Samsung Galaxy S21 Dibongkar

Samsung Galaxy S21 Mudah Dibongkar Tapi Juga Mudah Rusak

NESABAMEDIA.COMSetelah baru saja dimulai penjualan dari Samsung Galaxy S21 di beberapa pasar, iFixit yang merupakan spesialis dalam hal mempreteli smartphone untuk melihat isi di dalamnya, memamerkan proses pembukaan bagian dalam dari Galaxy S21.

Mengingat bagian panel belakang dari smartphone itu yang berbahan plastik, tidak sulit untuk mengasumsikan bahwa adalah hal yang sangat mudah untuk membuka Galaxy S21. 

Biasanya hal tersebut menandakan bahwa peringkat perawatan smartphone itu setidaknya berada di bawah rata-rata. Namun rupanya tidak demikian untuk smartphone Samsung Galaxy S21 itu. 

Memang bukanlah hal yang sulit untuk mempreteli Galaxy S21 dan melihat isi jeroannya. Di bagian dalam, semuanya dipasangkan melalui sekrup standar. Dan komponen yang ada, dihubungkan satu sama lain dengan loop yang bisa dilepas dengan gampang.

Sebuah papan kecil dengan konektor USB-C dan slot kartu SIM perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya port tersebut gampang mengalami kerusakan. Meski demikian untuk penggantiannya tidak memerlukan banyak biaya.

Baterainya direkatkan dengan kuat, jadi butuh upaya lebih keras untuk bisa mencopot baterai tersebut. Kemudian yang perlu untuk diperhatikan adalah bagian layarnya. Sebab layar Galaxy S21 itu terlihat sangat rapuh. Saat iFixit mencoba membongkarnya, layar itu pecah dan mengalami keretakan. 

Selama ini memang kedua komponen tersebut, baik itu baterai dan layar adalah bagian yang paling mudah rusak dan sering diganti. Memang untuk baterai harganya masih cukup terjangkau, namun untuk layar, biasanya harganya sekitar 50 persen sampai 75 persen dari harga smartphone itu sendiri. 

Dari hasil pembongkaran smartphone Samsung Galaxy S21 itu, iFixit memberikan rating 4 dari 10. Jika dibandingkan dengan Galaxy S20, sepertinya S21 lebih mudah untuk dibongkar dan kemudian dilakukan perbaikan. Namun meski demikian, iFixit sendiri rupanya belum melakukan pembongkaran terhadap Galaxy S20. 

Sementara itu, Galaxy S21 Ultra kemungkinan lebih sulit untuk dibongkar karena smartphone itu diketahui menggunakan material kaca, tidak seperti Galaxy S21 yang menggunakan material plastik. Untuk bisa membongkar bagian smartphone yang bermaterial kaca, biasanya yang digunakan adalah heat gun.

Leave a Reply

Send this to a friend