Windows 11 For Gaming, Apa Artinya Bagi Para Maniak Game

Windows 11 For Gaming, Apa Artinya Bagi Para Maniak Game?

NESABAMEDIA.COMPC gaming telah identik dengan Microsoft Windows hampir sejak awal, dengan sistem operasi yang berfungsi sebagai pintu gerbang untuk semua jenis pengalaman. Dukungan Microsoft untuk PC gaming juga mengalami pasang surut sepanjang sejarah. Namun, hal tersebut kembali mengalami kebangkitan pada beberapa tahun terakhir, dengan beberapa pengenalan fitur baru seperti Game Pass dan integrasi yang lebih dekat dengan Xbox. Sekarang Microsoft kembali mengambil langkah besar berikutnya dalam dukungan PC gaming di Windows 11.

Windows 11 sebagai sistem operasi terbaru dari Microsoft berupaya menampilkan sejumlah fitur eksklusif yang ditujukan untuk para pemain game. Sistem operasi ini akan hadir pada akhir tahun dan akan masih banyak yang akan diungkap Microsoft. 

DirectX 12 Ultimate

Ini adalah API grafis terbaru dari Microsoft yang dihadirkan pada Windows 11 dengan jangkauan beragam fitur yang mengesankan. Di antaranya seperti Sampler Feedback, Variable Rate Shading, Mesh Shaders dan DirectX Raytracing. Ray Tracing adalah salah satu kunci grafis terbesar di generasi gaming saat ini, dan DirectX Raytracing 1.1 melangkah lebih jauh. 

Teknologi ini memungkinkan pemuatan shader Ray Tracing yang lebih efisien tergantung pada permintaan, seperti ketika pemain menemukan objek baru di dalam game, sementara inline raytracing menawarkan kinerja yang lebih baik untuk scene dengan lebih sedikit shader. 

Sementara Variable Rate Shading memungkinkan beberapa scene terlihat lebih baik di saat yang sama mengoptimalkan peningkatan kinerja dengan memanfaatkan GPU tergantung pada kebutuhan.

Auto HDR

Auto HDR pada dasarnya adalah menambahkan pencahayaan rentang dinamis tinggi ke game, bahkan jika perangkat tidak mendukungnya. Ini memungkinkan beberapa game lama tertentu yang memiliki tingkat kecerahan dan rentang warna yang lebih besar dibandingkan sebelumnya, sehingga meningkatkan keseluruhan visual tanpa kerja ekstensif dari pengembang. 

Windows 11 akan mendukung fitur Auto HDR pada game yang dikembangkan untuk DirectX 11 dan yang lebih baru, sehingga memungkinkan pengguna PC untuk bisa merasakan game lama dengan tampilan yang baru.

DirectStorage

Selanjutnya ada DirectStorage, sebuah API yang memungkinkan jarak penarikan dan pembuatan aset yang jauh lebih baik sekaligus mengurangi secara dramatis waktu pemuatan dan penggunaan CPU. Ini membutuhkan SSD NVMe, driver Standard NVM Express Controller, GPU yang kompatibel dengan DirectX 12 dan dukungan Shader Model 6.0. 

Game terkait juga harus dirancang untuk bisa mendukung DirectStorage sehingga tidak semua game akan secara otomatis mendapat dukungan fitur tersebut. Bagaimanapun, SSD menjadi semakin penting untuk game generasi masa kini, dan akan bekerja sangat baik dengan DirectStorage.

Microsoft Store

Sistem operasi yang baru itu merombak Microsoft Store di mana baik pengguna Windows 10 dan 11 bisa mendapatkan manfaat darinya. Microsoft Store sendiri telah lama mendapatkan kritikan pada desain dan fitur yang ada, dan Microsoft menjawab masukan dari pengguna dengan sebuah perombakan. 

Beberapa fitur barunya termasuk detail tambahan yang menyediakan informasi lebih lengkap pada aplikasi, menjalankan aplikasi Android melalui Amazon App Store, dan lebih banyak kebebasan bari para pengembang untuk menerbitkan aplikasi ke toko, entah itu berbasis .NET, Java, Electron, Win32 dan lainnya. 

Leave a Reply

Send this to a friend