Inilah Kelebihan dan Kekurangan Google Form yang Perlu Diketahui

Pastinya di dalam dunia pendidikan kita sering membuat kuis maupun membagikan kuisioner yang berguna untuk mengumpulkan informasi-informasi. Dimana pilihan-pilihan yang dipilih oleh responden tersebut kita akan mendapatkan informasi, dan informasi-informasi tersebut dapat kita olah sebagaimana kita ingin mengolahnya.

Semakin bertambahnya waktu dari tahun ke tahun, membuat kuisioner dan membuat kuis untuk tujuan pendidikan maupun yang lainnya sangatlah mudah. Karena di era modern dan digital seperti sekarang ini sudah ada layanan yang bernama Google Form.

Google Form ini dapat Anda akses secara gratis. Untuk menggunakannya, Anda juga harus mengetahui apa kelebihan maupun kekurangan dari Google Form tersebut. Artikel di bawah ini akan membahas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan dari Google Form.

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Google Form, Anda harus mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Google Form. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengetahui mengapa Anda harus memilih Google Form tersebut.

Hal pertama yang harus Anda ketahui dari Google Form yaitu, Google Form juga sering disebut dengan google formulir. Google Form ini sangat berguna untuk dapat membantu Anda dalam mengirim survey, merencanakan sebuah acara, memberikan pelajar beberapa kuis, maupun untuk mengumpulkan informasi-informasi dengan cara yang mudah maupun efisien.

Form tersebut juga bisa dihubungkan ke spreadsheet. Apabila spreadsheet tersebut berhubungan dengan bentuk, maka tanggapan secara otomatis akan dikirimkan kepada spreadsheet. Apabila tidak, maka pengguna bisa melihat tanggapan yang telah terkumpul di dalam halaman Ringkasan Tanggapan. Halaman tersebut juga bisa diakses melalui menu Tanggapan.

Salah satu dari alasan beberapa pengguna yang tidak disadari yaitu bahwasanya Google Form merupakan satu kesatuan dari aplikasi Google Drive, dengan kata lain Google Form merupakan sebagian fitur dari aplikasi Google Drive. Maka dari itu, apabila Anda ingin menggunakan Google Form, Anda harus login terlebih dahulu ke akun Gmail maupun Google Apps Anda.

Dengan menggunakan Spreadsheets dapat untuk menunjukkan bagaimana Anda bisa menggunakan perangkat lunak tersebut, dan berguna untuk mengajukan beberapa pertanyaan, yang mana didalamnya dapat berupa respon maupun jawaban dari teks sederhana maupun respon teks secara lebih lanjut.

Dan menggunakan Google Form ini, Anda bisa meminta pertanyaan berupa pilihan berganda, daftar sejumlah pertanyaan, pertanyaan skala, dan juga masih banyak lagi. Dan apabila Anda ingin membagian formulir Anda tersebut dengan orang lain, Anda bisa mengatur formulir Anda tersebut untuk bisa tampil dengan tema yang mana dapat mengesankan dengan akses yang sangat mudah.

Dari banyaknya pemanfaatan didalam Google Form, kita juga harus mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari Google Form tersebut. Dengan begitu, dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari Google Form :

Kelebihan Google Form

Kelebihan Google Form

Sesuai dengan manfaatnya, Google Form juga memiliki beberapa kelebihan, seperti dibawah ini :

  1. Sangat mudah digunakan. Google Form sangat mudah untuk digunakan, termasuk dalam pembuatan maupun pemakaiannya. Dengan kemudahannya tersebut, Google Form ini sangat cocok untuk digunakan untuk seorang pemula.
  2. Gratis. Anda dapat menikmati layanan Google Form secara gratis. Dengan kelebihan ini, Anda tidak perlu membuang uang untuk membeli aplikasi maupun layanan seperti pembuatan formulir. Karena Google Form tersedia secara gratis, atau bebas biaya.
  3. Programnya cukup ringan. Tidak seperti program lainnya, Google Form termasuk memiliki program yang ringan. Sehingga Anda dapat menggunakannya tanpaadanya kendala.
  4. Bisa dibagikan. Kelebihan Google Form yang dapat kita gunakan yaitu dapat dibagikan ke berbagai plaform. Kelebihan ini sangat bermanfaat karena dengan membagikannya , kita dapat membuat semua orang bisa mengisi kuis maupun kuisioner yang telah kita buat untuk mengumpulkan informasi.
  5. Memiliki fitur SpreadSheets. Salah satu kelebihan Google Form yang sangat penting yaitu, Google Form memiliki fitur Spreadsheets. Anda dapat melihat tanggapan survei yang telah dikumpulkan pada formulir secara rapi dan juga otomatis. Dan juga Anda dapat melihat info dari tanggapan waktu dan juga grafiknya dengan fitur Spreadsheets ini.

Kekurangan Google Form

Kekurangan Google Form

Jika sebelumnya telah dijelaskan apa saja kelebihan dari Google Form, maka Anda juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari Google Form. Dengan banyaknya manfaat serta kelebihan dari Google Form, tidak menutupi kemungkinan bahwa Google Form tidak memiliki kekurangan.

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari Google Form yang dapat Anda lihat seperti dibawah ini :

  1. Tidak bisa digunakan pada forum diskusi online. Salah satu kekurangan dari Google Form yang sangat disayangkan yaitu tidak bisanya Google Form digunakan pada forum diskusi online. Jika apabila Google bisa digunakan pada forum diskusi online akan membuat fungsi Google Form lebih baik lagi.
  2. Tidak bisa menggunakan equation dengan secara langsung. Kekurangan kedua dari Google Form yaitu tidak bisa menggunakan equation. Dimana dari soal matematika maupun jawabannya sangat memerlukan adanya equation atau simbol matematik. Sayangnya, fitur ini tidak dimiliki oleh Google Form.

Demikianlah artikel mengenai kelebihan dan kekurangan dari Google Form. Layanan Google Form memiliki banyak sekali manfaat untuk kita apabila kita ingin membuat suatu formulir. Dan setelah membuat formulir, Anda dapat membagikannya ke berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Line, WhatsApp dan platform lainnya.

Maka dari itu manfaatkan layanan Google Form ini dengan sebaik mungkin. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada Anda, dan menambah wawasan Anda mengenai Google Form. Serta semoga artikel ini dapat membantu Anda mencari informasi mengenai Google Form.

Leave a Reply

Send this to a friend