Fitur Menghapus Pesan Otomatis di Whatsapp

Menghapus Pesan Otomatis, Fitur Terbaru dari Whatsapp

NESABAMEDIA.COMDalam halaman dukungannya, Whatsapp mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan pembaruan untuk fitur baru mereka. Fitur Whatsapp baru tersebut dikatakan akan secara otomatis menghapus pesan yang dikirimkan pengguna, dan jadwal perilisannya tidak akan lama lagi. 

Whatsapp di halaman dukungannya itu juga menjelaskan bagaimana fitur penghapus pesan otomatis itu bekerja. Pihaknya menjelaskan secara garis besar bahwa ketika fitur itu diaktifkan, pesan baru yang dikirimkan untuk individu ataupun dalam grup, akan hilang secara otomatis dalam waktu tujuh hari.

Lebih lanjut Whatsapp menjelaskan jika pengguna tidak mengakses atau membuka aplikasi itu dalam jangka waktu tujuh hari, maka semua pesan baru yang masuk akan hilang secara otomatis. Namun, pratinjau atau preview dari pesan itu masih tetap ada dan ditampilkan di bagian notifikasi hingga aplikasi Whatsapp dibuka. 

Akan tetapi jika pesan tersebut diforward ke chat lain dan pengguna yang dituju tidak mengaktifkan fitur tersebut, maka pesan itu tidak akan hilang di tujuan. Pesan itu akan tetap hilang hanya pada perangkat yang mengaktifkan fitur tersebut. 

Kemudian, apabila pengguna melakukan backup sebelum pesan itu terhapus otomatis, pesan itu masih akan tersimpan di file backup dan bisa direstore kembali. Fitur penghapus pesan otomatis itu akan hadir untuk aplikasi Whatsapp di Android, iOS dan KaiOS. 

Pihak Whatsapp perlu menekankan kepada para pengguna untuk menggunakan fitur ini hanya kepada pihak yang mereka percayai. Karena pengguna lain masih bisa mengambil tangkapan layar atau memforwardnya ke pihak lain sebelum pesan terhapus. Termasuk juga, konten pesan itu masih bisa dicopy-paste sebelum pesan tersebut hilang.

Fitur penghapus pesan otomatis Whatsapp ini nantinya tidak hanya berdampak pada pesan dalam bentuk teks saja. Namun pesan dalam bentuk media seperti gambar, video dan audio juga akan terhapus otomatis apabila fitur diaktifkan. 

Media yang dikirimkan, akan terunduh dan tersimpan secara otomatis di memori perangkat smartphone pengguna seperti sebelumnya. Ketika fitur diaktifkan, di aplikasi Whatsapp media itu akan terhapus, namun di memory, media tersebut masih tetap ada. Namun tentunya, jika fitur unduhan media otomatis sedang aktif. 

Leave a Reply

Send this to a friend