• Our Partners:

Banyak Fitur Baru di Windows 11 Build 22557

Banyak Fitur Baru di Windows 11 Build 22557

NESABAMEDIA.COMWindows 11 Build 22557 kini telah tersedia dengan banyak sekali fitur baru, termasuk folder aplikasi di Start Menu, drag and drop untuk Taskbar dan banyak lagi lainnya.

Pembaruan pratinjau itu juga membawa dukungan untuk pratinjau folder di File Explorer dan menambahkan banyak fitur baru, peningkatan di atas Build 22000.

Pembaruan itu bernama Windows 11 Insider Preview 22558 (NI_RELEASE) dan ini telah dirilis dari cabang rilisan Nickel, sebuah cabang pengembangan aktif yang tidak terkait dengan versi apapun dari sistem operasi. Perubahan yang ada di pembaruan pratinjau itu mungkin akan dikirimkan ke Windows 11 versi 22H2, namun ada kemungkinan juga tidak akan dikirimkan sama sekali. 

Tidak seperti pembaruan sebelumnya, Windows 11 Build 22557 pada dasarnya adalah pembaruan pratinjau besar pertama untuk Windows 11. Ini hadir dengan banyak sekali fitur, seperti drag and drop untuk Taskbar, sebuah fitur privasi baru untuk menyorot jendela aplikasi yang dibagikan di meeting Teams, sebuah pengalaman baru untuk Focus Assist dan banyak lagi.

Drag and Drop ke Taskbar

Keputusan Microsoft untuk menghapus fitur drag and drop dari Taskbar Windows 11 merupakan keputusan yang kontroversial dan ini telah mendapatkan banyak sekali kritikan dari komunitas pengguna.

Seperti yang disebutkan di atas, fitur ini pun akhirnya dikembalikan, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membagikan media mereka antar aplikasi dengan drag and drop ke Taskbar. 

Microsoft mengatakan bahwa fitur ini sangat berguna ketika anda butuh dengan cepat untuk melampirkan file ke klien email seperti Outlook, misalnya. Selain itu, anda bisa melakukan drag and drop aplikasi ke Taskbar untuk menyematkan aplikasi tanpa harus secara manual mengetuk ikon aplikasi. Anda juga bisa secara langsung menyematkan aplikasi ke Taskbar dengan menyeret ikon dari Start Menu dan menaruhnya ke Taskbar.

Selain peningkatan utama ke Taskbar, Start Menu Windows 11 juga mendapatkan dukungan untuk menambahkan folder, mirip dengan yang ada di Windows 10 atau smartphone. Dengan folder, anda bisa dengan mudah mengatur dan mengelola Start Menu yang kacau dan ini juga akan memberikan anda keuntungan atas lebih banyak ikon aplikasi di sana. 

Untuk membuat folder, tinggal memilih dan kemudian menyeret aplikasi ke aplikasi lainnya di Start Menu. Menyusun ulang aplikasi di Start Menu juga jadi lebih cepat jika anda memiliki banyak hal di folder aplikasi. Folder itu juga bisa diberi nama dan pengguna juga bisa mengganti namanya nanti. 

Focus Assist

Windows 11 Build 22557 juga hadir dengan fitur Focus Assist yang akan membantu anda lebih mudah dalam mematikan notifikasi agar tetap fokus dengan pekerjaan. Focus Assist ini cukup berguna jika anda bisa menggunakannya dengan pas, dan ini mendapatkan pembaruan besar sebagai bagian dari Windows 11 versi 22H2 atau Sun Valley 2. 

Focus Assist kini akan bernama Focus, dan memungkinkan pengguna untuk meminimalkan gangguan di perangkat. Focus hadir dengan fitur seperti Do Not Disturb dan Focus Sessions di aplikasi seperti Clock, yang berisi pengatur waktu fokus dan pemutar musik yang santai dan membantu anda untuk fokus dari Spotify. 

Seperti namanya, fitur Do Not Disturb akan semakin memudahkan anda untuk mengurangi notifikasi di Windows. Untuk menggunakannya, bukan halaman Settings → System → Notifications dan atur dari sana. Ini mirip dengan Focus Assist dan bisa dinyalakan otomatis ketika jam bekerja anda. 

Live Captions

Kemudian untuk pengguna dengan disabilitas, Microsoft akhirnya menambahkan dukungan untuk Live Captions, yang akan membantu pengguna untuk memahami lebih baik audio. Seperti namanya, fitur ini akan menampilkan caption dari konten apapun dalam bentuk suara. 

Caption akan dimunculkan di bagian atas atau bawah layar, atau bisa diatur untuk muncul sebagai jendela mengambang juga. Pengguna juga bisa mengatur ukuran jendela caption atau mengkustomisasi gaya caption yang dimunculkan. 

File Explorer

Build 22557 menambahkan sebuah opsi baru bernama Pin to Quick Access untuk file. File yang disematkan akan muncul pada bagian baru di Quick Access, mirip dengan apa yang terjadi pada folder yang disematkan saat ini. 

Jika anda menggunakan akun Microsoft atau akun kerja dengan Windows 11, kini anda bisa menjelajahi file yang disematkan dan file yang baru dibuka dari Office.com di Quick Access. Anda bahkan juga bisa menyunting, memberi komentar dan kegiatan lainnya di OneDrive, SharePoint, dan Teams dari tab detail Windows. 

Fitur Snap Aplikasi Langsung

Fitur Snap Aplikasi Langsung

Snap Layouts

Kini ada cara baru untuk menggunakan Snap Layouts yakni dengan menyeret jendela aplikasi ke bagian atas layar. Ketika anda menahan dan menyeret jendela ke bagian atas layar, sebuah zona baru akan muncul dan anda bisa menyeret jendela itu ke zona untuk dimasukkan ke snap layout. 

Selain itu, Microsoft juga memberikan peningkatan pada animasi untuk menganimasikan pengalaman snapping dengan lebih memuluskan prosesnya. 

Task Manager

Alat Windows yang paling berguna, yakni Task Manager akhirnya mendapatkan perombakan Fluent Design yang banyak ditunggu pengguna. Task Manager yang telah diperbarui itu menampilkan efek Mica, Fluent Design, tombol WinUI, sudut membulat dan sebuah tata letak untuk proses yang baru, serta mode gelap. 

Di saat yang sama, Task Manager juga mendapatkan mode efisien untuk mengurangi penggunaan daya dari proses yang dipilih, sesuatu yang dijanjikan Microsoft untuk Windows 10 pada tahun lalu.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend