10 Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya, Lengkap Disertai Contohnya!

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa perangkat komputer terdiri dari dua bagian, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Pada kesempatan ini saya akan berbagai informasi mengenai apa saja macam-macam perangkat lunak yang berkembang sampai saat ini.

Pastinya, Anda sudah tidak asing dengan program Microsoft Word, Chrome, Mozilla, Excel, Photoshop dan lain sebagainya. Program-program itu termasuk dalam kategori perangkat lunak komputer.

Namun sebelumnya, apa pengertian dari perangkat lunak? Perangkat lunak atau software merupakan bagian dari komputer yang mengacu pada bentuk digital. Komponen ini tidak terlihat secara fisiknya, namun dapat dioperasikan oleh penggunanya dengan menjalankan perintah apapun dari pengguna. Tanpa adanya software, komputer hanylah sebuah mesin yang terbengkalai karena tidak dapat melakukan tugas apapun.

Perangkat Lunak Komputer

Secara umum, fungsi dari perangkat lunak adalah menjembatani antara pengguna komputer dengan perangkat keras (hardware). Perangkat lunak ini berisikan kode-kode program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman.

Kode-kode itu merupakan kumpulan perintah atau instruksi untuk menjalankan tugas tertentu sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk menambah pemahaman Anad, dibawah ini merupakan macam-macam perangkat lunak beserta penjelasannya.

1. Perangkat Lunak Sistem OperasiPerangkat Lunak Komputer sistem operasi

Perangkat lunak sistem operasi atau operating system (OS) merupakan piranti dasar yang ada didalam suatu komputer sebelum adanya perangkat lunak yang lain. Peran dari perangkat ini adalah untuk mengendalikan, mengontrol atau memberikan koneksi antar perangkat keras komputer untuk dapat bekerja sama.

Ada beberapa contoh perangkat lunak yang termasuk kategori sistem operasi, diantaranya Windows, Linux, Mac, Android dan masih banyak lagi. Setiap sistem operasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Seperti Windows yang menjadi sistem operasi primadona dikalangan masyarakat. Hal itu dikarenakan desainnya yang user friendly dan mudah digunakan di berbagai perangkat komputer yang beredar di pasaran.

2. Perangkat Lunak Pengolah Kataperangkat lunak pengolah kata

Perangkat lunak pengolah kata atau disebut word processing merupakan perangkat lunak yang berhubungan dengan pembuatan dokumen, penyuntingan ataupun penyusunan dokumen. Hasil yang diperoleh dari perangkat ini berupa dokumen seperti surat lamaran kerja, proposal, naskah pidato dan sebagainya. Walaupun dikatakan sebagai pengolah kata, perangkat ini juga dapat menyajikan data dalam bentuk grafik, gambar, tabel dan lainnya.

Sejarah dikembangkannya perangkat pengolah kata ini didasari atas keresahan pengguna yang masih menggunakan mesin ketika manual untuk membuat suatu dokumen. Perkembangannya dimulai ketika dibuatnya perangkat pengolah kata berbasis grafik yang dikenal dengan bravos.

Saat ini, sudah banyak bermunculan jenis perangkat pengolah kata seperti Microsoft Word, Open Office Writer, LibreOffice, Lotus World, WordPerfect dan lainnya. Berbagai perangkat ini banyak digunakan dalam bidang kehidupan manusia, seperti bidang ekonomi, pendidikan, keuangan, sosial dan lainnya.

3. Perangkat Lunak Pengolah Angkaperangkat lunak pengolah angka

Sesuai dengan namanya, perangkat lunak pengolah angka berkaitan dengan pemrosesan data dalam bentuk angka. Beberapa proses yang bisa dilakukan perangkat ini seperti membuat tabel, melakukan pengolahan data dalam bentuk grafik, melakukan perhitungan dan menyimpan data bentuk angka tersebut. Contoh perangkat lunak pengolah angka antara lain Microsoft Excel, KSpread, Open Office Calc, Star Office dan lainnya.

4. Perangkat Lunak Pengolah DataPerangkat Lunak Komputer pengolah data

Perangkat lunak pengolah data merupakan jenis perangkat lunak yang berhubungan dengan pengelolaan data dalam jumlah yang cukup besar (database). Dengan menggunakan perangkat ini, kita dapat membuat data, menyunting, menyeleksi data dengan kriteria tertentu serta membuat laporan. Beberapa contoh perangkat lunak pengolah data seperti Microsoft Access, Foxbase, SPSS, MySQL, dBase dan lainnya.

5. Perangkat Lunak Presentasiperangkat lunak presentasi

Perangkat lunak presentasi merupakan perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan file yang biasa digunakan ketika melakukan presentasi. Fungsi perangkat ini adalah membantu Anda dalam menyampaikan ide atau gagasan menggunakan tampilan yang menarik dan interaktif.

Dengan menggunakan program presentasi in, kita dapat memasukkan objek seperti gambar, video dan suara. Ada beberapa contoh perangkat lunak presentasi antara lain : Microsoft PowerPoint, Open Office Impress, KPresenter, iWork KeyNote, Macromedia Authorware dan lain-lain.

6. Perangkat Lunak Pengolah Gambarperangkat lunak pengolah gambar

Perangkat lunak pengolah gambar merupakan perangkat lunak yang berhubungan dengan desain grafis. Perangkat ini digunakan untuk membuat, mengolah dan melakukan penyuntingan pada gambar.

Biasanya, program ini digunakan dalam bidang pemasaran dan perikalanan. Beberapa contoh perangkat yang termasuk dalam pengolah gambar adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Freehand dan masih banyak lagi.

7. Perangkat Lunak Browserperangkat lunak browser

Perangkat lunak browser merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu kita menjelajahi atau mengakses informasi melalui web. Selain itu, perangkat ini menyediakan layanan search engine yang memudahkan oengguna dalam melakukan pencarian data dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian yang disediakan.

Terdapat beberapa contoh browser yang sering digunakan para pengguna internet antara lain : Mozilla, Chrome, Safari, Internet Explorer dan Opera.

8. Perangkat Lunak Desain Grafisperangkat lunak desain grafis

Dari namanya saja, kita sudah mengetahui bahwa perangkat ini digunakan dalam bidang desain grafis. Fungsi dari perangkat desain grafis ini adalah sebagai bentuk komunikasi visual dalam menyampaikan informasi secara interaktif. Contoh perangkat lunak desain grafis seperti Photo Scape, Adobe Indesign, Adobe Frame Maker, Picture Manager dan sebagainya.

9. Perangkat Lunak Jaringan KomputerPerangkat Lunak Komputer jaringan komputer

Perangkat lunak jaringan komputer merupakan jenis perangkat yang dirancang untuk membantu perangkat keras komputer dalam menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, perangkat ini dikembangkan untuk mengelola, mengawasi dan melakukan pemeliharaan jaringan komputer. Tujuannya adalah agar komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya.

Terdapat beberapa contoh perangkat lunak jaringan komputer seperti Microsoft Network Monitor, Angry IP Scanner, OpenNMS, Wireshark dan lainnya.

10. Perangkat Lunak Chattingperangkat lunak chatting

Perangkat lunak chatting merupakan jenis perangkat yang digunakan untuk mendukung aktivitas komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Setiap pengguna dapat saling bertukar pesan dengan pengguna yang diinginkannya tanpa terhalang jarak dan waktu. Ada beberpa contoh perangkat lunak yang bisa digunakan untuk melakukan chatting seperti Yahoo Messenger, Facebook, LINE, WhatsApp dan lainnya.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa saja yang termasuk kedalam perangkat lunak komputer beserta contohnya. Semoga penjelasan diatas mudah dipahami dan bisa menambah wawasan. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Send this to a friend