Yuk Simak! 7 Unsur-Unsur Budaya Beserta Contoh dan Penjelasannya

Indonesia adalah negara yang mempunyai keanekaragaman budayanya yang sedemikian luar biasa. Sebagai seorang bangsa yang pintar, kita haruslah dapat memahami arti dari budaya.

Istilah budaya berasal dari kata “culture” yang adalah istilah dari bahasa asing yang mempunyai arti kebudayaan. Culture yang asalnya dari kata latin “Colere” yang artinya adalah beradaptasi atau berperangai.

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), budaya adalah suatu pemikiran, akal budi ataupun ada istiadat. Secara bahasa. arti daripada kebudayaan diperuntukkan dari sebuah kata budaya yang dimana mengarah kepada cara berpikirnya manusia.

Unsur-Unsur Budaya

Budaya juga mempunyai unsur-unsur yang ada di dalamnya, yang mana pada unsur-unsurnya dibagi atas 7 bagian unsur. Berikut ini adalah ke 7 unsur-unsur pada budaya beserta contohnya.

1. Adat Istiadat

 unsur-unsur budaya

Semakin berkembangnya budaya ada istiadat masih dapat ditemukan dan bertahan demi perkembangan budaya. Pada kebiasaan yang unik dan baik berkembang pada masyarakat yang akan menjadi sutau kekuatan sosial.

Sebagai contohnya yaitu seperti bagaimana di Bali sebagai satu diantara destinasi wisata di dunia, dengan berbagai macam bentuk pada budayanya dan juga budaya asing ikut masuk memenuhi di Bali, tidak pula pernah menghilangkan kebiasaan-kebiasaan pada adat istiadat sejak dulu di Bali. Begitu juga sebaliknya adat istiadat menjadi sebuah kekuatan oleh pemeluknya.

2. Keluarga

unsur-unsur budaya

Keluarga sudah menjadi suatu unsur budaya penting sebab keluarga adalah persatuan terkecil dari masyarakat. Semuanya diawali di dalam sebuah keluarga. Unsur keluarga menjadi salah satu cerminan bagaimana sifat, perilaku, watak, dan karakter pada setiap individu di bentuk.

Seperti contohnya di dalam keadaan sebuah keluarga mempunyai sifat yang primodial dapat mempengaruhi sifat keturunannya. Sedangkan pada keluarga modern, dapat mempengaruhi pola asuh kepada anak, mempengaruhi cara pandang untuk meilhat dunia.

3. Sistem Religi atau Sistem Kepercayaan

unsur-unsur budaya

Pada unsur ini unsur yang begitu penting bagi para manusia, karena sesekali manusia memiliki suatu masalah di kehidupannya yang cukup sulit untuk bisa dihadapi sehingga bisa menjadi tidak masuk akal. Contoh di dalam unsur ini ialah pada Agama Islam melakukan ibadah di Masjid, Agama Kristen dan juga Katolik selalu melakukan ibadah di Gereja, Agama Hindu melakukan ibadah di Pura.

4. Sistem Kemasyarakatan

unsur-unsur budaya

Di dalam kehidupan bermasyarakat, sistem kekerabatan hidup menjadi suatu bentuk peraturan yang mau tak mau harus bisa diikuti karena telah memegang teguh nilai kemasyarakatan. Contoh di dalam unsur ini misalnya pada sistem kemasyarakatan yang berkeja di Indonesia, merupakan sistem yang patriarki dan masih terus berlanjut juga langgeng di tatanan paling inti yakni fungsi sebuah keluarga.

5. Sistem Pengetahuan

unsur-unsur budaya

Sistem pengetahuan mempunyai fungsi sebagai suatu bentuk pemenuhan pada rasa keingin tahuan seseorang terhadap suatu ilmu pengetahuan. Seseorang mampu memenuhi keperluan hidup lewat dengan sistem pengetahuan.

Contoh di dalam unsur ini ialah seperti pada keberadaan suatu Lembaga Pendidikan yang dimulai dari dari TK(Taman Kanak-Kanak), SD(Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas), bahkan sampai ke institusi Perguruan Tinggi yang menunjang berbagai kemampuan pola pikir dan juga nalar.

5. Kesenian

unsur-unsur budaya

Unsur budaya lainnya yang berada pada suatu hal-hal yang berkaitan dengan seni, Kesenian dapat diartikan menjadi sebuah ekspresi pada keindahan yang ikut berkembang seiring pada perkembangan jaman, di dalam sebuah karya seni sering tersirat sebuah pesan yang mungkin ingin disampaikan.

Contoh di dalam unsur ini ialah ada pada pemujaan Dewa, umumnya beriringan dengan lantunan musik yang sangat indah diikuti dengan sebuah tarian-tarian yang sakral. Pada musik dan juga tarian adalah salah satu contoh daripada unsur budaya kesenian.

6. Sistem Teknik dan Teknologi (Kemajuan Teknologi yang Mutakhir)

unsur-unsur budaya

Teknologi yang telah digambarkan pada unsur budaya adalah bagaimana suatu teknologi dapat berevolusi yang di mulai dari suatu teknologi tradisional hingga teknologi modern berkembang seiring pada perkembangan budaya di sepanjang jaman.

Contoh di dalam unsur ini misalnya saja pada sebuah Rumah yang di jadikan sebagai tempat untuk berlindung pada manusia yang terus mengalami revolusi dari jaman ke jaman karenanya pada sistem teknologi terus berkembang. Di mulai dari revolusi bahan-bahan untuk membentuk sebuah rumah sampai kepada tenaga kerja yang di lakukan oleh sebuah teknologi yang mutakhir pada masa kini.

7. Sistem Politik (Pengaruh Kekuasaan)

unsur-unsur budaya

Di dalam sistem politik telah menjadi suatu unsur budaya sudah berkembang sejak pada jaman dahulu. Di era Yunani, pada sistem politik sudah menjadi sebuah budaya yang mempunyai pengaruh yang sangat besar pada kehidupan.

Contoh di dalam unsur ini ialah ibarat buat yang sangat buruk adalah buta terhadap politik. Pada pengertian suatu budaya politik terdapat pada saat seseorang pertama kalinya dilahirkan ke dunia, politik telah terjadi di saat tangisan yang pertama kalinya pada seorang bayi. Terbentuk sebuah politik disana, Terbentuk sebuah pengaruh, dan juga terebtnuk sebuah sistem kuasa.

Selain itu, unsur-unsur budaya ada juga yang menurut para ahli. Berikut adalah unsur-unsur budaya menurut para ahli:

a. Melville J. Herkovits

Melville J. Herkovitas mengatakan budaya mempunyai 4 unsur utama yakni, unsur keluarga, sistem ekonomi, alat-alat teknologi dan kekuasaan politik.

b. Bronislaw Malinowski

Bronislaw Malinowski menyatakan bahwa budaya mempunyai 4 unsur utama, namun sedikit berbeda pada Melville J. Herkovits, yakni adanya sebuah sistem norma pada sosial yang mengaharuskan adanya kerja sama antar anggota pada masyarakat untuk dapat bisa menempatkan diri pada alam yang berada di sekitarnya, organisasi ekonomi, alat-alat dengan lembaga-lembaga ataupun personel untuk pendidikan (keluarga yang merupakan lembaga didikan paling utama), dan organisasi kekuatan yaitu politik.

c. Kluckohn

Kluckohn telah mengemukakan pendapat 7 unsur kebudayaan atau budaya yang bersifat secara universal, yakni sistem pengetahuan, sistem religi, sistem kesenian, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi peralatan, bahasa, dan juga sistem mata pencaharian.

Demikianlah, mengenai tentang pada 7 unsur-unsur Budaya berserta penjelasan dan juga contoh. Semoga artikel ini dapat menjadi pedoman ataupun referensi di dalam ilmu pengetahuan yang sedang Anda cari.

Leave a Reply

Send this to a friend