• Our Partners:

MediaTek Kompanio 1380 Ditargetkan Untuk Chromebook Kelas Atas

MediaTek Kompanio 1380 Ditargetkan Untuk Chromebook Kelas Atas

NESABAMEDIA.COMMungkin tidak banyak orang yang ingat, bahwa MediaTek sebenarnya memiliki lini chipset dengan seri Kompanio. Prosesor ini biasanya digunakan untuk perangkat Chromebooks, namun kini dikabarkan juga siap mendukung perangkat tablet Android. Adalah Motorola Moto Tab G70 yang terlihat dibekali dengan prosesor MediaTek Kompanio 1380. Perangkat terbaru lainnya seperti ASUS Chromebook CZ1 dan Acer Chromebook juga diperkenalkan dengan dukungan Kompanio. 

Sebagai informasi, enam bulan yang lalu MediaTek memang mengumumkan chipset terbaru mereka Kompanio 1300T untuk tablet Android. Dan sekarang, kita mendapatkan informasi bahwa Kompanio 1380 ditujukan untuk perangkat Chromebook.

Itu adalah chipset yang sama yang digunakan pada Moto Tab G70 yang terlihat di Google Play Console beberapa bulan silam. Model terbaru dari chipset tersebut ternyata digunakan untuk Chromebook di kelas yang lebih tinggi. Secara garis besar, ini mirip sekali dengan Kompanio 1300T, namun yang membedakan adalah tidak adanya dukungan jaringan 5G. 

MediaTek Kompanio 1380 untuk Chromebook itu memiliki GPU ARM Mali G57 dan APU MediaTek 3.0. Ini menawarkan dukungan RAM hingga 16GB LPDDR4x, termasuk juga NVMe, UFS 3.1 dan penyimpanan eMMC. Prosesor Kompanio 1380 ini berbasis 4x Arm Cortex-A78 3GHz dan 4x Arm Cortex-A55. 

General Manager dari MediaTek, yakni Tseng mengatakan, “chipset ini mampu memberikan kinerja pemrosesan yang menakjubkan, fitur multimedia dan AI terbaik di kelasnya, kemampuan cloud gaming yang lancar, dan semuanya itu diintegrasikan dalam sebuah chipset ultra-efficient 6nm.”

Dengan spesifikasi semacam itu, MediaTek Kompanio 1380 memungkinkan perangkat Chromebook untuk menghadirkan kinerja yang sangat kuat. Dan ini bisa diketahui melalui Acer Chromebook Spin 513 yang baru saja diumumkan. 

Prosesor Kompanio baru itu menjanjikan konektivitas ultra-cepat, dukungan asisten suara, AV1 Hardware Decoding, dukungan layar HDR 4K 60fps, APU MediaTek 3.0 dan pemrosesan yang kuat. Selain itu juga menawarkan responsivitas yang ditingkatkan, dan penggunaan untuk mobile gaming memungkinkan dengan dukungan GPU-nya. Tentu saja, chipset tersebut juga memiliki dukungan Wi-Fi 6/6E dan Bluetooth 5.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend