Upaya Microsoft Tingkatkan Layanan Gaming di Perangkat Windows

Upaya Microsoft Tingkatkan Layanan Gaming di Perangkat Windows

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengumumkan komitmen baru mereka dalam pengembangan gaming untuk perangkat PC berbasis Windows 10. Microsoft juga membuat sebuah aturan baru yang akan memotong besaran komisi untuk para pengembang game, dari 30 persen menjadi hanya 12 persen, sehingga para pengembang akan bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan. Microsoft juga telah memamerkan beberapa peningkatan ‘Quality of Life’ untuk para pengguna gaming.

Microsoft memiliki sejarah yang kurang baik ketika berurusan dengan pengalaman bermain game di perangkat PC. Meskipun rencana awal dari pembuatan Windows adalah menjadikan sistem operasi menjadi seterbuka mungkin untuk pengembangan game telah membawanya ke industri yang ada sekarang ini, beberapa blunder seperti layanan Games for Windows Live, justru menjadikan Microsoft semakin memberikan jarak dengan para pengguna game. 

Hingga sekarang ini pun, banyak pengguna game begitu kecewa dengan keberadaan layanan Microsoft tersebut. Namun Microsoft terus mencoba untuk menjadi semakin modern dan ingin membuktikan bahwa mereka telah berubah dan jauh berbeda dari sebelumnya. Misalnya dengan menyediakan ratusan judul game berkualitas di layanan Xbox Game Pass untuk perangkat PC dengan harga yang jauh lebih murah, serta juga komitmen untuk menghadirkan beberapa judul game di Xbox andalan mereka untuk bisa hadir di Steam dan platform lainnya.

Petinggi dari Xbox Game Studios, Matt Booty baru-baru ini membagikan sebuah unggahan blog di Xbox Wire yang mengungkap komitmen Microsoft ke layanan gaming di PC Windows, dan memamerkan beberapa peningkatan yang akan hadir melalui sistem pengiriman konten Windows.

Dalam unggahan itu, Booty mengungkap upaya Microsoft untuk merevitalisasi game klasik andalan mereka seperti Age of Empires dan juga Flight Simulator sekaligus menghadirkan beberapa judul baru seperti Wasteland 3, Minecraft Dungeon, Sea of Thieves dan banyak lagi lainnya ke perangkat PC. Microsoft juga membahas soal peluncuran versi beta dari Xbox Game Pass untuk web baru-baru ini. 

Microsoft juga akan menghadirkan beberapa peningkatan dalam Quality of Life untuk para pengguna game dalam sebuah rencana bertajuk “Proses Pemasangan yang Ditingkatkan dan Peningkatan Kecepatan Pengunduhan”. Diyakini, beberapa upaya di tersebut merupakan bagian dari langkah Microsoft dalam memperbaiki sistem pengiriman konten Microsoft Store mereka, yang sebelumnya hanya ditujukan untuk perangkat mobile, ketimbang PC. 

Namun, satu-satunya hal yang paling menarik dari apa yang ingin dihadirkan Microsoft adalah aturan mengenai besaran pendapatan yang bisa didapatkan para pengembang game, jika menggunakan layanan dari Microsoft. Mulai tanggal 1 Agustus mendatang, para pengembang game akan mendapatkan peningkatan komisi menjadi 88 persen, dari yang sebelumnya sebesar 70 persen tanpa syarat. 

Leave a Reply

Send this to a friend