Windows 10 Versi 2004

Jelang Rilis Windows 10 21H1, Versi 2004 Memasuki Status Broad Deployment

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 21H1 diperkirakan akan mulai dirilis pada bulan Mei atau Juni dan Microsoft kini telah memberikan konfirmasinya bahwa Windows 10 versi 2004 akan segera memasuki status ‘broad deployment’. Ini artinya, Windows 10 versi 2004 dianggap tidak lagi memiliki bug beresiko tinggi untuk mayoritas konfigurasi perangkat pengguna, dan siap untuk dirilis lebih luas ke seluruh perangkat PC. 

Pembaruan Windows 10 Mei 2020 atau yang biasa dikenal dengan nama 2004, telah mengalami masa-masa suram sejak pertama kali dirilis. Sejumlah laporan mengungkap bahwa pembaruan itu telah mengakibatkan banyak sekali error yang berujung Blue Screen of Death (BSOD) hingga merusak Google Chrome. 

Setelah bug beresiko tinggi itu dilaporkan, Microsoft pun menunda perilisan pembaruan Windows 10 versi 2004 untuk perangkat tertentu dan kemudian pemblokiran perilisan pembaruan itu akhirnya dicabut pada bulan Januari 2021 ini. 

Proses pengembangan pembaruan tersebut memang cukup lambat, namun karena semakin mendekati jadwal rilis dari pembaruan 21H1, Microsoft kini mencoba untuk tetap maju dengan rilisan besar pada tahun lalu. Perlu dicatat juga bahwa Windows 10 versi 2004 telah mengalami proses pengujian selama lebih dari satu tahun terhitung hingga sekarang ini. Microsoft pun tidak mencoba untuk terburu-buru, namun mungkin memang masih ada beberapa bug untuk konfigurasi perangkat tertentu. 

Status Broad Deployment juga berarti bahwa pengguna kini bisa meningkatkan secara langsung versi 2004 dari versi sistem operasi yang lebih lama, meskipun perangkat yang digunakan memiliki masalah kompatibilitas atau ketidakcocokan.

Pada bulan Februari ini, Microsoft juga berencana untuk mulai merilis versi pratinjau dari Windows 10 21H1 untuk para penguji di kanal Release Preview di Windows Insider. Sebelumnya juga telah dibuktikan kehadiran dari versi 21H1 itu dari sejumlah bocoran. Pada versi pratinjau terbaru, sebuah referensi soal paket pengaktifan untuk 21H1, muncul di program Registry Editor. 

Bahkan beberapa orang mampu untuk memunculkan paket pengaktifan yang telah disembunyikan Microsoft dan mengganti versi 20H2 mereka menjadi versi 21H1. Ini sepertinya mengkonfirmasi bahwa pembaruan fitur berikutnya sudah sangat dekat dengan tanggal perilisan. Namun sejumlah laporan juga mengatakan bahwa hal itu setidaknya tidak akan muncul hingga bulan Mei. 

Leave a Reply

Send this to a friend