Lossless dan Audio Spasial Hadir di Apple Music Untuk Android

Lossless dan Audio Spasial Hadir di Apple Music Untuk Android

NESABAMEDIA.COMPengguna Android yang biasanya menggunakan Apple Music untuk mendengarkan lagu favorit mereka, kini bisa berbahagia. Pasalnya aplikasi yang memiliki teknologi audio luar biasa itu, memutuskan untuk menghadirkan kemampuan andalannya yakni kualitas lossless dan audio spasial di perangkat Android. 

Ini merupakan bagian dari rencana Apple yang berupaya mempromosikan teknologi audio Dolby Atmos di Apple Music. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan secara terbatas di perangkat iOS, iPadOS dan macOS sekitar satu bulan yang lalu. Dua teknologi audio itu akan mulai tersedia di perangkat Android setelah pembaruan berikutnya di aplikasi Apple Music.

Streaming lossless di Android hadir dengan sebuah pengumuman yang sama dengan yang diberitahukan kepada pengguna iOS sebelumnya. Pengumuman itu pada dasarnya memperingatkan pengguna bahwa teknologi tersebut akan mengkonsumsi lebih banyak data secara signifikan. 

Selain itu, pengguna juga disarankan untuk menggunakan perangkat keras eksternal seperti DAC, untuk mendapatkan manfaat penuh dari teknologi audio tersebut, termasuk audio dengan resolusi tinggi. Namun secara umum, alat itu akan tersedia di hampir semua perangkat Android.

Sementara itu Audio Spasial lebih eksklusif dan terbatas, tidak ditemukan di mana-mana dan hanya akan berfungsi dengan baik di perangkat smartphone yang sudah mendukung Dolby Atmos. Namun, banyak jenis headphone dan earphone yang sudah bisa mendukung teknologi audio tersebut. 

Sebagai informasi, audio spasial telah mendukung di perangkat headphone ataupun earbud AirPods dan Beats, yang ditenagai oleh chip H1 atau W1, dan juga dengan speaker model terbaru Mac, iPad dan iPhone. 

Hadirnya dua teknologi audio itu setelah didatangkan ke versi beta untuk sejumlah pengguna terbatas, yang kemudian mengarah ke rumor bahwa audio lossless dan spatial akan datang ke perangkat Android juga. 

Teknologi tersebut pertama kali diumumkan pada bulan Mei, ketika Apple mengatakan bahwa pengguna tidak perlu membayar biaya tambahan apa pun untuk bisa mendapatkan manfaat dari teknologi lossless dan audio spasial itu. Apple juga saat itu menjanjikan pengalaman mendengarkan musik atau konten audio lainnya yang mendalam, mirip dengan yang ada di Amazon Music HD dan Tidal HiFi. 

Meski demikian, tidak semua album lagu yang ada di Apple Music kompatibel dengan audio lossless dan spatial, karena tampaknya saat proses rekaman, pembuat lagu tidak menggunakan teknologi Dolby Atmos.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend