Sejarah dan Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama yang Perlu Anda Ketahui

Komputer ialah suatu alat yang dapat digunakan untuk program mengolah data secara cepat, efisien serta dirancang berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan agar secara otomatis bisa menyimpan dan menerima data (input data), memprosesnya, serta output data berdasarkan instruksi dari fungsi perangkat-perangkat yang ada di dalamnya.

Awalnya computer diartikan dalam menggambarkan orang yang melakukan suatu pekerjaan menghitung baik menggunakan atau tanpa alat bantu, misalnya aritmatika. Namun arti dari kata computer telah berkembang menjadi suatu alat/mesin yaitu komputer, seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Nah, awal mula komputer generasi pertama kira-kita seperti apa ya? Berikut ini akan dijelaskan mengenai komputer generasi pertama.

Komputer Generasi Pertama

Perkembangan teknologi terutama komputer sudah jauh lebih canggih dari zaman ke zaman. Pada zaman dulu seorang pengguna berinteraksi dengan cara pasif saja (menggunakan mouse dan keyboard). Namun pada saat ini sudah banyak perubahan, pengguna bahkan bisa menggunakan fitur layar sentuh (touch screen) pada layar komputer dan bisa dikatakan dapat beinteraksi secara natural dengan dunia virtual.

Komputer dikembangkan mulai dari fungsinya sebagai alat bantu hitung abakus (digunakan di Cina sekitar 2000 tahun lalu) kemudian terus dikembangkan menjadi komputer generasi pertama dengan berbasis mekanik sampai berbasis elektronik. Komputer generasi pertama ialah Universal Automatic Computer I (UNIVAC I) dibaut tanpa monitor (alat pendukung visual) yaitu pada tahun 1951.

1. Sejarah Komputer Generasi Pertama

Sejarah Komputer Generasi Pertama

UNIVAC I atau komputer generasi pertama memiliki karakteristik yaitu pada ENIAC, yang merupakan tabung hampa udara. Tabung ini masih digunakan hingga tahun 1950. Kemudian komputer dikembangkan secara terus-menerus seperti random access, binary aritmetic, dan konsep pada program yang di save.

The U.S. Bureau of Cencus (1951), melakukan instalasi komputer komersial yang pertama yaitu UNIVAC I (Universal Automatic Computer). Komputer ini dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly sebagai Remington-Rand Corporation.

Komputer generasi pertama memiliki keunikan yaitu intruksi pada sistem operasi dirancang secara spesifik yang gunanya untuk melakukan tugas tertentu. Pada setiap komputer mempunyai perbedaan pada program kode binernya. Program kode biner ini dikenal dengan “machine language/bahasa mesin“. Sehingga mengakibatkan komputer memiliki keterbatasan dalam program dan kecepatannya.

Komputer generasi pertama memiliki tube vakum yang banyak untuk memproses atau menyimpan instruksi atau perintah (sehingga ukuran komputer generasi pertama sangat besar), memiliki silinder magnetik (sebagai tempat penyimpanan data), memakan banyak tenaga listrik.

Menggunakan komputer generasi pertama cukup sulit, selain itu daya komputasinya juga lambat. Biasa orang yang ahli yang bisa menggunakannya.

Pada tahun 1942-1959 merupakan zamannya komputer generasi pertama digunakan dengan ukuran yang besar. Contohnya ialah Colossus, Z3, ENIAC, EDSAC, EDVAC, UNIVAC I.

2. Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama

Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama

Ciri-ciri dari komputer generasi pertama ialah sebagai berikut:

  • Komputer jenis ini mengeluarkan panas yang banyak
  • Vacume tube (tabung hampa udara) memiliki fungsi dalam pemasangan komponen elektronik.
  • Memerlukan tenaga listrik yang besar saat mengoperasikan komputer ini.
  • Program yang telah dibuat serta disimpan di memori komputer berupa Machine language/bahasa mesin.
  • Untuk programnya hanya bentuk Assembler (bahasa mesin) yang bisa dibuat.
  • Proses pengoperasian komputer lambat.
  • Kapasitas untuk menyimpan data terbatas karena sangat kecil dan menggunakan silinder magnetik.
  • Ukuran dan bentuknya sangat besar, sehingga membutuhkan tempat yang luas untuk meletakkannya.
  • Orientasi utamanya ialah aplikasi bisnis.
  • Sistem magnetic disk dan magnetic tape sudah digunakan.

Jenis-jenis dari komputer generasi pertama yaitu: ADVAC, EDSAC, ENIAC, IBM 650, UNIVAC I, UNIVAC II, MARK II, MARK III. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri komputer generasi pertama:

1. Ukuran yang sangat besar

Ukuran dari komputer generasi pertama sangat besar sehingga untuk tempat meletakkannya membutuhkan ruangan yang luas, kira-kira seluas kamar tidur. Sehingga bisa dikatakan tidak efisien untuk tata letaknya.

2. Memakan daya listrik yang besar

Selain ukurannya yang besar serta memakan tempat yang luas. Saat mengoperasikan komputer genersi pertama ini juga memerlukan daya listrik yang besar agar bisa menyala. Hal tersebut dikarenakan kapasitas untuk penyimpanan memori terdiri puluhan ribu tabung dendan ukuran yang besar pula.

3. Cepat Panas

Saat mengoperasikan komputer ini akan cepat panas, sehingga membutuhkan bannyak pendingin ruangan agar panas yang dihasilkan bisa berkurang dan komputer bisa digunakan dengan baik.

4. Processornya lambat

Saat dioperasikan, ternyata komputer ini juga memiliki kecepatan yang lambat saat memproses instruksi/informasi yang dibuat. Butuh kesabaran saat menunggu prosesnya.

5. Kapasitas Hard disknya kecil

Walaupun mempunyai puluhan ribu tabung dengan ukuran besar untuk tempat penyimpanan, ternyata kapasitas memorinya sangat kecil. Kapasitas memori yang kecil itu sangat tidak sebanding jika dilihat ukuran dan jumlah yang dipakai.

6. Programnya berupa bahasa mesin

Yang bisa mengoperasikan komputer generasi pertama biasanya ialah orang yang ahli karena menggunakan bahasa mesin untuk programnya. Program tersebut sangat rumit, bahkan lebih rumit dari sistem operasi DOS. Jika seseorang bisa menjalankan komputer ini bisa dikategorikan sebagai seorang insinyur.

7. Orientasi utamanya ialah bisnis

Fungsi dari komputer generasi pertama lebih mengarah pada dunia bisnis. Dan tidak bisa digunakan untuk kepentingan pribadi seperti sekarang ini. Saat ini fungsi komputer sudah multifungsi, dan sudah jauh lebih berkembang dari komputer genersai pertama.

8. Kepemilikannya terbatas

Komputer generasi pertama sangat jarang dimiliki oleh banyak orang, tidak seperti zaman sekarang ini dimana komputer sudah menjadi kebutuhan bagi beberapa orang. Biasanya yang memiliki komputer ini ialah kalangan orang-orang kaya, maupun perusahaan yang menggunakannya sebagai media untuk bisnis. Selain itu alasan lain kenapa kepemilikannya terbatas ialah karena biayanya yang besar, cara mengoperasikan yang susah, serta harus memiliki ruangan yang luas sebagai tempatnya.

Leave a Reply

Send this to a friend