Kembali, Bocoran Desain Microsoft Ungkap Lebih Banyak Aplikasi Dengan Ujung Membulat

Kembali, Bocoran Desain Microsoft Ungkap Lebih Banyak Aplikasi Dengan Ujung Membulat

NESABAMEDIA.COMDengan pembaruan Windows 10 Sun Valley, Microsoft akan melakukan cukup banyak perubahan ke desain dasar sistem operasi tersebut. Perubahan yang paling mencolok, yang berpengaruh ke aplikasi yang ada adalah bahwa container untuk aplikasi Win32 dan UWP akan menggunakan desain ujung membulat (rounded corners), seperti halnya yang akan ada di aplikasi berbasis WinUI lainnya. 

Desain ujung membulat merupakan bagian paling umum dari sistem operasi untuk perangkat mobile, namun desain itu bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan di Windows 10. Setelah dirilisnya Windows 10, semua aplikasi, tools dan halaman lainnya akan selalu menggunakan desain berbentuk kotak atau persegi. 

Versi sebelumnya dari Windows, seperti Windows 7 dan Vista menggunakan desain ujung membulat, namun pendekatannya berubah ketika Microsoft beralih ke tema antarmuka Metro di Windows 8. Desain Metro itu sangat bergantung pada tampilan yang lebih lurus, tajam, live tiles dan elemen atau aplikasi yang ramah sentuhan. 

Baru-baru ini, tim desainer dari Microsoft memutuskan untuk membuang desain dengan ujung tajam dengan ujung membulat. 

Rounded Corner di Microsoft Teams

Rounded Corner di Microsoft Teams

Sepertinya Microsoft juga berencana untuk mengubah padding di sekitar tombol minimize, maximize dan juga close window, dengan sebuah tangkapan layar baru (screenshot) yang terungkap di event Microsoft Build 2021, yang juga mengkonfirmasi hadirnya tampilan baru tersebut.

Lebih Banyak Desain Membulat di Aplikasi Windows 10

Lebih Banyak Desain Membulat di Aplikasi Windows 10

Seperti yang terlihat dari gambar di atas, Microsoft menghilangkan ujung jendela yang ada di aplikasi seperti Edge Chromium untuk menggantinya dengan ujung yang lebih halus dan membulat. Untuk meningkatkan pengalaman desain ujung membulat itu, Microsoft juga memodifikasi ukuran padding pada tombol minimize, maximize dan close window. 

Microsoft juga mengunggah desain mockup aplikasi Microsoft Teams dan Outlook PWA untuk Windows dengan rounded corners yang sama, dan juga perubahan ukuran padding. Jika dilihat dengan seksama, bagian ujung aplikasi itu benar-benar membulat. 

Versi browser Edge, Teams atau Outlook yang ada saat ini masih menggunakan ujung yang tajam, yang memberikan kesan formal dan modern. Tampilan tersebut berbeda dengan yang ada di MacOS, yang juga menggunakan ujung membulat dalam bahasa desainnya. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend