10 Aplikasi File Manager Terbaik yang Paling Direkomendasikan

Suatu aplikasi file manager adalah merupakan suatu aplikasi yang terpenting yang harus dimiliki setiap pengguna smartphone. Aplikasi tersebut dapat kita manfaatkan untuk bisa mengakses seluruh file atau berkas-berkas digital yang disimpan di dalam ponsel smartphone kita.

Sejumlah smartphone juga umumnya telah terdapat aplikasi file manager bawaannya tetapi fitur yang tersedia di aplikasi bawaan tersebut sangatlah sedikit. Maka dari itu, saya telah merangkumkan beberaap dari aplikasi manager terbaik yang dapat Anda gunakan di smartphone Android Anda, dan sudah memiliki beberapa fitur yang sangat baik sehingga dapat membantu Anda dalam mengelola berkas tersebut dengan cepat dan mudah.

Tidak hnya bisa mengakses sebuah berkas, fitur yang dipunyai oleh aplikasi pihak ketiga tersebut umumnya terdiri atas fitur untuk bisa dabuat sebagai pemeliharaan ponsel, contohnya yaitu seperti untuk menghapus berkas yang sdah tidak diperlukan lai dan juga untuk mengarsipkan file.

Dan terdapat juga aplikasi yang sudah menawarkan suatu layanan penyimpanan berbasis cloud, hal tersebut agar berkas penggunanya lebih aman dan bisa diakses dimana pun. Berikut 15 aplikasi file manager terbaik :

10 Aplikasi File Manager Terbaik

Anda dapat menikmati layanan dari aplikasi ini secara gratis dengan hanya mendownloadnya di Play Store Anda. Anda hanya tinggal memilih satu dari aplikasi file manager dibawah ini yang cocok dengan Anda. Berikut penjelasan mengenai 15 aplikasi file manager terbaik :

1. Ez File Explorer

EZ file explorer

Aplikasi file manager yang terbaik urutan pertama yaitu EZ File Explorer. Aplikasi ini merupakan sebuah alat manajemen yang sangat lengkap, meliputi Gambar, Film, Aplikasi, Video, Foto, Msik, Dokumen, File dan juga Video.

Aplikasi ini dapat menjadi suatu alat manajemen untuk sebuah sistem dile remote maupun lokal. EX File Explorer ini juga dapat membantu Anda dalam mengelola smartphone dan juga file didalam ponsel Android Anda dengan efisien dan juga dapat berbagi sebuah file tanpa adanya biaya data.

Ada beberapa fitur unggulan yang terdapat pada aplikasi file manager ini, yaitu :

  1. Dapat melakukan manajer file dan manager folder, dengan fitur ini memungkinkan Anda untuk mengoperasikan file Anda. Seperti melakukan operasi salin, potong, ganti nama dan juga tempel.
  2. Dapat dikoneksikan file dalam jarak jauh, Anda dapat mentransfer file dari ponsel Anda ke PC dengan cara melalui Wifi dengan SMB.
  3. Dapat mengirimkan file dan menjelajahi File, pada fungsi ini Anda dapat melakukan Root Explorer.
  4.   Perpustakaan dan lain-lain, pada fitur ini Anda dapat melakukan manajer aplikasi dan editor dokumen.

Aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam melakukan pengelolaan terhadap seluruh file, apakah file tersebut dapat disimpan di memori yang ada di perangkat Anda, jaringan area lokal, di penyimpanan cloud maupun di kartu microSD.

Dengan default, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dapat memindahkan, menyalin, menghapus, mengganti nama dan juga dapat berbagi sejumlah file ke dalam penyimpanan mana pun. Anda juga dapat menelusuri dan juga mengakses file Anda dengan berdasarkan kategori.

2. File Manager

File manager

 

Aplikasi File Manager ini rilis dengan menampilkan tampilan antarmuka yang sangat interaktif dan juga sangat memanjakan mata. Aplikasi ini juga dikembangkan oleh ZenUI Asus Computer.

Dimana aplikasi ini sangat lengkap dengan dilegkapi sejumlah fitur yang dapat berguna seperti menyalin file, menghapus file, berbagi sejumlah file, mengubah nama dan lain-lain.

Fitur utama yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu aplikasi ini dapat mengelola file dari beberapa jaringan seperti SMP dan juga LAN. Tidak hanya itu, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali oleh pengguna dan bisa digunakan untuk melakukan streaming file multimedia seperti pada video dan juga musik.

3. X-plorer File Manager

file manager

Aplikasi X-plorer file manager memungkinkan untuk Anda melihat file maupun folder yang terdapat di perangkat smartphone Android Anda maupun di kartu microSD. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang baik dan juga memiliki fitur dua panel.

Dengan menggunakan fitur tersebut, membuat pengguna bisa mengelola sejumlah berkas dengan menggunakan dua jendela terbuka dengan sekaligus. Fitur tersebut juga dapat membantu Anda ketika pengguna ingin menyalinkan berkas dari folder yang satu ke folder yang lainnya.

Fitur unggulan yang lainnya yaitu, aplikasi ini dapat melakukan penyimpanan jaringan, pengelola aplikasi, penyimpanan cloud, penampil pdf, memutar video beserta dengan subtitlenya, mengekstrak berkas ZIP serta mengompresnya, dan juga menampilkan kode hex.

Aplikasi ini juga bisa memberikan dukungam tampahan seperti pada menyimpan WEb dan juga LAN. Yang terpenting, aplikasi ini bebas dari iklan-iklan yang seringnya mengganggu.

4. File Manager by Xiaomi

file manager

 

Aplikasi File Manager by Xiaomi merupakan alat yang bisa untuk memanajemen file yang terdapat di perangkat Anda dengan cara yang sangat mudah. Banyak sekali fitur-fitur yang baik di dalamnya, contohnya yaitu : menghapus, file, membagikan file, mencari file dengan cepat, melakukan ekstrak dan mengompres file ZIP, salin-tempel, mengganti nama sebuah file, dan memindahkan file.

Aplikasi ini juga sangat mendukung berbagai format file, termasuk di dalamnya yaitu file video, ZIP, musik, gambar, APK, dan juga dokumen.

5. File Manager by Mobile Clean System Lab

file manager

Aplikasi file manager satu ini dipelopori oleh Mobile Clean System Lab. Dimana Anda dapat mengelola file di dalam smartphone Android Anda sama dengan seperti Anda melakukannya pada komputer Anda. Anda dapat melakukan multiple select pada aplikasi ini untuk melakukan cut, copy, paste, move, add, delete, rename, search, share, send, hide, bookmark dan membuat pintasan.

Dalam melakukan manajer aplikasi, Anda dapat melakukan pengkategorian, mencopot installan, mencadangkan dan juga membuat pintasan pada aplikasi Anda.

6. Files by Google

file manager

Aplikasi FIles ini dipelopori oleh perusahaan teknologi terbesar yaitu Google. Google merilis aplikasi ini dan sudah di install lebih dari 1,5 juta pengguna. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini yaitu fitur untuk mengosongkan ruangan, dan untuk mengosongkan ruangan akan mendapatkan rekomendasi pembersihan.

Untuk mencari suatu file, Anda dapat menemukannya dengan lebih cepat, karena Anda dapat menelusurnya dengan penelusuran serta pencarian yang lebih sederhana. Tidak hanya itu, Anda dapt membagikan file secara offline dengan pengguna yang lainnya secara cepat dan juga tanpa kuota. Aplikasi ini juga dapat melakukan back up file ke cloud, guna untuk bisa menghemat ruangan yang terdapat di perangkat.

7. File Manager by Maple Media

file manager

File manager yang dipelopori oleh Maple Media ini dapat membantu Anda dalam mengelola file dengan sangat efisien. Tampilan antarmuka aplikasi ini juga sangat bagus dan juga intuitif.

Dimana pengelola berkas ini dapat memungkinkan Anda untuk bisa menangani tiap folder maupun folder, menyimpan dengan baik file di dalam perangkat, kartu microSD, dan juga pengimpanan pada cloud.

Fitur unggulan dari aplikasi ini yaitu dapat mengehemat ruangan disk dengan cara mengkompresi file. Tidak hanya itu, Anda dapat mengekstraksi file terkompresi dalam beberapa format seperti Rat, Tar, Tbz, Zip, Tar.gz, Tar.bz2, dan Tgz.

8. Simple File Manager

File Manager

Aplikasi pengelolaan file yang bernama sample file manager ini hampir sama dengan aplikasi pengelolaan file lainnya yang memiliki berbagai fitur. Fitur unggulan dari aplikasi ini yaitu dapat digunakan untuk menjelajahi file root maupun isi didalam kartu microSD.

Anda dapat dengan mudah untuk menyalin, memindahkan, mengubah nama, menghapus dan juga untuk membagikan segalanya yang dapat Anda inginkan. Aplikasi ini memerlukan izin sidik jari untuk bisa mengunci melihat file yang disembunyikan dan juga seluruh aplikasinya.

Pada aplikasi ini juga tidak memiliki konten iklan dan juga tidak memerlukan izin yang tidak diperlukan. Seluruh sumber sangat terbuka.

9. Cx File Manager

file manager

Tampilan pada aplikasi file manager yang bernama Cx File Manager ini terbilang sangatlah unik. Karena antarmukanya dibuat seinformatif mungkin, sehingga membuat Anda tidak merasa kebingungan ketika menggunakannya.

Fitur manajemen file pada aplikasi ini sama seperti mengatur file dan folder dengan aplikasi lainnya. Aplikasi ini sudah menyediakan analisis untuk penyimpanan yang dapat divisualisasikan, yang dapat membuat Anda bisa dengan cepat scan ruang yang masih tersedia dan kemudian dapat mengelolanya.

Fitur unggulan pada aplikasi ini yaitu Recycle bin, yang mana dapat membantu Anda secara mudah dalam mengelola pengimpanan di ponsel Anda.

10. File Manager by ASUSTek

file manager

ASUSTek merilis aplikasi file managernya, yang mana dengan menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menangani seluruh file Anda, baik yang ada di perangkat ponsel, jaringan area lokal, kartu microSD dan juga pada penyimpanan cloud.

Dengan secara default, menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengelola penyimpanan ruangan sama seperti pada aplikasi lainnya. Fitur unggulan dari aplikasi ini yaitu Anda dapat menghemat ruangan disk dengan cara mengelompokkan file.

Demikianlah artikel yang membahas tentang aplikasi file manager terbaik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend