LTSC, Versi Paling Stabil Dari Windows 10

LTSC, Versi Paling Stabil Dari Windows 10

NESABAMEDIA.COMSecara de facto, Windows adalah sistem operasi yang digunakan sebagian besar orang, namun bukan berarti itu telah sempurna. Windows 10 dan Windows 11 telah dipasangi banyak sekali aplikasi dari Microsoft sebagai aplikasi bawaan, seperti Edge dan Media Player yang mungkin tidak diinginkan semua orang, dan beberapa pengaturan pelacakan data diaktifkan secara default. Selain itu juga dikenal akan pembaruan yang seringkali merusak PC dan banyak bug. 

Banyak orang juga berasumsi bahwa satu-satunya alternatif dari Windows adalah Linux atau beralih ke perangkat Mac buatan Apple. Namun jika berbicara soal kestabilan dan bloatware, sebenarnya ada versi lain dari Windows 10, yang bernama Windows 10 Enterprise LTSC. Versi ini tidak memiliki banyak kelemahan seperti versi lainnya, sepenuhnya stabil dan mendukung semua aplikasi serta proses Windows secara normal. 

LTSC singkatan dari Long Term Servicing Channel, dan merupakan versi dari Windows 10 Enterprise yang fiturnya banyak dihilangkan. Tidak ada tambahan fitur seperti aplikasi yang dipasang pra-install, asisten Cortana, atau fitur semacam News and Interest di Taskbar yang ditambahkan Microsoft sejak tahun lalu. 

Tidak adanya fitur tambahan dan aplikasi semacam itu, akan memberikan lebih banyak ruang kosong di penyimpanan dan sumber daya sistem, sehingga secara teori perangkat PC akan berjalan lebih baik. Ini juga akan menghindarkan anda dari pembaruan fitur Windows yang seringkali merusak. 

Sejauh ini, LTSC terdengar begitu menarik, namun ada beberapa syarat di baliknya. Pertama, kecuali anda telah memiliki lisensi Windows 10 Enterprise LTSC yang valid, anda harus membelinya dari Microsoft untuk memvalidasi pemasangan. Kemudian, anda tidak akan mendapatkan pembaruan utama Windows. Build yang anda pasang, adalah yang akan anda gunakan selamanya. Namun inilah poin utamanya, anda tidak akan dapat fitur baru demi sistem operasi yang jauh lebih stabil. 

Anda memang masih bisa untuk melakukan peningkatan versi, akan tetapi dengan melakukan pemasangan ulang secara penuh dan membeli lisensi baru setiap kali anda ingin meningkatkan versi Windows 10 LTSC tersebut. Untungnya, setiap build LTSC akan mendapatkan pembaruan keamanan dan perbaikan terbaru, jadi untuk masalah keamanan tidak akan menjadi masalah. 

Versi LTSC yang dirilis setelah tahun 2021, hanya mendapatkan dukungan pembaruan keamanan lima tahun, berbeda dengan dukungan sampai sepuluh tahun di versi lainnya. Meski secara teknis tidak ditujukan untuk pengguna umum, versi LTSC akan bekerja dengan baik di perangkat komputer yang anda gunakan setiap hari, selama anda juga paham tidak akan mendapatkan fitur terbaru.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend