2 Cara Menghentikan Refresh / Reload Otomatis di Browser dengan Mudah!

Akhir – akhir ini Google baru saja mengupdate tampilan pada Google Chrome, kesannya memang kekinian dengan tampilan pada ujung tidak lagi kotak melainkan menjadi melengkung. Menurut saya pribadi tampilan ini memang lebih bagus di bandingkan dengan tampilan lama. Akan tetapi ada kelemahannya juga.

Kita mungkin pengguna WhatsApp Web atau menggunakan aplikasi WhatsApp via browser pasti merasakannya, sejak di update ke versi terbaru secara otomatis browser Google Chrome reload / refresh secara otomatis. Nah, hal ini cukup mengganggu karena otomatis WhatsApp akan ikut reload yang artinya adalah login ulang.

Mengganggu di sini maksudnya adalah proses untuk login menjadi berulang-ulang dan cukup memakan waktu. Perlu di ketahui juga terkadang WhatsApp Web bisa lancar login jika aplikai WhatsApp di ponsel harus di buka atau dalam posisi ON. Jadi memang harus membuka terlebih dahulu aplikasi WhatsaApp di ponsel untuk sekedar login dan harus berulang-ulang.

Bukan hanya di Google Chrome saja hal itu terjadi. Pada browser lainnya pasti juga terjadi seperti Mozilla Firefox. Tapi, ternyata ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Yaitu kita bisa menonaktifkan atau menghentikan refresh / reload otomatis di browser. Bagaimanakah caranya?

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya menghentikan refresh / reload otomatis di browser dengan sangat mudah. Bagaimanakah caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah cara menghentikan refresh / reload otomatis di browser dibawah ini ya.

Cara Menghentikan Refresh / Reload Otomatis di Browser

Kali ini saya membagikan cara mengentikan refresh / reload di 2 browser yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox. Karena 2 browser ini yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Langsung saja simak langkah – langkah berikut ini.

A. Google Chrome

1. Pertama, silahkan anda buka browser Google Chrome anda di laptop / PC.

2. Lalu, silahkan anda ketikkan “Chrome://flags” pada kolom pencarian website. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghentikan refresh / reload otomatis di browser

3. Kemudian, pada halaman yang muncul akan ada kotak pencarian, silahkan anda ketikkan “automatic tab discarding” dan klik enter. Seperti pada gambar dibawah ini.

automatic tab

4. Kemudian, akan muncul Automatic tab discarding, silahkan anda klik kotak disebelahnya dan pilih “Disabled”. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghentikan refresh / reload otomatis di browser

5. Kemudian, silahkan anda klik “Relaunch Now”, biasanya akan muncul dibagian bawah. Seperti pada gambar dibawah ini.

relaunch now

6. Selesai. Kemudian, silahkan anda tutup browser Google Chrome, lalu silahkan buka kembali.

B. Mozilla Firefox

1. Silahkan anda buka browser Mozilla Firefox terlebih dahulu di laptop / PC anda.

2. Kemudian, silahkan anda ketikkan “about:config” pada kolom pencarian website. Seperti pada gambar dibawah ini.

mozilla

3. Kemudian, akan muncul halaman dengan tampilan sebuah peringatan. Silahkan klik saja ” I’ll be careful, i promise! “. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghentikan refresh / reload otomatis di browser

4. Kemudian, akan muncul halaman baru, silahkan anda ketikkan ” accessibility.blockautorefresh “ pada kolom search. Seperti pada gambar dibawah ini.

accessibility

5. Kemudian, silahkan anda klik kanan pada bagian accessibility.blockautorefresh dan pilih “Toggle” untuk mengubah nilainya dari “false” menjadi “true”, sehingga menonaktifkan auto-refresh di Mozilla Firefox. Seperti pada gambar dibawah ini.

toggle

6. Maka, status value sudah berubah dari false ke true. Yang artinya autorefresh pada Mozilla Firefox sudah dinonaktifkan.

true

7. Selesai.

Nah, bagaimana? Caranya cukup mudah dan sangat sederhana kan? Sekarang kita sudah bisa membuat browser kita tidak refresh / reload secara otomatis. Jika kita pernah login menggunakan browser, kita tidak perlu lagi login berulang – ulang karena browser tidak ter-refresh sendiri.

Itulah bagaimana cara menghentikan refresh / reload otomatis di browser dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara menghentikan refresh / reload otomatis di browser dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend