Kenali Jenis-Jenis Drama Beserta Penjelasan dan Contohnya, Yuk Disimak!

Drama merupakan satu diantara seni yang sudah di pertontonkan sejak jaman dahulu kala. Bahkan terdapat bukti yang tertu;isa bahwa di abad ke 5 sebelum Masehi sudah ditemukan pementasan drama. Drama sering disebut-sebut dengan nama seni teater.

Pada drama juga bisa di definisikan menjadi suatu pementasan dari suatu cerita yang di praktekkan oleh beberapa para tokoh diatas panggung didasarkan atas sebuah naskah dan juga memuat amanat pada para penikmatnya. Seni drama mempunyai berbagai jenis pertunjukan yang dibagi berlandaskan dari penggunaan dan juga karakteristik sebuah cerita.

Jenis-Jenis Drama Beserta Contohnya

Di dalam drama terdapat 8 jenis drama yaitu, berdasarkan komedi, tragekomedi, tragedi, opera atau drama musikal, farce, melodrama, sendatari, dan fablo. Berikut penjelasan dari jenis-jenis drama tersebut.

1. Drama Komedi

Jenis-Jenis Drama Komedi

Drama komedi merupakan salah satu jenis daram sifatnya menghibur dengan menggunakan unsur jenaka didalamnya. Di dalam sebuah skenario drama komedi, didapatkan dialog yang lucu menyinggung dan juga biasanya memiliki akhir cerita yang bahagia. seperti itu juga pada tokoh di dalam sebuah drama komedi mempunyai karakter yang lucu, jenaka, dan juga bijaksana.

Adapun tujuan jenis dari drama komedi ini ialah untuk dapat memberi hiburan pada penonton. Komedi ini juga mempunyai beberapa alur bergantung pada konteks dari cerita yang diangkat si penulis, dengan cara membawa dialog yang merangkum lelucon dan juga sindiran. Contoh dari drama komedi yang sedang terkenal seperti Crazy Rich Asians.

2. Tragekomedi

jenis-jenis drama

Tragekomedi merupakan jenis drama penggabungan dari tragedi dengan komedi. Pada tragekomedi cerita yang akan dibawa ke alur layaknya sebuah drama tragedi dan dibawakan dengan cara berlebihan dan juga terdapat bagian selingan komedi, juga akhir dari cerita yang senang. Contoh dari drama tragekomedi ialah Inside Out.

3. Tragedi

jenis-jenis drama

Tragedi merupakan jenis drama menceritakan cerita yang penuh dengan kesedihan dan juga kemalangan. Tokoh yang berperan di dalam jenis drama tragedi ini biasa disebut dengan sebutan “tragic hero” mempunyai arti yakni pada seorang pahlawan menjalani nasib yang tragis, seperti kesialan, ketidak beruntungan, dan sebagainya.

Contoh dari drama berjenis tragedi yang cukup terkenal ialah yang berjudul Doctor Faustus. Selain itu, terdapat juga drama tragedi dari William Shakespeare berjudul Hamlet, macbeth, dan juga Othello. William Shakespeare merupakan seorang pemain drama, penulis naskah dan juga penulis puisi yang berasal dari Inggris. Ia penulis naskah dengan bahasa Inggris yang terbaik spesialis cerita drama.

4. Opera atau Drama Musikal

Jenis-Jenis Drama Musikal

Opera atau sering disebut dengan sebutan drama musikal merupakan jenis drama diiringi dengan musik ataupun melodi. Pada drama ini, perasaan dan juga cerita yang dapat dirasakan para pemain akan diungapkan melalui sebuah tarian dan juga nyanyian.

Contoh dari opera atau drama musikal yang sudah terkenal meliputi Hair, Rent, Wicked, The Fantasticks, The Producers dan juga A Chorus Line. Pada drama musikal yang berbentuk film banyak ditayangkan contohnya film La La Land.

5. Farce

jenis-jenis drama

Farce atau bisa disebut dagelan merupakan jenis drama bersifat ringan dan juga lucu. Alur pada cerita disusun didasarkan pada pengembangan situasi pada tokohnya. Adegan di dalam drama sering dibuat terlalu berlebihan dan komedi yang membawa-bawa fisik. Pada jenis drama farce ini sering dikenal dengan sebutan komedi picisan.

Contoh dari drama frace atau dagelan yang cukup terkenal yakni berjudul “The Importnace of Being Earnest” ciptaan Oscar Wilde. Ia merupakan penulis novel, penulis naskah drama, dan juga penulis puisi berasal dari Irlandia. Ia sebagai penulis yang paling dikenal dari London di tahun 1890.

6. Melodrama

jenis-jenis drama

Melodrama merupakan jenis drama yang ceritanya sangat sentimental. Pada Ceritanya dan juga penokohannya membawa dalam suasana haru dan juga mendebarkan. Kebanyakan dari cerita melodrama adalah kisah tentang percintaan atau cerita tentang kesedihan. Pada tokoh yang baik dan yang jahat di dalam melodrama terdapat perbedaan yang digambarkan sangat drastis.

tokoh yang berperan jahat digambarkan dengan bentuk yang menyeramkan, kelam, dan serba hitam. Begitu sebaliknya, pada tokoh yang baik digambarkan begitu sempurna sehingga tidak terdapat kejelekan sedikit pun. Sampai-sampai terkadang dapat menimbulkan beberapa klise  dikarenakan hanya terdapat satu sifat yang ditunjukkan pada setiap pemain.

Salah satu contoh dari melodrama terkenal yakni berjudul “Still Life” ciptaan Noel Coward. Ia juga merupakan seorang  penulis drama, komposer, dan sutradara yang asalnya dari Inggris terkenal dengan kepintarannya dalam membuat cerita drama.

7. Sendratari

Jenis-Jenis Drama Sendratari

Sendratari merupakan jenis drama penggabungan dari seni tari dan juga seni drama di dalam satu pentas. Pada sendratari ini biasa dilakukannya dalam bentuk bergrup. Ceritanya akan dibawa pada dialog dan juga tarian yang mnegutarakan perasaan dari setiap pemain. Walaupun pada dialognya menyajikan dalam bentuk sebuah tarian, namun biasanya tetap terselip narasi pendek di dalam naskahnya untuk mencegah keraguan para penonton.

Para pemeran sendratari mereka juga bukan hanya pandai dalam bermain peran, melainkan juga pintar dalam halnya menari. Salah satu diantara contoh sendratari yang cukup terkenal yakni sendratari Ramayana. Pada sendratari Ramayana merupakan suatu drama atau pementasan yang diangkat dari kisah atau cerita Ramayana.

Kisah Ramayana bercerita bahwa perjuangan pada Rama di dalam menyelamatkan Sinta yang telah diculik dengan Rahwana. Pada pertunjukan sendratari Ramayana ini rutin dilakukan di atas panggung terbuka di Candi Prambanan, Jogjakarta.

Berbeda pada pertunjukan sendratari di Jogjakarta, sendratari di daerah Bali biasa menggelar pementasan yang sifatnya kolosal. Sebuah cerita yang di pertunjukan di dalam pementasan sendratari di daerah Bali biasana adalah cerita sejarah seorang raja, cerita rakyat, atau budaya yang sudah terkenal di daerah Bali.

8. Tablo

Tablo

Tablo merupakan jenis drama mengutamakan suatu penampilan pada segi gerak atau tarian. Para pemain akan melakukan suatu gerakan sepanjang pertunjukan tanpa mengatakan dialog sedikit pun.

Para pemain menyampaikan suatu cerita kepada para penonton dengan cara gerakan yang di dalamnya terkandung banyak arti. Pada contoh pertunjukan tablo ini biasanya dilakukan di jurusan seni dan teater.

Demikianlah 8 penjelasan mengenai jenis-jenis drama beserta contohnya. Semoga artikel ini dapat menjadi pedoman ataupun referensi di dalam ilmu pengetahuan yang sedang Anda cari.

Leave a Reply

Send this to a friend