Koss Wireless Headphones Nirkabel vs Apple

Koss Gugat Apple Terkait Pelanggaran Paten Headphone Nirkabel

NESABAMEDIA.COM – Koss, perusahaan Amerika Serikat yang mempelopori pembuatan headphone stereo pada tahun 1958 dengan penemuan Stereophone, menuntut Apple atas penjualan headphone stereo nirkabelnya.

Menurut klaim Koss, Apple diduga melanggar lima paten Koss, yang semuanya terkait dengan penggunaan teknologi nirkabel untuk membuat headphone stereo nirkabel:

  • 10.206.025 – Sistem dengan earphone nirkabel
  • 10.298.451 – Mengkonfigurasi perangkat nirkabel untuk jaringan infrastruktur nirkabel
  • 10.469.934 – Sistem dengan earphone nirkabel
  • 10.491.982 -Sistem dengan earphone nirkabel
  • 10.506.325 – Sistem dengan earphone nirkabel

Koss meminta pengadilan untuk memberikan ganti rugi berdasarkan dugaan tanggung jawab Apple kepada Koss dalam “jumlah yang mengkompensasinya atas pelanggaran tersebut, yang menurut hukum tidak boleh kurang dari royalti yang wajar, bersama dengan bunga dan biaya.”

Jika gugatan berhasil, itu bisa memberi Koss ganti rugi dengan jumlah hingga jutaan dolar. Mengingat bahwa Apple memiliki Beats, salah satu merek headphone nirkabel paling populer, serta menjadi pembuat AirPods dan AirPods Pro, dua model paling populer dari earbud nirkabel sejati, klaim royalti yang dicari Koss akan sangat besar.

Namun jika Apple memang telah melanggar paten Koss seperti yang dituduhkan oleh perusahaan, maka pastilah itu bukan satu-satunya perusahaan yang melakukannya. Koss mengatakan banyak hal dalam teks klaimnya: “Apple dan yang lainnya menuai manfaat besar karena visi John C. Koss, dan komitmen Koss Corporation terhadap visi itu selama lebih dari enam dekade.”

Tidak jelas mengapa Koss gugat Apple tanpa menyebut “orang lain” ini dalam gugatannya. Untuk bagiannya, Koss mengklaim bahwa mereka telah melakukan beberapa pertemuan dengan Apple untuk membahas paten yang dimaksud, tetapi Apple diduga menolak kegiatan pelanggaran.

Terlepas dari reputasinya sebagai salah satu inovator paling awal, dan lini produk headphone model yang luas, termasuk beberapa yang nirkabel, Koss dinilai gagal menangkap hati konsumen dan gagap inovasi. Mereka tidak memiliki sistem pemasaran yang apik ketimbang merek-merek seperti Beats, Skullcandy, dan Apple, dan telah mengalami kesulitan mengikuti inovasi seperti pembatalan bising aktif (ANC), yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Sony untuk menetapkan standar baru dalam pasar headphone.

Mungkin yang paling kritis ketika membandingkan Koss gugat Apple, Koss belum menjual model earbud true wireless, segmen terbaru dan populer saat ini.

Leave a Reply

Send this to a friend