namun iPhone juga mengalami pertumbuhan yang apik di pasar Cina. Pada kuartal keempat tahun lalu, iPhone berada di peringkat pertama di pasar negara Tirai Bambu itu setelah peluncuran iPhone 13. 

Untuk tahun ini, diyakini Apple masih akan bisa mempertahankan performa mereka di posisi teratas. Meski masalah kelangkaan pasokan chipset masih akan terus terjadi hingga beberapa periode mendatang, dan kompetitor mereka yang mulai meluncurkan produk flagship baru, khususnya perangkat smartphone lipat. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend