Apa Saja Komponen-Komponen Multimedia? Yuk Ketahui!

Multimedia diartikan sebagai penggunaan komputer dalam menyajikan serta menggabungkan teks, gambar, suara/audio, video serta animasi dengan tool (alat bantu) dan link (koneksi) sehingga user bisa melakukan navigasi, berkarya, berkomunikasi dan berinteraksi.

Multimedia dipakai dalam dunia informatika. Selain itu juga dipakai pada dunia games serta untuk membuat suatu website serta dimanfaatkan pada dunia bisnis dan pendidikan. Di dunia bisnis, penggunaan multimedia sebagai pelatihan pada sistem e-learning, profil produk, media profil perusahaan, dan media kios informasi.

Komponen Multimedia

Awalnya multimedia hanya digunakan pada konsumsi indra penglihatan (teks, gambar dinamis, gambar bergerak untuk video dan animasi); konsumsi indra pendengaran (suara) dan berwujud (berupa).

Namun zaman sekarang ini ruang lingkupnya semakin berkembang dan menjadikannya tambah menarik yaitu mencakup gerak (kinetik) dan menjadi konsumsi indra penciuman (bau). Multimedia mulai berkembang dengan  menambahkan unsur kinetik setelah mengaplikasikannya pada film 3 dimensi yang dapat membangkitkan sense nyata/realistis.

Multimedia sudah digunakan pada beberapa bidang dalam kehidupan manusia karena fungsi dan fitur yang ditawarkan menarik, terutama dengan kemajuan teknologi yang semakin maju membuat multimedia semakin banyak di lirik sehingga menghasilkan karya yang menarik. Contohnya ialah radio, televisi, komputer dan handphone. Adapun komponen-komponen multimedia ialah sebagai berikut:

1. Teks

Komponen Multimedia Teks

Teks adalah komponen dari multimedia yang penting untuk menyampaikan suatu informasi, karena teks komponen ini sederhana selain itu tidak memerlukan tempat penyimpanan yang banyak. Teks akan tersimpan dalam bentuk file, yang terdiri dari kata, kalimat dan paragraf/alinea.

Tampilan teks dalam multimedia lebih dikenal dengan nama tipografi, yang merupakan bagian yang penting dalam pembuatan multimedia.

Teks tentunya sudah banyak dikenal, terutama bagi pengguna komputer teks merupakan bagian dasar dalam mengolah data serta untuk menyajikan informasi dalam multimedia kepada audiens yang bekerja cepat. Dikarenakan multimedia menyajikannya secara praktis  dan efektif yang tidak membutuhkan membaca secara teliti.

2. Gambar/Grafik

Gambar atau grafik akan mempermudah seseorang untuk memahami suatu informasi. Komponen yang satu ini juga memiliki peran penting dalam komponen multimedia. Karena gambar bisa menyajikan dan meringkas data secara kompleks serta mampu menyajikan kata yang mudah untuk di pahami.

Kebanyakan orang lebih tertarik kepada visual, karena itu gambar menjadi sarana yang tepat untuk menyajikan suatu informasi. Gambar pada publikasi multimedia akan menarik perhatian seseorang serta mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan membaca full teks.

3. Audio/Suara

Komponen Multimedia Audio / Suara

Audio/suara memiliki peran penting juga dalam multimedia untutk menyampaikan informasi. Jika tidak ada audio pada multimedia hasilnya kurang lengkap. Biasa dalam multimedia suara/audio dapat berupa music, voice recorder ataupun efek suara lainnya.

Audio digunakan untuk memperjelas atau mempertegas suatu informasi yang ingin disampaikan. Contohnya jika ditambahkan efek suara (sound effect, music, suara yang direkam) dalam suatu video akan menambah daya tarik serta karakteriktik dari gambar atau teks yang terdapat di dalamnya.

Authoring software pada multimedia harus bisa mengontrol playback dan recording. Ada beberapa bentuk file yang tersedia untuk audio seperti MP3, AIFF, AAC, ogg, wav dan wma.

4. Video

Komponen multimedia video

Video dalam multimedia ialah gambar yang berurutan, life video, serta full motion. Dimana live video diperoleh dari rekaman dari kamera. Yang dimaksud dengan full motion ialah di dalamnya terdapat teknik narasi, karakter yang di rekam dan disimpan sebagai video clip.

Authoring tool bisa menggunakan full motion video, misalnya hasul rekaman dari VCR yang bisa menghasulkan gambar bergerak, selain itu kualitas gambar yang dihasilkan tinggi. Tujuan pembuatan video pada tampilan multimedia sama halnya dengan komponen audio yaitu agar hasilnya lebih menarik dan bagus.

5. Animasi

Komponen Multimedia Animasi

Kumpulan dari beberapa gambar yang disusun dan ditampilkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar hidup atau seperti bergerak disebut animasi. Animasi  bergerak akan lebih mudah untuk dipahami dibandingkan gambar atau objek yang diam. Selain lebih menarik, animasi bergerak lebih komunikatif sehingga informasi yang disampaikan lebih mudah di mengerti.

Animasi digunakan untuk membantu menggambarkan/mengilustrasikan metode, menunjukkan suatu hal yang hidup atau aktif dan memperagakan model. Penggunaan animasi saat ini sudah sangat luas digunakan.

Proses pembuatan animasi sendiri cukup sulit karena hanya orang-orang yang mahir dalam bidangnya, butuh pengalaman yang baik untuk membuatnya. Jika dibandingkan dengan fungsinya yaitu bersifat membangun imajinasi seseorang tentu saja merupakan hal yang seimbang.

Dalam pembuatan animasi dengan kualitas standar dengan frame memerlukan sekitar 25 frame perdetik. Saat pergantian frame-frame tersebut penonton akan melihat animasi bergerak. Cara pembuatan frame animasi bisa digunakan dengan manual,fotografi, lukisan (drawing), dan bisa dengan komputer.

5. Interaktif Link

Komponen yang terakhir merupakan interaktif link. Komponen ini berguna untuk menyempurnakan multimedia. Mengapa? lihat penjelasan dibawah ini agar kamu tahu alsannya.

Sebagian multimedia ialah interaktif, maksudnya ialah user dapat menekan objek atau mouse pada screen misalnya teks atau botton yang menyebabkan program melakukan suatu perintah yang di tekan.

Interaktif link sering dihubungkan dengan hypermedia. Artin spesifiknya berkaitan dengan hypertext (hotword), hypergraphics, hypersound yang dapat menjelaskan jenis informasi tersebut.

Komponen interaktid link ini berguna untuk menggabungkan beberapa elemen atau komponensehingga menghasilkan informasi yang bagus dan terpadu. Cara untuk mengakses  suatu informasi di multimedia yaitu bisa linear dan non linear.

Informasi linear yang ditampilkan secara ats ke bawah/dari halaman ke halaman (sekuensial), sedangkan informasi non linear ialah yang ditampilkan langsung.

Demikianlah artikel mengenai komponen-komponen multimedia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kamu. Terimakasih.

Leave a Reply

Send this to a friend