7 Cara Mengatasi Laptop Baru Tapi Lemot yang Terbukti Ampuh

Laptop lemot pasti sangat membuat kita jengkel bukan. Apalagi laptop yang baru kita beli tapi sudah lemot. Pasti sangat mengesalkan. Terlebih lagi jika kita sedang mengerjakan tugas, tapi laptop yang kita gunakan lemot. Hal tersebut pasti akan membuat pekerjaan kita semakin lama.

Selain membuat pekerjaan kita menjadi lama, laptop lemot pasti mengganggu aktivitas kita lainnya seperti gaming ataupun browsing. Penyebab laptop lemot sebenarnya sangat banyak. Tapi karena setiap masalah memiliki solusi, begitu juga dengan laptop lemot, pasti mempunyai solusi untuk mengembalikan performa kinerja laptop kita.

Cara Mengatasi Laptop Baru Tapi Lemot

Sebelum Anda memperbaiki atau mengatasi laptop baru Anda yang lemot, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari laptop lemot Anda. Dengan Anda mengetahui penyebabnya, tentu Anda dapat mengambil langkah pertama perbaikan. Siapa tau Anda dapat memperbaikinya sendiri. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi laptop baru tapi lemot.

1. Banyak Program yang Berjalan di Startup

Penyebab pertama yang membuat laptop baru Anda lemot adalah terlalu banyaknya program atau aplikasi yang berjalan di Startup. Maka dari itu, Anda harus menonaktifkan aplikasi yang berjalan di startup, sehingga akan mempercepat performa sistem dan meningkatkan respon secara keseluruhan. Berikut langkah – langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Pertama, silahkan Anda tekan Ctrl + Shift + Esc pada keyboard Anda.

2. Kemudian akan muncul Task Manager. Silahkan Anda klik More Details yang ada pada bagian bawah. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mengatasi laptop baru tapi lemot

3. Kemudian, pada menu bagian atas silahkan Anda klik Startup. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik startup

4. Kemudian, silahkan Anda pilih program atau aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan atau tidak penting. Lalu, silahkan Anda klik Disable yang berada di pojok kanan bawah Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

tips mengatasi laptop baru tapi lemot

5. Selesai.

2. Sistem Operasi Tidak Kompatibel

Penyebab selanjutnya dari laptop baru yang lemot adalah sistem operasi yang tidak kompatibel. Pemakaian laptop yang sudah cukup lama tidak hanya mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga software. Salah satu yang paling sering terpengaruh adalah sistem operasi (OS), terutama Windows, yang mana sistem operasi ini yang paling banyak digunaka.

Jika Windows sudah error, maka kinerja laptop sudah menjadi tidak optimal lagi atau sering crash. Jika sudah terlalu parah, lebih baik Anda mereset atau menginstall ulang sistem operasi laptop Anda. Tapi, jika Anda tertatik, Anda juga bisa mengganti Windows ke sistem operasi lainnya yang lebih ringan, seperti Linux.

3. Akibat Disk Usage 100%

Penyebab selanjutnya yang membuat laptop baru Anda lemot adalah terlalu banyaknya penggunaan pada disk Anda. Banyaknya file atau data pada laptop Anda juga mempunyai andil dalam lambatnya laptop Anda. Ada seorang ahli yang mengatakan bahwa harddisk yang penuh sampai 95% akan memperlambat komputer hingga 50%, apalagi jika disk Anda sudah penuh 100%.

Maka dari itu, Anda harus tetap menstabilkan jumlah data yang Anda simpan di laptop. Jika sudah terlihat penuh, silahkan Anda hapus atau Anda pindahkan data Anda ke hardisk external. Hardisk yang terindikasi penuh akan terlihat merah, seperti pada gambar dibawah ini.

disk penuh

4. Kapasitas RAM Kecil

Penyebab lainnya yang membuat laptop baru Anda lemot adalah kapasitas RAM yang kecil dan tidak sepadan dengan aktivitas yang Anda lakukan di laptop Anda. Besarnya RAM yang Anda miliki juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam cepat lambatnya laptop Anda.

Ada baiknya ketika Anda membeli laptop baru, Anda harus menyesuaikan dengan aktivitas yang akan Anda lakukan dengan laptop Anda tersebut. Jika Anda ingin menggunakan laptop untuk design atau editing video lebih baik RAM yang Anda gunakan 4GB keatas. Untuk mengecek kapasitas RAM laptop Anda, silahkan ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda klik kanan pada This PC dan klik Properties. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik properties

2. Kemudian, Anda dapat melihat kapasitas RAM pada laptop Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mengatasi laptop baru tapi lemot dengan ampuh

Jika kapasitas RAM Anda masih kurang, Anda bisa menambahkannya atau menggantinya dengan yang baru.

5. Terdapat Malware pada Laptop

Penyebab lainnya yang bisa membuat laptop baru Anda lemot adalah adanya malware atau virus pada laptop Anda. Sebaiknya Anda perlu menginstall Antivirus di laptop Anda, untuk mencegah adanya malware atau virus yang akan menyerang laptop Anda.

Banyak sekali aplikasi Antivirus yang tersedia yang bisa Anda gunakan, seperti Avira, Avast, Smadav, dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan scan pada laptop Anda secara berkala untuk memastikan tidak adanya malware atau virus yang hinggap di laptop baru Anda.

6. Membuka Banyak Program Sekali Waktu (Multitasking)

Penyebab lainnya yang dapat membuat laptop baru Anda lemot adalah banyaknya program yang Anda buka dalam sekali waktu atau istilahnya Multitasking. Walaupun Anda menggunakan laptop untuk tujuan tersebut, tapi perlu Anda ingat laptop juga mempunyai keterbatasan RAM. Jangan sering – sering membuka banyak program dalam sekali waktu.

Untuk melihat berapa banyak program yang berjalan, Anda bisa mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda klik ikon Task View yang ada di taskkbar. Seperti pada gambar dibawah ini.

ikon taskview

2. Kemudian, Anda bisa melihat berapa banyak aplikasi atau program yang sedang Anda buka. Seperti pada gambar dibawah ini.

multitasking

3. Untuk menutup aplikasi yang tidak terpakai, silahkan Anda klik ikon Silang pada aplikasi tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara mengatasi laptop baru tapi lemot untuk pemula

4. Selesai.

7. Hardware Bermasalah

Penyebab terakhir dari laptop baru yang lemot adalah adanya masalah pada hardware laptop. Masalah hardware bisa bermacam – macam, misalnya seperti prosesor laptop yang panas, kipas laptop rusak, VGA atau hardware lainnya.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagian hardware mana yang rusak. Jika Anda sudah mengetahuinya segera Anda perbaiki ke orang yang lebih ahli atau orang yang sudah terbiasa dengan service laptop, jangan asal Anda perbaiki sendiri. Karena bisa saja kerusakan merambat ke hardware lainnya, jika Anda tidak terlalu ahli dalam memperbaiki hardware.

Sekian tutorial kali ini mengenai cara – cara mengatasi laptop baru tapi lemot. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih ­čÖé

Leave a Reply

Send this to a friend