Pembaruan Windows 10 Update Screen

Kini Admin Bisa Melihat Detail Pemblokiran Perangkat Dari Pembaruan Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft kini memberikan detail informasi kepada Admin IT yang menggunakan Update Compliance tentang mengapa beberapa perangkat terblokir untuk mendapatkan pembaruan dari Windows 10. Ini berarti, Admin tidak hanya bisa melihat perangkat mana yang tidak bisa melakukan pembaruan, namun juga info lebih mendetail mengapa pemblokiran itu bisa terjadi.

Banyak pengguna meminta penjelasan yang lebih rinci kepada Microsoft kenapa beberapa perangkat mendapat pemblokiran melalui “safeguard hold”. Microsoft menggunakan penangguhan tersebut agar perangkat yang memiliki sejumlah isu yang sudah diketahui, tidak bisa mendapatkan pembaruan fitur. 

Pihaknya juga mengatakan bahwa penangguhan itu akan dicabut, jika pihaknya sudah mengetahui dengan pasti isu yang ada di perangkat tertentu itu dan menemukan cara memperbaikinya. Adapun alasan Microsoft melakukan penangguhan itu dilakukan agar pengguna tidak mendapatkan masalah tambahan baru, ketika perangkat yang bermasalah dipaksa harus mendapatkan pembaruan. 

Hingga saat ini, hanya Admin yang menggunakan Update Compliance saja yang bisa mengetahui perangkat mana yang mendapatkan pemblokiran pembaruan. Seperti yang diketahui, sejak bulan lalu Microsoft berencana untuk membuat informasi pada pemblokiran agar lebih jelas dan terkustomisasi. Dan pada minggu lalu, pihaknya secara resmi mengumumkan bahwa langkah itu telah dieksekusi.

Pada sebuah postingan blog yang diterbitkan pada tanggal 22 Oktober kemarin, Microsoft mengatakan bahwa mereka telah memberikan peningkatan pada Update Compliance untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh pengguna ini. Begini penjelasan dari mereka bagaimana kebijakan itu bekerja.

“Update Compliance akan menampilkan ID Safeguard Hold untuk sejumlah isu yang telah diketahui, yang berdampak pada perangkat dengan memasukkannya pada kolom “DeploymentErrorCode.” Setiap Safeguard Hold akan memiliki ID unik dan nantinya akan mendokumentasikan isu yang terdeteksi untuk dikirimkan ke Dashboard Windows Health.

Untuk mengetahui Safeguard Hold mana yang mencegah perangkat pengguna untuk mendapatkan pembaruan, bisa mengakses halaman “Known Issues and Notifications.” Setelah membuka halaman tersebut, pengguna bisa mencari dengan menekan Ctrl+F dan memasukkan ID Safeguard Hold. Hasilnya akan muncul berisi detail perangkat yang terblokir dan penyebabnya.”

Langkah yang diambil oleh Microsoft ini sangat bagus, untuk menjadikan Windows 10 lebih bisa diatur dan dikelola, khususnya masalah pembaruan. Namun yang perlu dicatat adalah, kebijakan itu semata untuk memberikan informasi kepada Admin, bukan memberikan akses untuk menyiasati pemblokiran yang dilakukan oleh sistem.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend