Meski Digabung, Pendapatan Samsung dan Xiaomi Kalah Dari Apple

Meski Digabung, Pendapatan Samsung dan Xiaomi Kalah Dari Apple

NESABAMEDIA.COMSeperti yang telah diberitakan nesabamedia.com sebelumnya, pendapatan smartphone global pada tahun 2021 menembus angka $450 miliar. Ini adalah peningkatan sebesar 7% secara tahunan dan peningkatan sebesar 20% secara bulanan, yang menjadi rekor baru. Apple sejauh ini menjadi pemimpin dalam hal pendapatan smartphone, mengalahkan Samsung, Oppo, Xiaomi dan vivo. 

  1. Apple : $196 miliar
  2. Samsung : $72 miliar
  3. Oppo : $37 miliar
  4. Xiaomi : $36 miliar
  5. Vivo : $34 miliar

Pendapatan Apple iPhone meningkat sebanyak 35% secara tahunan dan mencapai angka $196 miliar. Perusahaan ini menyumbang 44% dari total pendapatan smartphone global. Permintaan yang kuat untuk seri Apple iPhone 12/13 mampu menaikkan harga jual rata-rata iPhone sebesar 14% menjadi $825. 

Samsung berada di peringkat kedua dengan pendapatan yang mencapai $72 miliar, sementara harga jual rata-rata smartphone mereka naik 5% menjadi $263. Oppo, termasuk dengan catatan OnePlus dari kuartal ketiga tahun 2021, berada di urutan ketiga, dengan pendapatannya yang naik sebesar 47% secara tahunan menjadi $37 miliar. Harga jual rata-rata perangkat Oppo naik 15% dari tahun ke tahun menjadi $259.

Xiaomi menempati urutan keempat dengan pendapatan mencapai $36 miliar, terutama karena peningkatan pengiriman dan pangsa pasar smartphone kelas menengah mereka, seperti seri Mi 11x. Untuk Vivo, pendapatannya naik 43$ dari tahun ke tahun menjadi $34 miliar. Sedangkan harga jual rata-ratanya mengalami kenaikan sebesar 19% dari tahun ke tahun menjadi $259. 

Khusus pada tahun 2021, iPhone meraih sebagian besar pendapatan pasar smartphone global di angka $196 miliar. Jumlah ini melebihi jumlah pendapatan yang dikumpulkan oleh Samsung, Oppo, Xiaomi dan Vivo, yang jika ditotal menjadi sebesar $179 miliar. 

Lima brand smartphone teratas itu memberikan kontribusi lebih dari 85% dari total pendapatan smartphone secara keseluruhan. Di tengah semakin cepatnya ekspansi, baik Xiaomi dan Oppo baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka memiliki rencana dan ambisi untuk bisa menantang Apple secara langsung dalam skala global, khususnya untuk segmen smartphone di kelas premium. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend