LG Juga Tutup Pabrik Smartphone di Brazil, Ratusan Pekerja Gelar Demo

LG Juga Tutup Pabrik Smartphone di Brazil, Ratusan Pekerja Gelar Demo

NESABAMEDIA.COMSetelah sebelumnya mengumumkan menutup bisnis smartphone-nya, LG memberikan kabar sedih lagi. LG mengumumkan bahwa pihaknya juga akan menutup pabrik smartphone yang ada di kota Taubate, São Paulo, Brasil. Ada rumor jika pabrik itu akan dijual, namun hingga berita ini dibuat, perusahaan asal Korea Selatan itu belum mendapatkan proposal yang menarik dari calon pembeli. 

Dalam sebuah pernyataannya, LG menyatakan bahwa pihaknya telah berusaha untuk bisa memastikan kesinambungan di layanannya. 

“Dengan semakin meningkatnya daya saing global, serta akumulasi kerugian di segmen smartphone selama kurang lebih 23 kuartal berturut-turut, serta akumulasi kerugian operasional, perusahaan memutuskan untuk menghentikan aktivitas divisi smartphone secara global, yang akan mengakibatkan penghentian produksi di unit di Taubate, Sao Paulo,” bunyi pernyataan yang dibuat LG.

Diketahui, pabrik smartphone LG yang berada di Sao Paulo itu memperkerjakan kurang lebih 1400 pegawai, dan diperkirakan akan ada sebanyak 400 pegawai di sektor smartphone yang akan dirumahkan mulai bulan Juli nanti. Sementara, pabrik LG yang ada di Manaus tidak memiliki aktivitas yang berkaitan dengan pembuatan smartphone, sehingga tidak akan terdampak. 

Perusahaan yang selama ini memasok produksi smartphone LG seperti Sun Tech, Blue Tech dan 3C juga akan terdampak kebijakan tersebut. 

Saat ini jajaran petinggi LG tengah sibuk untuk membahas solusi dengan para serikat pekerja yang terdampak penutupan pabrik itu. LG mengatakan bahwa kebijakan untuk melakukan relokasi, pemindahan dan pemutusan hubungan kerja masih dianalisa secara mendalam. 

Sementara itu, para pekerja di pabrik Taubate, menggelar aksi demo di depan kantor perusahaan LG. Presiden Serikat Pekerja Metalworkers Union, Jose dos Campos, mengatakan bahwa kelompok mereka akan menuntut hak-hak mereka sebagai pekerja bisa terpenuhi. Mereka mengaku siap bertarung di jalanan dan di persidangan untuk memastikan hal tersebut.

Keluarnya LG dari bisnis smartphone seakan menjadi bukti bahwa persaingan di sektor teknologi smartphone begitu ketat. Padahal berdasarkan laporan terakhir, LG masih berada di peringkat 9 sebagai pabrikan smartphone terbaik dunia, berada di atas Google.

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend