Oppo, OnePlus dan Realme Akan Perkenalkan Teknologi Pengisian Cepat 125W Tahun Ini

Oppo, OnePlus dan Realme Akan Perkenalkan Teknologi Pengisian Cepat 125W Tahun Ini

NESABAMEDIA.COMSalah satu kekurangan utama pada zaman sekarang ini adalah masalah waktu yang sangat terbatas. Jika beberapa tahun yang lalu dianggap sebuah hal yang normal jika smartphone membutuhkan waktu berjam-jam untuk bisa mengisi penuh kembali daya baterai, kini pabrikan sudah berlomba dengan teknologi pengisian ulang cepat. 

Tahun lalu, grup BBK memperkenalkan teknologi pengisian ulang cepat 120 sampai 125W. Mereka menawarkan kecepatan tinggi dalam hal mengisi ulang penuh baterai. Misalnya, Realme 125W yang bisa mengisi penuh sebuah baterai berkapasitas 4000 mAh hanya dalam waktu tiga menit. 

Namun sekarang ini, tidak semua pabrikan memiliki teknologi pengisian ulang cepat semacam itu yang dirilis untuk smartphone baru mereka. Menurut informasi dari Digital Chat Station, Oppo, Realme dan OnePlus akan meluncurkan smartphone baru mereka yang mendukung teknologi pengisian cepat 125W pada paruh kedua tahun ini. 

Teknologi itu bahkan mendukung banyak protokol pengisian cepat termasuk PPS 125W, PD 65W dan QX 36W. Nantinya akan kompatibel dengan VOOC, Dart, Warp, SuperVOOC, SuperVOOC 2.0 dan SuperDart. 

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai model mana yang akan memiliki teknologi Fast Charging tersebut. Namun kemungkinan sangat besar bahwa yang akan mendapatkannya adalah smartphone flagship. 

Dalam hal pengisian cepat, perusahaan Cina sepertinya adalah yang paling berhasil. Seperti Xiaomi yang selama setahun terakhir telah menggoda dengan teknologi Fast Charging 100W-nya. Namun sayang, karena kelambanan dalam pengembangan, Xiaomi tidak mampu memanfaatkan momentum tersebut. 

Salah satu saingan utama Xiaomi, yakni Oppo telah berusaha untuk mengalahkan dan kini berencana akan segera menghadirkan teknologi Fast Charging 125W. Oppo sendiri sebenarnya sudah memiliki teknologi pengisian paling cepat yang ada di pasaran sekarang ini. Yakni dengan SuperVOOC 2.0 yang mampu menghasilkan pengisian cepat 65W, dan bahkan sudah tersedia di sejumlah perangkat smartphone terbaru mereka. 

Meski demikian, teknologi pengisian cepat Xiaomi mampu mengisi ulang cepat baterai berkapasitas 4000 mAh hanya dalam waktu 17 menit. Sebuah hasil yang sampai saat ini hanya bisa menjadi angan-angan perangkat Oppo. 

Pertanyaannya adalah, bagaimana Oppo nanti bisa memberikan jaminan keamanan pada baterai. Sebab, Xiaomi memiliki alasan tersendiri untuk tidak mengembangkan teknologinya itu menjadi lebih cepat lagi, yakni pengisian yang terlalu cepat bisa cepat pula memberikan kerusakan pada baterai. 

Leave a Reply

Send this to a friend