10+ Aplikasi untuk HP dengan OS Tizen yang Paling Direkomendasikan!

Beberapa tahun terakhir ini sistem operasi bernama Tizen memang banyak diperbincangkan. Meskipun bukan sistem baru, namanya lebih sering mencuat semenjak salah satu brand ponsel ternama, yaitu Samsung mempercayakan Tizen sebagai sistem operasi di beberapa smartphone keluarannya.

Smartphone brand Samsung pertama yang dirilis menggunakan OS Tizen adalah seri Z1 pada awal 2015, Z2 pada pertengahan 2016, dan disusul seri Z lainnya.

Salah satu alasan mengapa Samsung memilih Tizen sebagai sistem operasinya yaitu karena Tizen dinilai lebih ringan dengan pemakaian memori serta tenaga prosesor yang lebih sedikit. Di kemudian hari, Samsung menyatakan akan mengeluarkan lebih banyak produk dengan OS Tizen.

10 Aplikasi Wajib untuk HP dengan OS Tizen

Karena masih baru di dunia smartphone, banyak orang penasaran dengan aplikasi yang tersedia di platform Tizen. Maka dari itu, di sini kami akan membagikan 10 aplikasi wajib untuk HP dengan OS Tizen. So, apabila kalian penasaran, simak terus aplikasi-aplikasi berikut ini.

1. Whatsapp Messanger

Aplikasi untuk HP dengan OS Tizen

Siapa yang tidak mengenal aplikasi chatting paling popular ini. Bisa dibilang WhatsApp adalah aplikasi chatting nomor satu di Indonesia dan wajib dimiliki di setiap ponsel, mengingat hampir semua orang mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi jarak jauh.

Buat kamu pengguna OS Tizen, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan WhatsApp, karena OS Tizen telah menyediakan aplikasi Whatsapp di store-nya.

Untuk fitur, secara umum tidak ada yang berbeda dengan WhatsApp Android. Kamu hanya membutuhkan nomor ponsel untuk menjalankan aplikasi ini, kemudian kamu dapat mengirim foto, video, dan pesan suara ke teman-teman di kontakmu.

2. Facebook

Walaupun tergolong sosial media lawas, tetapi Facebook seakan tak pernah kehilangan popularitasnya dan tak pernah lekang oleh waktu, sehingga sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan facebook untuk keep in touch dengan teman-teman pengguna lainnya.

Nah, apabila kamu salah satunya, bersukacitalah karena aplikasi Facebook juga sudah hadir di store Tizen. Jadi untuk kamu pengguna OS Tizen, kamu masih bisa terus eksis dan update di aplikasi sosial media terfavorit ini.

3. Instagram

Aplikasi untuk HP dengan OS Tizen

Pasti ada yang kurang kalau Tizen tidak menyediakan sosial media yang paling popular secara global dan paling kece saat ini. Maka dari itu, meskipun belum memiliki banyak koleksi aplikasi, Tizenstore tetap berusaha menyediakan aplikasi yang menjangkau banyak orang.

Di Instagram, kamu bisa post foto maupun video untuk dibagikan kepada teman-teman Instagram lainnya. Kamu juga akan melihat banyak hal menarik dan kreatif yang dibagikan orang lain dari seluruh dunia. Bisa dikatakan bahwa salah satu kelebihan Instagam adalah membuka jendela dunia.

4. Hancom Office Viewer

4

Dari aplikasi untuk bersosialisasi, kini kita beralih ke aplikasi yang berguna untuk sehari-hari. Hancom Office Viewer adalah salah satu aplikasi wajib untuk HP dengan OS Tizen yang tentunya akan sangat membantumu dalam urusan studi dan pekerjaan.

Aplikasi ini dirancang bagi kamu yang sering berurusan dengan dokumen atau soft-file supaya lebih mudah dalam mengaksesnya. Beberapa format dokumen yang dapat ditampilkan adalah word, spreadsheet, slide presentasi, dan file PDF.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Membuat Logo Paling Populer

Meskipun tidak memungkinkan untuk mengedit dokumen, kamu masih bisa mencari kalimat tertentu dalam dokumen dengan fitur search yang disediakan.

5. S Scanner

Aplikasi untuk HP dengan OS Tizen

Selain Hancom Office Viewer, aplikasi lain yang kemungkinan besar akan berguna untukmu adalah S Scanner. Sesuai dengan namanya, S Scanner adalah aplikasi scanner yang dapat scan dokumen hard-file dan mengubahnya menjadi dokumen soft-file. Fitur yang diberikan hampir sama seperti scanner pada umumnya.

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk scan dokumen multipages, memiliki berbagai berbagai mode pencerahan, dapat mendeteksi tepi halaman secara otomatis,  dapat mengubah ukuran halaman, dapat dibagikan dalam format PDF/JPG, dan masih banyak lagi.

6. Opera Mini Browser

6

Nah, untuk kamu pengguna OS Tizen, kamu dapat mempercayakan Opera Mini Browser dalam urusan penjelajahan internet. Opera Mini Browser aplikasi browser terpopuler dan terbaik di tizenstore. Opera Mini dikenal sebagai aplikasi browser dengan resources yang sangat ringan dan penggunaan memori yang kecil, sehingga proses startup juga lebih cepat.

Baca Juga: 10+ Aplikasi untuk Mengunci Aplikasi Biar Tidak Dikepoin

Opera mini diklaim dapat mengompres data saat browsing hingga 50%, sehingga dapat menghemat data yang digunakan. Mekipun begitu, kualitas gambar yang ditampilkan tetap oke.

7. Here Maps

7

Kalau kamu mantan pengguna perangkat Android, pasti sudah tidak asing ya dengan Google Maps. Google Maps merupakan aplikasi peta yang membuat kita merasa aman untuk menjelajah kemana-mana. Tidak mau tertinggal jauh dengan Android, Tizen juga memiliki beberapa aplikasi maps, dan yang paling popular adalah Here Maps.

Aplikasi ini dapat menjadi penunjuk jalan di lebih dari 100 negara, memberikan informasi mengenai lalu lintas dan kecelakaan di lebih dari 40 negara, dan memberi informasi mengenai alat tranportasi umum di lebih dari 1000 kota. Semoga Indonesia sudah termasuk, ya.

8. Xender

8

Aplikasi ini juga wajib kamu miliki di perangkat OS Tizenmu. Xender merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi segala format file tanpa data seluler, baik itu dokumen, gambar, music, video, bahkan aplikasi.

Dan kamu juga tidak perlu khawatir akan banyaknya pengguna perangkat Android di sekitarmu, karena aplikasi ini juga dapat melakukan transfer file lintas platform, baik itu Android ataupun iOS. Dalam transfer file, aplikasi ini juga mendukung group share, fitur yang dapat menyambungkan 4 perangkat sekaligus.

9. App Locker

9

Untuk kamu yang sangat menjaga privasi, pengunci aplikasi mungkin menjadi alat yang wajib dimiliki di sebuah smartphone. Meskipun koleksinya tidak sebanyak di Google Play, Tizenstore juga memiliki beberapa aplikasi pengunci aplikasi yang dapat menjadi pilihanmu.

Namun di sini yang kami rekomendasikan adalah aplikasi App Locker, aplikasi dimana kamu bisa mengunci aplikasi apapun yang dirasa perlu di-protect. Sistem pengamanannya menggunakan password dengan maksimal 10 digit. Selain ukurannya yang sangat ringan, aplikasi ini juga mengkonsumsi sedikit daya baterai.

10. Downloader for Youtube

10

Downloader for Youtube merupakan salah satu aplikasi yang popular di Tizenstore. Mengingat bahwa kemungkinan besar pembaca suka menonton video di Youtube, aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi di artikel kali ini.

Dengan menggunakan downloader ini, kamu bisa lebih mudah dalam mengunduh video-video di Youtube dan menontonnya lagi nanti dalam mode offline.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Hotspot Terbaik untuk HP Android

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi ini, menyalin link video yang ingin diunduh, menentukan kualitas video yang diinginkan, dan video akan langsung masuk ke proses pengunduhan.

Memang secara umum, tidak ada yang spesial dari aplikasi-aplikasi di atas apabila kamu sebelumnya adalah pengguna perangkat Android.

Tetapi semoga list di atas dapat membantu pengguna smartphone OS Tizen dalam memilih dan mencari aplikasi yang berguna untuk sehari-hari. Mungkin sekian aplikasi wajib untuk HP dengan OS Tizen. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend