Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung

Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung (Pasang di Bio IG)

Langkah-langkah cara membuat link whatsapp menuju chat langsung di bio instagram

Aplikasi WhatsApp dan Instagram saat ini banyak digunakan oleh orang banyak khususnya para pelaku usaha atau bisnis seperti jual beli, endorsement, dan lain sebagainya. Dengan adanya aplikasi ini mereka merasa sangat terbantu karena dapat dengan mudah menjangkau para konsumennya.

Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung

Para pengguna atau penjual dapat dengan mudah menempelkan atau memasukkan link WhatsApp ke profil Instagram mereka, sehingga dapat digunakan sebagai kontak bagi pengguna lainnya untuk mempermudah saat ingin bertanya produk ataupun menjalin kerja sama. Lalu, bagaimana sih cara membuat link WhatsApp dapat langsung menuju chat? Simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Menggunakan Tautan API

1. Langkah pertama untuk membuat link WhatsApp langsung menuju kontak yang dituju, Anda bisa menggunakan tautan link berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890

Pada bagian nomor handphone silakan Anda ganti dengan nomor WA Anda atau nomor yang ingin dituju.

2. Jika Anda menggunakan tautan tersebut, Anda bisa langsung menuju chat ke nomor tersebut akan tetapi isi pesan yang ingin dikirim tidak ada. Jika Anda ingin membuat template pesan secara langsung, Anda bisa mengikuti tautan berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890&text=Salam%20Kenal

Silakan Anda isi pesan yang ingin disampaikan setelah &text= , lalu untuk membuat jarak spasi pada setiap kata tambahkan %20. Seperti contoh tautan di atas.

3. Selesai.

2. Menggunakan Tautan wa.me

Cara kedua untuk membuat link WhatsApp adalah dengan menggunakan tautan wa.me. Cara ini sama seperti cara sebelumnya bedanya cara ini terlihat lebih ringkas. Langsung saja, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, tentukan nomor WhatsApp dan isi pesan yang diinginkan. Jika sudah, silakan Anda ikuti contoh tautan berikut ini:

https://wa.me/6281234567890

Tautan di atas contoh jika Anda tidak ingin menambahkan template pesan.

2. Untuk menambahkan template teks di dalamnya, silakan Anda gunakan contoh tautan berikut ini:

https://wa.me/6281234567890?text=Salam%20Kenal

Template teks yang ingin Anda tambahkan bisa Anda masukkan setelah ?text= dan untuk memisahkan setiap kata atau spasi gunakan %20 atau +.

3. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan teks dengan Enter di dalamnya. Contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung

4. Untuk membuat seperti gambar di atas, Anda tinggal menambahkan %0A setelah kata. Contohnya seperti tautan di bawah ini.

https://wa.me/6281234567890?text=Salam%20Kenal%0ANama%20Saya:%0AAlamat%20Saya:

5. Selesai.

3. Menggunakan Bit.ly

Selain dapat menggunakan beberapa tautan di atas, Anda juga bisa menggunakan tautan bit.ly. Akan tetapi dasarnya Anda memang sudah membuat link tautan seperti cara sebelumnya. Jadi, nantinya link tersebut diperingkas lagi menggunakan bit.ly. Langsung saja silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pertama, silakan Anda buka website bit.ly pada web browser handphone Anda.

2. Lalu, silakan Anda klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

klik ikon tiga garis

3. Kemudian, silakan Anda sign up jika belum memiliki akun dan silakan log in jika sudah memiliki akun.

klik login

4. Silakan Anda pilih platform mana yang ingin Anda gunakan sebagai log ini.

Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung di Bio

5. Lalu, jika sudah masuk silakan Anda klik Create. Seperti pada gambar di bawah ini.

klik create

6. Kemudian, silakan Anda paste kan link WhatsApp yang sudah Anda buat menggunakan cara sebelumnya. Lalu, silakan klik Create. Seperti pada gambar di bawah ini.

paste link

7. Kemudian, Anda bisa mengkustomisasi link bit.ly Anda. Silakan Anda buat nama link yang sesuai dengan keinginan Anda pada bagian kolom Customize Back-half. Seperti pada gambar di bawah ini.

buat link

8. Lalu, klik Save.

save

9. Kemudian, jika muncul error berarti link Anda sudah digunakan oleh orang lain. Silakan Anda cari lagi nama link yang cocok untuk Anda.

error

10. Jika berhasil maka tampilan akan seperti di bawah ini.

Cara Membuat Link Whatsapp Menuju Chat di Bio Instagram

11. Selesai. Anda tinggal memasukkannya ke profil instagram Anda. Silakan Anda ikuti cara di bawah ini.

4. Membuat Link WA di Profil Instagram

1. Setelah Anda menyiapkan tautan yang langusng menuju ke WhatsApp Anda menggunakan cara yang Anda pilih, maka langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam profil instagram.

2. Silakan Anda buka aplikasi Instagram di handphone Anda.

3. Lalu, silakan Anda klik profil yang ada di pojok kanan. Kemudian, silakan pilih Edit Profil. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

edit profil

4. Kemudian, pada kolom Situs Web silakan Anda masukkan tautan yang sudah Anda buat tadi. Lalu, jangan lupa untuk mengklik ikon centang pada pojok kanan atas Anda untuk menyimpan perubahan. Seperti pada gambar di bawah ini.

masukkan ke situs web

5. Selesai. Maka Anda akan melihat link WhatsApp di tampilan profil instagram Anda, seperti pada gambar di bawah ini.

tampilan

6. Siapapun dapat mengklik tautan tersebut. Jika Anda klik tautan tersebut, maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini.

tampilan

7. Lalu, aplikasi WhatsApp Anda pun akan otomatis terbuka dan langsung terdapat pesan yang akan dikirimkan di dalamnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

berhasil

8. Selesai.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana caranya membuat link WhatsApp agar dapat langsung menuju chat yang Anda inginkan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend