Chrome OS Flex, Langkah Google Jadikan PC Lawas Sebagai Chromebook

Chrome OS Flex, Langkah Google Jadikan PC Lawas Sebagai Chromebook

NESABAMEDIA.COMGoogle memiliki sebuah rencana baru untuk memperluas ekosistem Chromebook mereka yang sedang naik daun, dan rencana ini bernama Chrome OS Flex. Versi baru dari Chrome OS ini bisa dipasang secara gratis di perangkat PC dan Mac apapun, dan Google yakin ini akan mampu memberikan nafas baru ke perangkat PC lama untuk digunakan di sekolah atau perkantoran. 

Chrome OS Flex merupakan upaya tindak lanjut setelah Google mengakuisisi Neverware pada tahun 2020 lalu, yang menciptakan sebuah solusi untuk membawa Chrome OS ke perangkat PC lama bernama CloudReady. 

“Sejak saat itu, kami telah berupaya sangat keras untuk mengintegrasikan manfaat dari CloudReady ke sebuah versi Chrome OS yang baru,” ungkap Thomas Riedl, Direktur Produk, Enterprise dan Education di Google. 

Google meluncurkan Chrome OS Flex dalam bentuk Early Access tanggal 15 Februari kemarin, dan anda sudah bisa mencobanya di perangkat PC atau Mac lawas anda tanpa harus memasangnya, melainkan bisa dibooting langsung dari USB drive. Google berharap versi stabilnya bisa hadir setidaknya bulan depan. 

Di saat banyak perangkat PC Windows 10 yang tidak memenuhi persyaratan minimal untuk ditingkatkan ke Windows 11, sistem operasi ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Terlebih, Windows 10 juga semakin mendekati dengan masa akhir dukungan pada tahun 2025 mendatang. 

Sejauh ini, Chromebook telah cukup sukses di pasar edukasi Amerika Serikat, namun banyak juga organisasi dan perusahaan yang mungkin tertarik pada sistem operasi yang gratis, aman dan mudah untuk dikelola untuk perangkat lawas mereka. 

Apalagi, Microsoft juga telah mematikan Windows 10X tahun lalu, sebuah sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat kelas entry dan menjadi versi ringan dari Windows 10. Haruskah Microsoft patut khawatir dengan Chrome OS Flex? 

Microsoft memang telah mengumumkan Windows 11 SE untuk perangkat laptop murah di kelas edukasi musim gugur lalu, namun juga tidak diketahui apakah itu akan bisa menawarkan hal yang sama yang ditawarkan Chrome OS Flex untuk perangkat lawas.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend