• Our Partners:

Fitur Ambient Mode di Ponsel Android

Mengenal Fitur Ambient Mode, Yang Mengubah Layar Ponsel Android Menjadi Smart Display

NESABAMEDIA.COMSetiap sistem operasi Android baru, memiliki sejumlah fitur yang baru pula. Seperti Ambient Mode, yang menjadikan layar ponsel menjadi Smart Display ketika ponsel sedang diisi ulang baterainya. Fitur Ambient Mode di ponsel Android ini cukup berguna, dan menyenangkan.

Google sendiri menyebut fitur Ambient Mode seperti Google Assistant yang lebih proaktif di ponsel Android. Dirilis pertama kali pada November 2019, Ambient Mode akan mengubah ponsel menjadi sebuah frame foto digital, pengatur musik atau peralatan elektronik rumah tangga lainnya. 

Sang pengembang yakni Arvind Chandrababu yang merupakan Manager Produk Google Assistant menjelaskan tujuan utama dari fitur Ambient Mode ini. Menurutnya, fungsi utamanya adalah membantu pengguna melakukan aktivitas lebih cepat, memenuhi kebutuhan, dan membantu menyelesaikan pekerjaan lebih efisien dan secepat mungkin.

Fitur ini diketahui sudah ada di ponsel OnePlus, Sony Xperia, Tecno, Infinix, dan sejumlah ponsel keluaran terbaru Xiaomi serta produk lain yang menggunakan Android versi 8.1 keatas. Hal ini berarti, tidak semua ponsel Android memiliki fitur tersebut. 

Untuk mengaktifkannya, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pengguna :

  1. Tekan icon kompas untuk mengakses halaman Settings atau pengaturan
  2. Kemudian tap avatar profile, pilih Settings dan kemudian Assistant
  3. Selanjutnya geser ke bawah hingga menemukan opsi Phone/Tablet dan pilih
  4. Geser ke bawah lagi dan pilih menu Personalization
  5. Dari halaman tersebut, bisa mengaktifkan Ambient Mode

Setelah opsi Ambient Mode itu diaktifkan, maka begitu pengguna melakukan recharge atau mengisi ulang baterai, maka secara otomatis layar ponsel akan berubah menjadi Smart Display

Fitur Ambient Mode sejak dirilis mendapatkan sambutan beragam dari para pengguna Android. Ada banyak alasan fitur ini dihadirkan oleh Google, di mana salah satunya adalah adanya modul mikrofon yang dinilai jauh lebih powerfull daripada yang sudah ada tertanam di ponsel. Pasalnya, modul mikrofon itu mampu menangkap suara pengguna dengan jarak yang cukup jauh ataupun ketika pengguna sedang berada di keramaian.

Fitur ini pun, dianggap mampu menarik perhatian pengguna akan keberadaan smart display di ponsel. Bagi pengguna, hadirnya Ambient Mode ini bisa menjadi paket trial atau percobaan apakah mereka memang membutuhkan perangkat assistant dengan smart display sendiri atau cukup dengan sekedar memanfaatkan Ambient Mode.

Leave a Reply

Send this to a friend