Seberapa Jauh Peningkatan Kamera di Smartphone Buatan OnePlus

Seberapa Jauh Peningkatan Kamera di Smartphone Buatan OnePlus?

NESABAMEDIA.COMDalam tujuh tahun terakhir, industri smartphone telah mengalami evolusi yang menakjubkan. Keamanan menjadi lebih baik, baterai menjadi lebih efisien dan peningkatan layar seperti hadirnya refresh rate yang tinggi. Namun peningkatan-peningkatan tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan perubahan yang ada pada kamera. Dengan OnePlus 9 Pro yang dipasarkan secara besar-besaran dengan berfokus pada kebutuhan fotografinya, cukup tepat jika dibandingkan dengan pendahulunya OnePlus One 2014, untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan kamera dalam industri smartphone, khususnya di produk-produk OnePlus. 

OnePlus 9 Pro hadir dengan kamera 48MP menggunakan sensor Sony IMX789, di mana OnePlus One diluncurkan dengan kamera 13MP memakai sensor Sony IMX214, sensor yang sama yang ada di smartphone Google Nexus 6. Ada perbedaan sangat besar di atas kertas antara kedua smartphone itu, namun karena pixel binning, OnePlus 9 Pro mampu menghasilkan gambar 12MP di pengaturan defaultnya. Dengan piksel yang sama sebesar 1.12um (tanpa pixel binning). Namun 9 Pro memiliki lebih besar sensor yakni 1/1,43 inci dibandingkan yang lama yakni sensor 1/3,06 inci di OnePlus One. 

OnePlus 9 Pro juga hadir dengan teknologi yang lebih baik dan dilengkapi dengan deteksi omnidirectional phase AF, Laser AF, dan OIS. Sedangkan OnePlus One tidak memiliki teknologi semacam itu.

Hampir di semua gambar yang dihasilkan oleh OnePlus One, ada kekurangan umum dalam hal kontras dan detailnya. Smartphone ini cenderung membuat sebuah keseimbangan warna putih yang tidak akurat, menghasilkan gambar dengan kontras yang rendah dan lebih banyak warna hijau. Sementara OnePlus 9 Pro, menghasilkan gambar dengan tingkat akurasi warna yang mengagumkan, white balance dan kontras. 

Perbedaan besar lainnya adalah pada jumlah HDR di masing-masing gambar yang dihasilkan. OnePlus 9 Pro secara konsisten menghasilkan gambar dengan detail menawan dan juga jumlah HDR yang pas. Gambar menghasilkan keseimbangan sorotan cahaya dan bayangan, sembari mampu menampilkan kontras yang baik. 

Sedangkan OnePlus One menghasilkan gambar dengan sedikit atau tidak ada HDR sama sekali, bahkan meskipun itu ada beberapa dynamic range, OnePlus One cenderung untuk menonjolkan warna putih yang bertabrakan dengan warna hitam. Secara teori, ini harusnya membuat gambar dengan kontras yang tinggi, namun pemrosesan oleh perangkat lunak yang ada di OnePlus One masih berhasilkan menaikkan mid-tone gambar, membuat foto secara umum terlihat pudar. 

Dari sejumlah perbedaan itu, yang perlu digaris bawahi adalah bahwa sangat mengesankan untuk melihat seberapa jauh smartphone OnePlus telah berkembang, khususnya pada penggunaan teknologi kamera dan baik itu perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

Leave a Reply

Send this to a friend