Kebijakan Pembaruan Android Samsung Lebih Baik Dari Google

Kebijakan Pembaruan Android Samsung Lebih Baik Dari Google

NESABAMEDIA.COMSama menariknya dengan smartphone Galaxy S22 yang baru, janji pembaruan lima tahun yang diberikan Samsung juga tak kalah menariknya.

Dengan janji pembaruan sistem operasi selama empat tahun dan pembaruan keamanan selama lima tahun, jaminan Samsung adalah yang terbaik dalam bisnis Android dan ini mendekati tingkat dukungan jangka panjang yang ditawarkan Apple. 

Jika demikian, ini berarti Samsung Galaxy S22 akan mendapatkan dukungan langsung hingga Android 16 pada tahun 2025/2026 mendatang. Ini tidak hanya berlaku untuk Galaxy S22 yang baru saja, tetapi juga seluruh jajaran Galaxy S21, S21 FE, Z Fold 3, dan Z Flip 3, serta lini tablet Galaxy Tab S8 yang baru.

Tidak lupa juga bahwa Samsung telah menjanjikan pembaruan sistem operasi tiga tahun untuk sejumlah lini smartphone yang lebih murah. Sederhananya, Samsung sekarang benar-benar unggul dalam hal kebijakan pembaruan smartphone, dan ini patut diapresiasi.

Janji pembaruan dari Samsung itu, ternyata juga lebih baik dari janji Google mengenai pembaruan yang selama tiga tahun dan pembaruan keamanan lima tahun untuk Pixel 6. 

Tetap saja, baik Google dan Samsung melakukan hal yang lebih baik daripada mayoritas perusahaan lain di industri smartphone. Brand besar lain seperti OnePlus, Oppo, Vivo dan Xiaomi hanya menawarkan pembaruan OS selama tiga tahun. 

Jika anda memiliki smartphone kelas menengah, anda akan cukup beruntung akan mendapatkan dua peningkatan OS, sementara Google dan Samsung menawarkan dukungan yang lebih lama untuk model kelas anggaran mereka. Meskipun bagus bahwa keduanya berjuang untuk posisi teratas, jutaan pengguna Android lainnya tidak mendapatkan dukungan jangka panjang. 

Hal lain yang membuat frustasi mengenai situasi pembaruan Android adalah banyaknya laporan mengenai gangguan dari berbagai pihak mengenai kesulitan dalam melakukan peningkatan untuk membawa pembaruan ke perangkat Android.

Google dan mitranya melakukan banyak upaya dalam inisiatif seperti Project Treble 2017, Project Mainline 2019, dan bekerja sama dengan vendor chipset seperti Qualcomm sejak akhir tahun 2020. Namun Samsung membutuhkan waktu hingga 2022 untuk memaksimalkan pembaruan potensi yang sekarang baru tersedia ini.

Dalam titik ini, kesediaan pabrikan lebih menjadi penghalang dari masalah teknologi apapun. Dengan demikian, tidak ada alasan yang masuk akal untuk tidak menyamai tingkat dukungan jangka panjang yang diberikan Samsung. Ini tentu saja bukan dukungan chipset atau cara untuk memberikan pembaruan, karena hambatan semacam itu telah teratasi.

Misalnya, Google yang memutuskan untuk menggunakan chipset buatan sendiri, namun langkah itu tidak menghasilkan tingkat dukungan jangka panjang seperti Samsung. 

Sama pentingnya dengan pembaruan keamanan, pembaruan sistem operasi dan fiturlah yang membuat perangkat terasa selalu segar dan modern selama masa pemakaiannya. Ini sangat penting di zaman di mana inovasi teknologi melambat, harga produk yang tinggi dan konsumen yang berharap untuk mempertahankan smartphone mereka selama bertahun-tahun. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend