Kenapa Sebaiknya Tidak Menggunakan Windows di Steam Deck

Kenapa Sebaiknya Tidak Menggunakan Windows di Steam Deck

NESABAMEDIA.COMAkan menjadi sebuah hal yang sangat merugikan jika anda nantinya membeli Steam Deck dan memasang Windows 10 atau bahkan Windows 11 di dalamnya. Meskipun pihak Valve sendiri mengatakan bahwa pengguna bisa memasang sistem operasi Windows di Steam Deck, itu bisa menjadi sebuah ide buruk, dan disarankan tidak satu pun akan melakukannya. 

Ada beberapa alasan mengapa Steam Deck jangan sampai menjalankan Windows. Lagi pula, selain harus membeli lisensi Windows yang baru yang itu artinya tambahan biaya, memasang Windows di Steam Deck bukanlah sebuah terobosan yang ‘wah’. 

Pada akhirnya itu yang menjadi alasan dari Valve mengapa lebih memilih menggunakan Steam OS yang berbasis Linux, ketimbang merilisnya langsung dengan Windows yang sudah terpasang. 

Pernahkan anda mencoba melakukan navigasi secara maksimal dan benar di perangkat Windows tanpa menggunakan keyboard dan mouse? Mode tablet di Windows 10 adalah bukti bahwa sebenarnya sistem operasi itu memerlukan keyboard dan mouse, daripada sentuhan dan geseran jari. Dan jangan lupa bahwa meskipun secara teknis Steam Deck adalah PC, satu-satunya tujuan yang dirancang Valve adalah untuk memainkan game dari Steam Library pengguna.

Valve hanya bertanggung jawab untuk membuat pengalaman itu bisa didapatkan pengguna sebaik mungkin, dan fakta sebenarnya adalah bahwa Windows tidak menawarkan fleksibilitas yang diperlukan untuk mengubah Steam Deck menjadi game konsol yang tepat. Memiliki kontrol penuh atas pengalaman perangkat lunak memberi Valve apa yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa menggunakan Steam Deck tidak akan mengecewakan. 

Sebagai produk konsumen, hal itulah yang paling penting. Dan bagi kebanyakan orang, sistem operasi apa yang dijalankan tidak berarti apa-apa selama game bisa dimainkan dengan baik. Tentu saja, Valve masih berusaha sekuat tenaga untuk membuat Proton sebagai dasar sistem operasi itu bisa bekerja dengan semua yang ada di Steam, termasuk fitur anti-cheat. 

Kemudian alasan lainnya adalah dukungan. Valve hanya akan mendukung perangkat Steam Deck yang menggunakan Steam OS, menjadikannya agar bisa terus lebih baik, dan bekerja berdampingan dengan perangkat keras yang telah mereka kustom itu. Pengguna tidak akan mendapatkan dukungan dari Valve jika menggunakan Windows, dan tidak ada jaminan pengalaman yang didapat akan lebih baik. 

Terakhir, sejujurnya, berapa kali pembaruan Windows justru mendatangkan kerusakan di perangkat. Apakah hal ini memang sepadan hanya karena anda lebih menyukai sistem operasi Windows?

Leave a Reply

Send this to a friend