Kini Giliran MediaTek Dimensity 9000 Yang Jadi Rebutan

Kini Giliran MediaTek Dimensity 9000 Yang Jadi Rebutan

NESABAMEDIA.COMSetelah diumumkannya Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, perusahaan mulai membagi urutan siapa dan kapan yang bakal menghadirkan smartphone flagship mereka dengan platform baru ini.

Yang pertama mendapatkan kesempatan ini ternyata adalah Moto Edge X30 dan sampai dengan artikel ini ditulis, smartphone Motorola itu masih menjadi satu-satunya smartphone yang telah menggunakan chipset generasi terbaru dari Qualcomm. 

Di sisi lain, MediaTek juga telah mengumumkan chipset generasi terbaru mereka yakni Dimensity 9000, dan perlombaan untuk menjadi yang pertama menggunakan prosesor ini pun juga dimulai. 

Informasi pertama datang dari akun tipster Digital Chat Station, yang menyebut bahwa Oppo Find X4 akan menjadi yang pertama menggunakan MediaTek Dimensity 9000, yang akan dirilis pada bulan Februari atau Maret tahun depan. Oppo juga sangat tertarik untuk merilis versi Pro dan Ultra dengan chipset tersebut. 

Lalu selanjutnya yang menyusul adalah Redmi, yang akan menempatkan Dimensity 9000 pada smartphone Redmi K50 Gaming Edition mereka. Selain itu, ada juga brand lain seperti Vivo dan Honor yang mengumumkan hal yang sama. 

Digital Chat Station mengatakan juga bahwa Oppo dan OnePlus akan memberikan perangkat mereka dukungan pengisian cepat 80W. Lebih lanjut, Oppo sendiri sudah bersiap untuk menawarkan pengisian cepat 150W mereka, dan akan menjadi setingkat dengan flagship Realme.

Platform seluler MediaTek telah digunakan di banyak model smartphone Android, namun bahkan produk terbaik dari perusahaan tidak mampu bersaing dengan chipset flagship Snapdragon Qualcomm. Namun kedatangan Dimensity 9000 diyakini akan menjadi game-changer. 

Baru-baru ini, MediaTek mengumumkan Dimensity 9000, yang menjadi chipset paling kuat perusahaan saat ini. Menurut perkiraan awal, chipset ini 35% lebih produktif dibandingkan dengan Snapdragon 888, dan kinerja GPU-nya juga 35% lebih tinggi. 

Chipset ini menggunakan sebuah inti Cortex-X2 3.05 GHz, tiga inti Cortex-A710 2.85GHz, dan empat inti Cortex-A510 1.8GHz. GPU yang digunakan adalah Mali-G710, termasuk juga enam inti APU. Lalu Image Processor-nya adalah ISP Imagiq 18-bit yang mampu menangkap foto hingga 320MP, dan mengirimkan data sampai dengan 9 gigapiksel per detik. Modem yang terintegrasi tidak mendukung jaringan 5G pada standard mmWave, namun mampu berjalan pada jaringan hingga 6GHz. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend