Ketahui Karakteristik Perangkat Lunak Secara Lengkap, Yuk Disimak!

Software atau Perangkat Lunak ialah suatu pemrograman yang menurut banyak orang sulit untuk dipahami atau dipelajari, tidak terlalu penting/tidak berarti, dan sebagian orang mengangap sepele. Namun sebenarnya perangkat lunak cukup menarik untuk di bahas. Mengapa demikian? karena walaupun tidak terlihat, fungsinya sangat banyak dan sangat fungsional apalagi untuk dunia bisnis.

Selain itu perangkat lunak juga merupakan suatu bagian yang sangat penting yang terdapat dalam sebuah komputer. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih jelas mengenai perangkat lunak. Ketahuilah terlebih dahulu mengenai karakteristik perangkat lunak itu sendiri agar kamu bisa mengetahui perangkat lunak dalam sistem komputermu. Ayo simak ulasan dibawah ini !

Karakteristik Perangkat Lunak

Setiap orang pasti memiliki penilaian yang berbeda mengenai perangkat lunak. Hal itu berkaitan dengan bagaimana cara seseorang terlibat atau mengenal perangkat lunak. Contohnya ialah, bagaimana keinginan si pengguna mengenai kebutuhannya dalam perangkat lunak tersebut. Atau seorang developer (pengembang) yang terlibat dengan pengkodean, pemeliharaan, perancangan, dan mengevaluasi  suatu perangkat lunak yaitu dengan cara melihat bagaimana karakteristik dari perangkat lunak itu sebelum di kirim ke orang lain/pengguna lain.

Sebuah sistem dari komputer mempunyai beberapa lapisan, dimana suatu perangkat lunak terletak pada lapisan kedua dan lapisan ketiga. Pada lapisan keduanya terdapat compiler, Sistem Operasi, editor serta intepreter. Pada lapisan ketiga terdapat suatu Perangkat Lunak Aplikasi.

Fungsi dari suatu Perangkat Lunak Sistem ialah untuk mengatur operasi sistem. Dimana pada perangkat lunak tersebut terdapat yang namanya suatu “Sistem Operasi” yang dapat menghubungkan suatu perangkat keras dengan pengguna komputer. Fungsinya ialah agar si pengguna tidak sulit atau tidak repot dalam pemrograman dari komputer itu sendiri. Karakteristik dari perangkat lunak dapat digolongkan kedalam beberapa kelompok yaitu:

a. Berdasarkan Fungsinya

Karakteristik perangkat lunak

Karakteristik dari perangkat lunak berdasarkan fungsinya ialah:

  1. Functionality, artinya mengacu terhadap tingkat kinerja dari perangkat lunak tersebut pada tujuan yang telah ditetapkan.
  2. Reliability, yaitu berhubungan dengan kemampuan dari perangkat lunak dalam menyediakan fungsionalitas seperti yang diinginkan, atau dalam kondisi tertentu.
  3. Usability, yaitu kemampuan dari perangkat lunak sampai sejauh mana bisa untuk digunakan dengan baik dan mudah.
  4. Efficiency, yaitu bagaimana kemampuan dari perangkat lunak dalam menggunakan/mengaplikasikan  sumber daya sistem dengan cara yang efisien serta cara yang efektif untuk dipakai.
  5. Maintainability, yaitu bagaimana kemampuan dari perangkat lunak tersebut dalam “kemudahan untuk modifikasi” misalnya untuk memperbaiki kinerja, memperbaiki kesalahan dan memperluas fungsi sari perangkat lunak.
  6. Portability, yaitu mengacu terhadap kemudahan dari software developer (pengembangan dari perangkat lunak). Artinya manakah software developer yang bisa mentransfer suatu perangkat lunak. Caranya yaitu ditransfer melalui satu platform ke platform yang lain, sehingga tidak terjadi perubahan (jika terjadi juga hanya minimum). Sederhananya, yaitu kemampuan dari perangkat lunak agar bisa berfungsi dengan baik tanpa ada perubahan di dalamnya baik pada platform hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)
  7. Robustness, yaitu jika perangkat memiliki data yang tidak valid, sejauh manakah kemapuan dari perangkat lunak tersebut.
  8. Integrity, yaitu berhubungan dengan kemampuan dari perangkat lunak dalam hal akses data yang tidak sah dan juga data yang bisa dicegah.

b. Berdasarkan Perbedaannya dengan Hardware

Karakteristik Perangkat Lunak dengan Hardware

Karakteristik dari perangkat lunak ditinjau dari perbedaannya dengan perangkat keras, ialah sebagai berikut:

  1. Perangkat lunak memiliki keunikan yaitu tidak diproduksi secara masal, namun tetap dikembangkan. Berbeda dengan perangkat keras. Dimana perangkat lunak yang dibuat hanya satu, bukan diproduksi dalam jumlah yang banyak seperti perangkat keras.
  2. Perangkat lunak tidak mengenal “kata usang”. Perangkat keras bertolak belakang dengan perangkat lunak dalam hal ini karena perangkat keras lebih mudah usang jika digunakan dalam periode yang lama. Misalnya jika membeli sebuag Gadge yang memiliki Processor Snapdragon 835, ROM 64 GB, RAM 16 GB Kamera 32 MB, semakin lama gadge tersebut akan usang, tandanya yaitu performansinya akan menurun, serta harganya juga semakin lama akan turun/murah.
  3. Beberapa dari perangkat lunak ada yang dikembangkan dengan cara “pesanan (custom)”, sedangkan pengembangan dengan “Component-Based Assembly” digunakan dalam perangkat keras.

C. Berdasarkan Sifat

Karakteristik Perangkat Lunak Berdasarkan Sifat

Karakteristik dari perangkat lunak berdasarkan sifatnya ialah:

  1. software engineering merupakan cara yang digunakan dalam membuat perangkat lunak, bukan diproduksi dengan cara pabrikan atau manufaktur. Sehingga bisa dikatakan suatu produksi yang cukup unik karena tidak memiliki seri produksi.
  2. Jika perangkat lunak mempunyai kekurangan/cacat, maka dapat diperbaiki, dikembangkan dan diperbaharui secara kontinyu sehingga tidak pernah usang atau wear out. Jika pengguna dari sistem perangkat lunak menginginkan sistem sesuai keinginannya maka perangkat lunak bisa di bentuk sesui keinginanya.
  3. Perangkat lunak biasanya akan diperbaiki sesuai kebutuhan dari penggunanya. Sedangkan barang dari pabrik bersifat final dan permanen saat di produksi.
  4. Bersifat invisible (tidak terlihat).
  5. Fleksible, yaitu jika ada yang kekurangan dapat dikembangkan/dimodifikasi.
  6. Secara umum dapat dihubungkan ke sisitem komputer.

d. Berdasarkan Buku Ian Sommerville

Berdasarkan Buku Ian Sommerville

Software Engineering merupakan buku karangan dari “Ian Sommerville” mengenai perangkat lunak, dimana di dalamnya terdapat karakteristik mengenai perangkat lunak, yaitu:
  1. Maintanability, yaitu dapat dirawat. Dimana perangkat lunak harus bisa memenuhi perubahan dari kebutuhan user.
  2. Dependability, yaitu perangkat lunak harus bersifat dapat dipercya.
  3. Efisiensi, yaitu dalam hal penggunaan resource (penyimpanan) harus efisien.
  4. Usability, yaitu penggunaan dari perangkat lunak harus bisa sesuai dengan yang telah direncanakan/yang dibuat.

Demikianlah isi dari ulasan mengenai karakteristik perangkat lunak, semoga dengan ulsan diatas dapat dengan mudah dipahami mengenai perangkat lunak karena sesungguhnya perangkat lunak memiliki fungsi yang banyak bagi penggunanya jika dikenali dengan baik.

Leave a Reply

Send this to a friend