Jutaan Laptop Windows 7 Hingga 10 Buatan Dell, Miliki Resiko Peretasan Berbahaya

Jutaan Laptop Windows 7 Hingga 10 Buatan Dell, Miliki Resiko Peretasan Berbahaya

NESABAMEDIA.COMJutaan perangkat laptop dan desktop yang menggunakan Windows 10 dan Windows 7 buatan Dell, diketahui memiliki resiko dari kerentanan berbahaya yang sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Dell mengatakan bahwa pihaknya baru saja meluncurkan sebuah patch perbaikan yang bisa mengatasi kerentanan dengan tingkat resiko yang tinggi. Masalah ini diketahui berdampak pada jutaan perangkat Dell yang dirilis sejak tahun 2009 silam yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dan Windows 7.

Celah kerentanan itu berhasil ditemukan oleh pakar keamanan siber dari Sentinel Labs, yang kemudian menjelaskan penemuannya itu dalam sebuah postingan online di internet.

“Perangkat laptop, desktop, notebook dan tablet buatan Dell, semuanya terdampak oleh celah kerentanan yang ada pada driver. Ini bisa berujung pada pengambilalihan hak akses hingga serangan DDoS,” kata pakar keamanan Sentinel Labs itu.

Beruntungnya, hingga saat ini belum ada bukti bahwa celah kerentanan itu sedang dieksploitasi di luar sana. Pihak Dell juga mengatakan bahwa pelaku peretasan juga membutuhkan jaringan lokal yang terhubung ke perangkat untuk bisa mengakses atau mengelabui korbannya dengan sebuah serangan phising untuk mulai melakukan serangan.

Jika membahas mengenai tingkat resiko dari celah kerentanan itu, Sentinel Labs mengatakan bahwa ini adalah sebuah celah kerentanan dengan tingkat resiko sangat tinggi, yang sebenarnya telah ada di perangkat Dell sejak tahun 2009 silam, berdampak pada jutaan perangkat yang ada di seluruh dunia.

“Meskipun hingga detik ini kami belum menemukan adanya indikasi bahwa celah kerentanan ini dieksploitasi di luar sana, namun dengan jutaan perusahaan dan pengguna yang saat ini masih rentan akan serangan, tidak bisa dipungkiri juga bahwa pelaku peretasan akan memanfaatkan kesempatan ini. Alasan kami menerbitkan penemuan kami ini adalah tidak hanya untuk membantu para pengguna, tetapi juga komunitas untuk bisa memahami resiko dan segera mengambil tindakan,” tambah pihak Sentinel Labs. 

Jika anda adalah salah satu pengguna laptop Dell yang menggunakan Windows 10 atau Windows 7 dan khawatir akan terdampak oleh masalah ini, kabar baiknya adalah pembaruan untuk perbaikannya telah diluncurkan. Anda bisa mengunjungi situs resmi Dell dan mengunduh pembaruan tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend