MediaTek Umumkan Kompanio 1300T, Chipset Untuk Android Tablet

MediaTek Umumkan Kompanio 1300T, Chipset Untuk Android Tablet

NESABAMEDIA.COMMediaTek baru saja mengumumkan secara resmi chipset Kompanio 1300T, sebuah SoC yang didesain secara khusus untuk tablet Android. Dibangun dengan pemrosesan 6nm dari TSMC, ini adalah CPU 8-core yang hadir dengan ARM Cortex-A78 dan Cortex A55, namun MediaTek tidak mengungkap secara mendetail konfigurasinya. Kinerja grafisnya akan dibantu oleh GPU ARM Mali-G77 MC9. 

Chipset MediaTek Kompanio 1300T mampu mentenagai perangkat multi-kamera, dengan sensor yang mencapai 108MP. Perekaman video mendukung sampai dengan resolusi 4K di 60fps. Chipset ini juga mampu menunjang layar sampai dengan 2.5K di refresh rate 120Hz dan mendukung video playback HDR10 Plus. Terdapat juga dukungan jaringan Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. 

“Kompanio 1300T mengintegrasikan teknologi 5G MediaTek, dengan dukungan satu set komplit dari jaringan 5G sub-6GHz, 5G-2CA dan juga Dual SIM 5G, selain juga dukungan dari Mode Elevator 5G dan mode 5G HSR. Ini memungkinkan pengguna untuk menikmati jaringan berkecepatan tinggi untuk beragam aplikasi.

Dikombinasikan dengan fitur UltraSave 5G, chipset ini bisa secara otomatis mengatur penggunaan daya dan konfigurasi lainnya berbasis jaringan perangkat dan kualitas transmisi data untuk meningkatkan daya tahan baterai,” kata MediaTek.

Meskipun ini bukan sebuah chipset kelas atas, namun MediaTek menyatakan bahwa Kompanio 1300T akan mentenagai tablet Android yang akan datang, yang diperkirakan akan mulai hadir di pasaran pada kuartal ketiga tahun 2021. 

MediaTek juga menjelaskan bahwa jajaran chipset Kompanio ditujukan untuk mencakup kedua perangkat Chromebook dan tablet Android yang didukung ARM, namun chipset ini khusus untuk kategori perangkat yang lebih baru dan mutakhir. 

Dalam kategori pengguna, chipset ini diperuntukkan kalangan dan kebutuhan bisnis, hiburan dan pelajar. SoC-nya dikatakan menawarkan kecepatan yang lebih, konektivitas yang bisa diandalkan, kinerja yang efisien dan menunjang baterai yang bisa digunakan untuk seharian penuh. 

Ini juga diintegrasikan dengan pemrosesan AI MediaTek yang menawarkan komputasi AI yang berfokus pada efisiensi energi untuk aplikasi suara dan visual. Dari informasi yang didapat nesabamedia.com sepertinya Honor V70 Pro akan menjadi tablet pertama yang akan didukung oleh chipset ini.

Leave a Reply

Send this to a friend