3 Cara Membuka File RAR / ZIP di Android Tanpa dan Dengan Menggunakan Aplikasi

Pernah melihat atau mendapatkan file RAR atau ZIP? Jika Anda salah satu orang yang sering mendownload file atau sering melakukan kegiatan sharing data, pastinya sudah tidak asing lagi apabila menemukan file (.rar) maupun (.zip). Keduanya merupakan kompresi data yang paling sering digunakan. Bagi sebagian orang pula, ketika melihat kedua jenis file ini mungkin akan merasa asing atau baru pertama kali menemukannya.

Kedua file kompresi ini pula memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tentunya. Salah satu kegunaan dari kompresi data ini biasanya berfungsi untuk mengecilkan ukuran suatu file atau dokumen sehingga dapat menghemat serta meminimalkan ruang penyimpanan yang lebih efisien. Teknik yang digunakan pada kedua jenis file ini juga mampu mengembalikan data tanpa adanya data yang hilang.

File berekstensi (.rar) lebih unggul dalam hal kompresi data yang lebih padat atau hasil output lebih kecil dibandingkan file dengan ekstensi (.zip). Namun proses lama kompresinya juga berbanding lurus dengan output ukurannya. Dengan kata lain, lama waktu yang dibutuhkan file (.rar) lebih lama dibandingkan file (.zip).

Selain untuk melakukan kompresi data, file (.rar) maupun (.zip) juga berfungsi untuk membuat arsip yang di dalamnya terdiri dari satu file maupun banyak file. Jika Anda sering mengirim file lewat email, tentunya Anda sudah paham apabila ingin mengirim satu folder (tanpa harus memilih satu-satu), maka Anda harus menjadikan file-file tersebut menjadi satu file RAR, ZIP, atau lainnya.

Cara Membuka File RAR / ZIP di Android

Mungkin, jika Anda membuka kedua jenis file ini di laptop atau PC akan sangat mudah dilakukan hanya dengan klik kanan lalu ekstrak. Namun, membuka file rar dan zip di Android harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu. Terlebih lagi apabila Android Anda tidak memiliki aplikasi bawaan atau tools untuk membuka kedua file ini secara langsung. Pada kesempatan ini, saya akan membahas cara membuka file RAR atau ZIP di Android. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Cara 1: Menggunakan Aplikasi atau Tools Bawaan Android

Cara pertama ini hanya bisa digunakan pada Android yang memiliki aplikasi atau tools bawaan untuk membuka file rar ataupun zip. Tidak semua HP Android memiliki aplikasi ini, jika pada HP Android anda tidak ada, silahkan menggunakan cara kedua dan ketiga.

1. Pilih file RAR atau ZIP yang ingin dibuka dengan cara tap atau tekan lama pada file lalu pilih ikon lainnya yang ditunjuk oleh tanda panah merah seperti gambar di bawah ini.

cara membuka file rar di android

2. Kemudian pilih Unzip.

Langkah 2 - unzip

3. Isi nama file dan pilih tempat direktori penyimpanan lalu OK.

cara membuka file zip di android

4. File yang dikompres telah berhasil dibuka.

Langkah 4 - berhasil

Cara 2: Menggunakan Aplikasi RAR for Android

Aplikasi ini dibangun oleh RARLab yang dapat membuat file RAR dan ZIP serta dapat membuka banyak jenis file kompresi seperti RAR, ZIP, TAR, BZ2, 7z, ISO dan ARJ. Hebatnya lagi, aplikasi ini memiliki tools yang dapat memperbaiki file RAR dan ZIP yang rusak, enkripsi, archive, recovery record, benchmark, dan lain sebagainya.

1. Download dan install aplikasi RAR di Playstore melalui link berikut ini.

2. Setelah aplikasi diinstall, buka aplikasi RAR.

cara membuka file rar dan zip di HP android

3. Selanjutnya cari dan pilih file RAR atau ZIP yang ingin dibuka lalu pilih ikon yang ditunjuk oleh tanda panah warna merah di bawah ini.

Langkah 3 - cari file

4. Pilih direktori penyimpanan file, jika Anda ingin menyimpan di tempat yang sama dengan file kompres, silakan pilih OK saja.

Langkah 4 - OK

5. Pilih OK untuk mengizinkan aplikasi membaca maupun menulis di tempat penyimpanan yang dimaksud.

Langkah 5 - OK

6. Tunggu hingga proses unrar atau unzip selesai. Lama waktu dari proses ini sendiri dapat termasuk dalam kategori cepat dan tergantung kepada ukuran file yang dibuka.

Langkah 6 - berhasil

Cara 3: Menggunakan Aplikasi ES File Explorer File Manager

Cara ketiga ini menggunakan aplikasi ES File Explorer yang merupakan salah satu aplikasi terpopuler dalam hal pengelola file. Seperti namanya pula, aplikasi ini tidak hanya berfungsi untuk membuka dan membuat kompresi data saja, melainkan manajer file serbaguna yang memiliki banyak sekali tools bermanfaat tentunya.

1. Download dan install aplikasi ES File Explorer File Manager melalui link berikut ini.

2. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi tersebut.

Langkah 2 - buka aplikasi

3. Selanjutnya pilih START NOW.

Langkah 3 - start now

4. Di bawah merupakan tampilan awal dari aplikasi ES File Explorer Manager. Cari file RAR atau ZIP yang ingin Anda buka dengan cara memilih pada direktori penyimpanan ponsel Anda atau langsung dari Compressed.

Langkah 4 - cari file

5. Kemudian tekan lama pada file > pilih ikon More > lalu pilih Extract to.

Langkah 5 - pilih file, more, extract to

6. Selanjutnya pilih direktori tempat penyimpanan file yang akan di unzip atau unrar kemudian pilih OK.

Langkah 6 - ok

7. Tunggu hingga proses unrar atau unzip selesai. Lama waktu dari proses ini sendiri dapat termasuk dalam kategori cepat dan tergantung kepada ukuran file yang dibuka.

Langkah 7 - berhasil

Ternyata mudah bukan cara membuka file rar atau zip di Android? Beberapa tutorial di atas merupakan cara-cara yang saya rekomendasikan kepada Anda. Selain mudah, cara kedua dan ketiga yang menggunakan aplikasi tambahan di atas, merupakan aplikasi terpopuler dan terbaik dalam membuka file RAR maupun ZIP. Bahkan aplikasi ES File Explorer Manager memiliki banyak sekali kegunaannya. Sekian penjelasan tutorial cara membuka file rar atau zip di Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend