10 Aplikasi Fingerprint Terbaik untuk HP Android, Pilih yang Terbaik!

Semakin hari, dunia memang semakin berkembang. Perkembangannya tidak lagi secara linear, tetapi eksponensial. Kalau dulu penemuan baru terjadi sekitar seratus tahun sekali, kini setiap bulan bahkan muncul inovasi-inovasi baru yang lebih kreatif daripada sebelumnya. Kalau kita tidak peka dan berusaha beradaptasi dengan perkembangan ini, maka kita akan jauh tertinggal.

Dan salah satu fenomena yang terbilang baru adalah tersedianya aplikasi fingerprint untuk perangkat Android. Kalau dulu sistem penguncian kebanyakan menggunakan PIN atau password, kini ada sistem yang jauh lebih canggih, yaitu cukup dengan mencocokkan jari pada layar. Jauh lebih praktis, bukan? Maka dari itu, pada artikel kali ini kami tertarik untuk membagikan 10 aplikasi fingerprint untuk ponsel Android.

10 Aplikasi Fingerprint

Aplikasi-aplikasi di bawah ini tidak hanya memberikan sistem penguncian sidik jari, tetapi juga dilengkapi alternatif lain seperti PIN dan password. Langsung saja, berikut rangkumannya.

1. CM Locker

Aplikasi Fingerprint

Ingin melindungi file-file penting yang ada di ponsel? Anda dapat mempercayakannya pada aplikasi CM Locker. Aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini merupakan salah satu aplikasi fingerprint yang dapat menjamin keamanan privasi Anda.

CM Locker dapat mengunci layar ponsel, foto di galeri, dan kontak di ponsel Anda. Apabila perangkat Anda tidak mendukung fitur sidik jari, aplikasi ini juga memberikan alternatif sistem keamanan lainnya, yaitu dengan PIN dan pola. CM Locker juga memiliki berbagai tema menarik yang dapat Anda gunakan sebagai gambar latar.

2. Keepsafe Photo Vault

2

Untuk aplikasi nomor dua ini khusus untuk Anda yang ingin mengamankan konten di galeri Anda, baik itu foto maupun video. Aplikasi ini bekerja layaknya sebuah loker rahasia yang akan mengamankan segala file di dalamnya. Jadi, Anda perlu memindahkan konten-konten rahasia ke loker Keepsafe terlebih dahulu.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk HP dengan OS Tizen Paling Direkomendasikan

Ada tiga sistem pengamanan yang dapat digunakan dan salah satunya adalah fingerprint. Dan Keepsafe juga dibekali dengan fitur otomatis face-down dimana aplikasi akan langsung terkunci ketika Anda menghadapkan perangkat ke bawah.

3. AppLock

Aplikasi Fingerprint

AppLock adalah salah satu aplikasi fingerprint terbaik dan bahkan menjadi aplikasi pengunci aplikasi terbaik di Play Store. Pengguna yang sudah melampaui 5 juta merepresentasikan bagaimana kualitas dari aplikasi ini. AppLock memungkinkan Anda untuk mengunci semua aplikasi yang Anda pilih, baik itu aplikasi sosial media, SMS, sampai pengaturan.

AppLock memiliki brankas yang berfungsi sebagai tempat rahasia untuk menyimpan foto dan video privasimu. Dan sebagai informasi, fitur fingerprint dalam aplikasi ini hanya berlaku pada Android 6.0 ke atas. Namun, Anda masih bisa memanfaatkan fitur password dan pola sebagai sistem pengamanan.

4. Lockit

4

Lockit adalah aplikasi yang memiliki segudang fitur untuk menjaga privasi Anda. Anda dapat mengunci berbagai aplikasi menggunakan sidik jari, pin, maupun pola kunci. Anda bisa juga menyembunyikan foto dan video, sehingga tidak perlu khawatir lagi saat teman meminjam ponsel dan melihat galeri Anda.

Lockit juga disertai dengan sampul palsu yang akan menyamarkan layar untuk mencegah pembobolan. Dan jangan khawatir jika teman Anda diam-diam mencoba membobol pengamanan karena Anda akan langsung mengetahuinya dengan adanya fitur selfie penyusup.

5. FingerSecurity

Aplikasi Fingerprint

Dari namanya saja pasti sudah kelihatan fungsi dari aplikasi ini. FingerSecurity adalah aplikasi yang khusus memberikan pengamanan dengan menggunakan sidik jari pengguna. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi apapun yang Anda inginkan.

Dan apabila Anda mengunduh aplikasi baru, FingerSecurity akan secara otomatis melindungi aplikasi tersebut. Anda juga tidak perlu khawatir apabila tiba-tiba sidik jadi Anda tidak bisa dikenali, karena FingerSecurity juga memberikan alternatif password atau pin untuk membuka kunci.

6. Smart AppLock

6

Smart AppLock adalah aplikasi pengunci yang mengamankan aplikasi dengan sistem password, pola, dan sidik jadi. Dengan fitur catch intruder, Anda tidak perlu was-was seseorang akan mengakses ponsel Anda, Anda akan langsung mengetahuinya karena ponsel akan secara otomatis mengambil gambar intruder yang secara tidak sah ingin mengakses privasi Anda.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Lampu LED yang Paling Direkomendasikan

Ditambah lagi dengan adanya Fake Lock, fitur yang akan mengecoh intruder dengan cara membuat aplikasi seolah sedang error padahal hal itu disebabkan oleh intruder yang salah memasukkan kunci.

7. App Lock by Biometric Solution

7

Tidak berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, App Lock by Biometric Solution juga dirancang untuk mengunci aplikasi menggunakan pola, PIN, dan sidik jari. Dengan tampilan interface yang bersih dan sederhana tentu akan membuat layar ponsel Anda nyaman untuk digunakan.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah efek suara dan getaran dimana saat Anda berhasil membuka kunci, aplikasi ini akan memberikan tanda suara atau getaran. Dan ukuran aplikasi ini juga relatif kecil, yaitu hanya 2.9 MB saja.

8. Safe Gallery

8

Dari namanya saja, Anda mungkin sudah bisa menebak apa fungsi dari aplikasi ini. Tepat seperti namanya, Safe Gallery adalah aplikasi yang dirancang untuk mengamankan konten di galeri Anda, baik foto maupun video. Sama seperti kebanyakan aplikasi, Safe Gallery juga memiliki tiga jenis sistem penguncian, yaitu PIN, password, dan sidik jari.

Aplikasi ini bekerja dengan cara menyembunyikan file-file pribadi dari galeri Anda, sehingga hanya orang yang mengetahui kunci yang dapat mengaksesnya.

9. App Lock by Kohinoor App

9

App Lock by Kohinoor App merupakan aplikasi pengunci segala jenis aplikasi, baik sosial media, galeri foto, dan games. Aplikasi ini dapat bekerja apabila perangkat Anda sudah mendukung fitur fingerprint atau Android versi Marshmallow.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Keyboard Terbaik untuk Pengguna Android

Namun, apabila perangkat Anda tidak memilikinya, aplikasi ini menyediakan simulasi fingerprint yang bisa digunakan untuk semua jenis perangkat. Dan App Lock ini juga dilengkapi dengan catch intruder yang akan menangkap gambar orang yang berusaha mengakses ponsel Anda secara tidak sah.

10. Fingerprint Lock Screen Prank

10

Nah, aplikasi terakhir ini adalah solusi bagi Anda yang tidak memiliki ponsel dengan fitur fingerprint tetapi menginginkan aplikasi pengunci layar bergaya fingerprint. Dengan aplikasi Fingerprint Lock Screen Prank, teman-teman Anda akan mengira bahwa layar kunci ponsel Anda menggunakan sistem sidik jari.

Padahal sebenarnya tidak, karena apabila tombol ditekan selama dua detik, maka layar kunci akan terbuka. Tetapi apabila hanya ditekan kurang dari dua detik, maka layar akan memberi tanda seolah jari tidak terverifikasi.

Mungkin sekian dulu 10 aplikasi fingerprint pada artikel kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend