Microsoft Akan Hadirkan Aplikasi Android ke PC Windows, Lewat Emulator

Microsoft Akan Hadirkan Aplikasi Android ke PC Windows, Lewat Emulator

NESABAMEDIA.COMSejak beberapa bulan yang lalu, Microsoft diketahui tengah berupaya untuk menjadikan aplikasi Android bisa tersedia di perangkat PC berbasis Windows. Padahal sebelumnya, Microsoft bersikukuh untuk menolak hal tersebut, namun karena semakin tingginya tekanan dari pengguna dan tentunya kompetitor, Microsoft pun mengubah kebijakannya. Jadi mulai tahun ini, Microsoft mulai mengembangkan Android untuk Windows.

Sebenarnya, Android dan Windows sendiri telah bekerja sama dalam pasar smartphone sebelumnya, jadi sangat mungkin sekali untuk menerapkannya di perangkat PC berbasis Windows. Jadi dalam waktu dekat pengguna akan bisa menggunakan aplikasi Android di komputer mereka. 

Alasan Microsoft akhirnya mau mengambil strategi ini sendiri sudah cukup jelas. Lagi pula, Android sangat populer dan Chromebook juga memungkinkan penggunaan aplikasi populer. Agar menjaga konsumen mereka, Microsoft pun mengejar strategi yang baru. 

Laporan yang diterima nesabamedia.com mengabarkan bahwa Microsoft tengah membangun sebuah emulator resmi yang akan mampu mengintegrasikan perangkat komputer dan laptop dengan aplikasi Android. Beberapa referensi tentang keberadaan emulator itu telah ditemukan di sejumlah catatan pembaruan dari Windows Subsystem for Linux GUI. 

Sayangnya, tidak diketahui kapan fitur itu akan hadir, namun kemungkinan besar akan dihadirkan bersamaan dengan pembaruan Sun Valley pada musim gugur tahun ini. 

Selain itu, dikabarkan juga bahwa integrasi dengan Google Play Store tidak dalam perencanaan, yang artinya pengguna masih bisa mengunduh aplikasi lewat smartphone saja. Jika mengunduh aplikasi dari Android ke Windows melalui Play Store tidak berfungsi, mungkin nantinya akan menimbulkan masalah sinkronisasi antara aplikasi PC dan smartphone, sehingga pengguna pun harus mengunduh aplikasi dua kali. 

Namun, penting juga untuk diketahui bahwa rencana penyediaan Android untuk PC Windows belum dikonfirmasi secara resmi oleh Microsoft.

Sebelumnya Microsoft juga telah berhasil menghadirkan aplikasi Android ke Windows, namun terbatas untuk model smartphone Samsung Galaxy tertentu, itu pun juga dalam bentuk sinkronisasi semata. Di mana pengguna bisa menjalankan aplikasi yang ada di smartphone Galaxy lewat Windows, secara tersinkronisasi. Jadi terobosan Microsoft tersebut memang layak ditunggu, karena menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Leave a Reply

Send this to a friend