Build Terakhir di Windows Insider Telah Tersedia Jelang Dirilisnya Windows 10 21H1 Bulan Depan

Build Terakhir di Windows Insider Telah Tersedia Jelang Dirilisnya Windows 10 Versi 21H1 Bulan Depan

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Windows 10 tengah menuju Build versi 19043.928 yang sepertinya merupakan Build terakhir untuk Windows 10 21H1. Pembaruan utama tersebut diperkirakan akan mulai dirilis ke pengguna publik pada bulan Mei 2021.

Pada tanggal 28 kemarin, sebuah unggahan post di Windows Insider mengatakan bahwa Build tersebut terkait dengan pembaruan bulan Mei 2021 dan telah tersedia untuk semua pengguna yang tergabung dalam kanal Rilis Pratinjau. 

Windows 10 21H1 akan menjadi pembaruan utama namun dengan ukuran kecil dari Windows 10 versi 20H2, yang juga merupakan pembaruan utama dari Windows 10 2004. Diyakini, Microsoft akan mulai merilis versi 21H1 untuk pengguna publik bersamaan dengan pembaruan Patch Tuesday tanggal 11 Mei mendatang. 

Microsoft mengatakan bahwa para pengguna di Windows Insider untuk kanal Beta dan Rilis Pratinjau telah berada pada versi terbaru dari 21H1 Pratinjau mulai pekan ini dengan dirilisnya Build 19043.964. Pengguna yang telah bergabung dalam kanal Rilis Pratinjau Windows Insider, bisa mendapatkannya dengan mengakses Windows Update di halaman Settings.

Sebelumnya, Microsoft juga telah menjadikan pembaruan 21H1 telah tersedia untuk validasi komersial melalui program Windows Insider untuk bisnis pada bulan Maret lalu. Para pengguna itu pun telah bisa menguji coba Windows 10 Enterprise dan Pro versi 21H1 sejak saat itu. 

Sebagai rangkuman singkat, berikut ini beberapa hal yang baru di Windows 10 versi 21H1 selain adanya perbaikan umum, peningkatan keamanan, akses jarak jauh dan pembaruan kualitas:

  • Dukungan pada multi-camera Windows Hello untuk menjadikan perangkat kamera eksternal secara default, ketika kamera untuk Windows Hello eksternal dan internal tersedia.
  • Peningkatan kinerja dari Windows Defender Application Guard termasuk dalam mengoptimalkan waktu pemuatan dokumen. 
  • Windows Management Instrumentation (WMI) Group Policy Service (GPSVC) akan memperbarui peningkatan kinerja guna mendukung penggunaan secara jarak jauh.

Microsoft juga telah merilis sebuah Build percobaan terbaru 20344 untuk Windows Server 2022, yakni pada server Long Term Servicing Channel (LTSC) yang tidak menyertakan watermark atau tanggal kadaluarsa. 

Pihak Microsoft yang dihubungi mengenai Build terakhir untuk Windows 10 21H1 ini sayangnya enggan untuk memberikan komentarnya.

Leave a Reply

Send this to a friend